Ayam hutan merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ayam-hutan merah)
Ayam hutan merah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
G. gallus
Nama binomial
Gallus gallus
(Linnaeus, 1758)
Telur ayam hutan merah

Ayam hutan merah atau dalam nama ilmiahnya Gallus gallus adalah sejenis burung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78 cm, dari suku Phasianidae. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 46 cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hitam hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Kaki berwarna kelabu dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua kekuningan dengan garis-garis dan bintik gelap.

Ayam hutan merah tersebar luas di hutan tropis dan dataran rendah di benua Asia, dari Himalaya, Republik Rakyat Tiongkok selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatra dan Jawa. Ada lima subspesies yang dikenali. Di Indonesia, subspesies G. g. bankiva ditemukan di Jawa, Bali dan Sumatra.

Ayam hutan merah hidup berkelompok, ayam jantan dengan beberapa ayam betina. Di pagi dan sore hari, mereka keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan Ayam hutan Merah terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.

Ayam betina biasanya menetaskan antara lima sampai enam butir telur berwarna coklat muda pucat atau coklat kemerahan. Anak ayam dapat terbang setelah berumur satu minggu.

Ayam hutan merah diyakini sebagai leluhur dari ayam peliharaan. Sejak kapan ayam hutan ini didomestikasi tidak jelas, tetapi mereka sudah diternakkan sejak peradaban Lembah Indus sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Sebagai salah satu unggas yang paling banyak ditemui dan diternakkan, ayam hutan merah dievaluasikan sebagai berisiko rendah di dalam IUCN Red List.

Daftar Subspesies[sunting | sunting sumber]

Distribusi dan Habitat[sunting | sunting sumber]

Jangkauan bentuk liar dari ayam hutan meliputi India, Nepal, dan Bangladesh di barat, serta ke arah timur melintasi selatan China, hingga Indochina; selatan/tenggara hingga ke Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia. Ayam hutan adalah salah satu dari tiga hewan utama (bersama dengan babi dan anjing yang telah dijinakkan) yang dibawa oleh masyarakat Austronesia dari Kawasan Asia Tenggara dalam perjalanan mereka ke kepulauan Oseania pada masa prasejarah, dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu[butuh rujukan]. Saat ini, keturunan modern mereka dapat ditemukan di seluruh Mikronesia, Melanesia, dan Polinesia.[1]

Ayam hutan merah cenderung memilih habitat yang terganggu dan tepian, baik alami maupun buatan manusia. Tampaknya tanaman makanan[2][3][4] dan penutup yang tebal di jenis-jenis area ini menarik ayam hutan, terutama betina yang sedang bertelur.[5] Ayam hutan menggunakan hutan yang telah ditebang dan sedang berhutang,[6] dan sering ditemukan di dekat pemukiman manusia[7] atau area yang sedang tumbuh kembali dari hasil ladang tebang bakar.[2] Area yang dibakar untuk mempromosikan pertumbuhan bambu juga menarik ayam hutan, karena biji bambu yang dapat dimakan lebih mudah ditemukan.[4][5] Di beberapa daerah, ayam hutan tidak hadir di kebun hutan[6] dan kebun getah[8]; di tempat lain, mereka akan muncul di kebun pohon teh dan kebun kelapa sawit.[8] Di negara bagian Selangor, Malaysia, dedaunan kelapa sawit menyediakan tempat persembunyian yang cocok; buah kelapa sawit menyediakan makanan yang cukup, serta serangga (dan larvanya) di dalam dan di sekitar pohon.[9] Palma juga menawarkan berbagai situs bertengger, mulai dari posisi rendah (~4 m) yang disukai oleh betina dengan anak ayam hingga posisi tinggi (hingga 12 m) yang digunakan oleh ayam dewasa lainnya.[10]

Ayam hutan merah minum air permukaan ketika tersedia, tetapi tampaknya mereka tidak membutuhkannya. Burung-burung di India Bagian Utara-Central sering mengunjungi lubang air selama musim kemarau, meskipun tidak semua ayam hutan di subbenua tersebut tinggal cukup dekat dengan air untuk melakukannya;[5] kepadatan populasi mungkin lebih rendah di tempat di mana air permukaan terbatas.[4]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Seekor ayam hutan jantan berwarna-warni di lantai hutan
Ayam hutan jantan merah

Ayam hutan merah secara teratur mandi dalam debu untuk menjaga keseimbangan minyak dalam bulu mereka. Debu menyerap minyak berlebih dan kemudian jatuh.[11]

Penerbangan pada burung-burung ini hampir sepenuhnya terbatas pada mencapai area bertengger mereka saat matahari terbenam di pohon atau tempat tinggi lainnya yang relatif aman dari predator darat, dan untuk menghindari bahaya segera selama hari.[12]

Ayam hutan jantan dominan tampaknya mempertahankan wilayah terhadap ayam jantan dominan lainnya, dan ukuran wilayah telah disimpulkan berdasarkan kedekatan tempat bertengger. Beebe[7] menyimpulkan bahwa wilayah-wilayah tersebut cukup kecil, terutama dibandingkan dengan beberapa jenis burung merak yang ia kenal. Hal ini didukung oleh Collias dan Collias,[5] yang melaporkan bahwa situs bertengger yang berdekatan dapat berjarak hanya 100 meter (330 ft). Dalam kelompok, ayam hutan jantan merah menunjukkan hierarki dominasi dan ayam jantan dominan cenderung memiliki kalung yang lebih besar daripada ayam jantan bawahan.[13] Ayam hutan merah biasanya hidup dalam kelompok yang terdiri dari satu hingga beberapa ayam jantan dan beberapa ayam betina. Ayam jantan lebih cenderung ditemui sendiri daripada betina.[2][4][5][14][15][16]

Seekor ayam hutan jantan berwarna-warni (kiri) dan seekor ayam hutan betina yang kurang berwarna (kanan)
Ilustrasi ayam hutan jantan dan betina merah

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Telur ayam hutan coklat kecil, hampir bundar (kiri) dan telur ayam yang lebih besar dan lebih pucat (kanan)
Gallus gallus - MHNT

Jantan melakukan tampilan terkait makanan yang disebut "tidbitting", yang dilakukan ketika menemukan makanan di dekat betina.[17] Tampilan ini terdiri dari panggilan menggoda yang mirip dengan suara kokok, dan gerakan kepala dan leher yang menarik perhatian. Selama pertunjukan, jantan berulang kali mengambil dan melepas makanan dengan paruhnya. Tampilan ini biasanya berakhir ketika betina mengambil makanan dari tanah atau langsung dari paruh jantan. Pada akhirnya, mereka kadang-kadang kawin.[18]

Di banyak daerah, ayam hutan merah berkembang biak selama musim kemarau, biasanya musim dingin atau musim semi. Hal ini berlaku di sebagian wilayah India, Nepal, Thailand, Vietnam, dan Laos.[2][4][5][14][15][16] Namun, telah didokumentasikan bahwa ayam hutan merah berkembang biak sepanjang tahun di perkebunan kelapa sawit di Malaysia[9] dan mungkin juga terjadi di tempat lain.[15] Selama periode bertelur, betina ayam hutan merah bertelur setiap hari. Telur memerlukan waktu 21 hari untuk berkembang. Anak burung meninggalkan sarang pada sekitar 4 hingga 5 minggu, dan pada usia 12 minggu, mereka diusir dari kelompok oleh ibu mereka - pada saat itu mereka membentuk kelompok baru atau bergabung dengan kelompok yang sudah ada. Kematangan seksual tercapai pada usia 5 bulan, dengan betina memerlukan sedikit lebih lama daripada jantan untuk mencapai kematangan.[19]

Jantan dominan berusaha mempertahankan akses reproduksi eksklusif terhadap betina, meskipun betina memilih untuk kawin dengan jantan bawahan sekitar 40% dari waktu dalam kawanan feral yang berkeliaran bebas di San Diego, California.[20][21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Piper, Philip J. (2017). "The Origins and Arrival of the Earliest Domestic Animals in Mainland and Island Southeast Asia: A Developing Story of Complexity". Dalam Piper, Philip J.; Matsumura, Hirofumi; Bulbeck, David. New Perspectives in Southeast Asian and Pacific Prehistory. terra australis. 45. ANU Press. ISBN 9781760460945. 
  2. ^ a b c d Collias, N. E., N. E.; Saichuae, P. (1967). "Ecology of the red jungle fowl in Thailand and Malaya with reference to the origin of domestication" (PDF). Natural History Bulletin of the Siam Society. 22: 189–209. 
  3. ^ Bump, G.; Bohl (1961). "Red Junglefowl and Kalij Pheasants". US Fish and Wildlife Service, Washington D.C., Special Scientific Reports, Wildlife. No. 62. 
  4. ^ a b c d e Johnson, R. A. (1963). "Habitat preferences and behavior of breeding jungle fowl in central western Thailand". Wilson Bulletin. 75: 270–272. 
  5. ^ a b c d e f Collias, N. .E.; Collias, E. C. (1967). "A field study of the red jungle fowl in North-central India" (PDF). Condor. 69 (4): 360–386. doi:10.2307/1366199. JSTOR 1366199. 
  6. ^ a b Datta, A. (2000). "Pheasant abundance in selectively logged and unlogged forests of western Arunachal Pradesh, Northeast India". Journal of the Bombay Natural History Society. 97: 177–183. 
  7. ^ a b Beebe, W. (1921). A monograph of the Pheasants. London: Witherby & Co. 
  8. ^ a b Abdullah, Z.; Babjee, S. A. (1982). "Habitat preference of the Red Junglefowl (Gallus gallus)". Malaysian Applied Biology. 11: 59–63. 
  9. ^ a b Arshad, Z.; Zakaria, M. (1999). "Breeding ecology of red junglefowl (Gallus gallus spadiceus) in Malaysia". Malayan Nature Journal. 53: 355–365. 
  10. ^ Arshad, Z.; Zakaria, M.; Sajap, A. S.; Ismail, A. (2001). "Roosting ecology of red jungle fowl (Gallus gallus spadiceus) in oil palm plantation". Pakistan Journal of Scientific and Industrial Research. 44: 347–350. 
  11. ^ Brinkley, Edward S., dan Jane Beatson. "Fascinating Feathers ." Birds. Pleasantville, N.Y.: Reader's Digest Children's Books, 2000. 15. Cetak.
  12. ^ "Red Junglefowl, Gallus gallus". 16 September 2021.  Teks " Beauty of Birds" akan diabaikan (bantuan)
  13. ^ Parker, Timothy H.; Knapp, Rosemary; Rosenfield, Jonathan A. (2002). "Social mediation of sexually selected ornamentation and steroid hormone levels in male junglefowl". Animal Behaviour (dalam bahasa Inggris). 64 (2): 291–298. doi:10.1006/anbe.2002.3050. 
  14. ^ a b Nishida, T.; Hayashi, Y.; Kattel, B.; Shotake, T.; Kawamoto, Y.; Adachi, A.; Maeda, Y. (1990). "Morphological and ecological studies on the red jungle fowl in Nepal, the first and second investigations in 1986 and 1988". Japanese Journal of Zootechnical Science. 61: 79–88. doi:10.2508/chikusan.61.79alt=Dapat diakses gratis. 
  15. ^ a b c Nishida, T.; Hayashi, Y; Shotake, T.; Maeda, Y.; Yamamoto, Y.; Kurosawa, Y.; Douge, K.; Hongo, A. (1992). "Morphological identification and ecology of the red jungle fowl in Nepal". Animal Science and Technology (Japan). 63 (3): 256–269. doi:10.2508/chikusan.63.256alt=Dapat diakses gratis. 
  16. ^ a b Nishida, T.; Rerkamnuaychoke, W.; Tung, D. G.; Saignaleus, S.; Okamoto, S.; Kawamoto, Y.; Kimura, J.; Kawabe, K.; Tsunekawa, N.; Otaka, H.; Hayashi, Y. (2000). "Morphological identification and ecology of the red jungle fowl in Thailand, Laos, and Vietnam". Animal Science Journal. 71 (5): 470–480. doi:10.2508/chikusan.71.470alt=Dapat diakses gratis. 
  17. ^ Animal Behaviour Lab Dr Chris Evans, Galliform.bhs.mq.edu.au, 15 November 2006, diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2009, diakses tanggal 22 April 2009 
  18. ^ Home, Galliform.bhs.mq.edu.au, diarsipkan dari versi asli tanggal 11 December 2008, diakses tanggal 22 April 2009 
  19. ^ Gautier, Zoe. "Gallus gallus (red junglefowl)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 March 2019. 
  20. ^ Collias, Nicholas E.; Collias, Elsie C. (1996). "Social organization of a red junglefowl,Gallus gallus, population related to evolution theory". Animal Behaviour (dalam bahasa Inggris). 51 (6): 1337–1354. doi:10.1006/anbe.1996.0137. 
  21. ^ Collias, Nicholas E.; Collias, Elsie C.; Hunsaker, Don; Minning, Lory (1966). "Locality fixation, mobility and social organization within an unconfined population of red jungle fowl". Animal Behaviour (dalam bahasa Inggris). 14 (4): 550–559. doi:10.1016/S0003-3472(66)80059-3. PMID 6008475. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]