BirdLife International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

BirdLife International (dulu bernama International Council for Bird Preservation) adalah organisasi konservasi international yang bergiat dengan keterlibatan masyarakat untuk melindungi semua jenis burung di dunia dan habitatnya. Organisasi ini adalah federasi konservasi global dengan jaringan internasional lebih dari 100 rekan organisasi, termasuk Burung Indonesia, RSPB, Gibraltar Ornithological & Natural History Society (GONHS), National Audubon Society, Bombay Natural History Society, Birds Australia, Royal Forest and Bird Protection Society of New Zealand, Nature Seychelles, Malaysian Nature Society, dan BirdWatch Ireland.

BirdLife International didirikan pada tahun 1922 oleh ahli ornithologi Amerika, T. Gilbert Pearson dan Jean Theodore Delacoure dengan nama International Council for Bird preservation. Sempat tidak aktif selama perang dunia kedua, dan aktif lagi pada tahun 1983. Pada tahun 1993, organisasi ini berganti nama menjadi BirdLife International.

Birdlife International adalah otoritas ilmiah pada status keterancaman seluruh jenis burung di dunia dengan jenis-jenis burung yang terancam punah secara global tercatat dalam Red List dengan IUCN sebagai badan konservasi pengelolanya.

Presiden organisasi ini saat ini adalah Princess Takamado dari Jepang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]