Jaringan Keanekaragaman Hayati Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jaringan Keanekaragaman Hayati (National Biodiversity Network, NBN) adalah upaya kolaboratif yang didirikan pada tahun 2000 di Inggris Raya[1] yang berkomitmen untuk menyediakan informasi keanekaragaman hayati melalui berbagai media, termasuk di internet melalui NBN Atlas—situs pencarian data dari NBN.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Diperkirakan hingga 60.000 orang secara rutin mencatat informasi keanekaragaman hayati di Inggris dan Irlandia . Sebagian besar upaya ini bersifat sukarela dan diorganisir melalui sekitar 2.000 masyarakat dan skema pencatatan nasional. Pemerintah Inggris melalui lembaganya juga mengumpulkan data keanekaragaman hayati dan salah satu elemen utama untuk pengumpulan dan interpretasi data ini adalah jaringan Pusat Catatan Lingkungan Lokal (Local Environmental Records Centres).[3]

Di tahun 2012, NBN berada dalam daftar teratas 1,000 yayasan di UK yang mampu menjaring donasi paling banyak.[4]

NBN Trust[sunting | sunting sumber]

NBN Trust[1] —organisasi yang memfasilitasi pembangunan jaringan—mendukung standar yang disepakati untuk pengumpulan, penyusunan, dan pertukaran data keanekaragaman hayati dan mendorong peningkatan akses. Kemitraan ini terdiri dari lebih dari 200 organisasi publik dan sukarela dan anggota individu.

NBN Atlas saat ini menyimpan lebih dari 230 juta catatan spesies dari lebih dari 900 kumpulan data yang berbeda (September 2020).[2] Data di NBN Atlas dapat diakses oleh siapa saja yang tertarik dengan satwa liar Inggris, Irlandia Utara, dan Isle of Man dan dapat dicari di berbagai tingkatan, karena memungkinkan melihat peta distribusi dan mengunduh data dengan menggunakan berbagai alat interaktif. Peta dapat disesuaikan dengan rentang tanggal dan dapat menunjukkan perubahan dalam distribusi spesies.

Organisasi ini percaya bahwa, dengan menyediakan alat untuk membuat data satwa liar dapat diakses dalam bentuk digital dan dapat dipertukarkan dan dengan menyediakan akses mudah ke informasi yang dibutuhkan masyarakat, keputusan yang bijak dan terinformasi dapat dibuat untuk memastikan lingkungan alam dilindungi, di masa sekarang dan untuk generasi mendatang.

Pada bulan April 2017 NBN Atlas menggantikan NBN Gateway.

Tim[sunting | sunting sumber]

National Biodiversity Network Trust mempekerjakan tim untuk memfasilitasi dan mengkoordinasikan pertumbuhan dan perkembangannya dan disebut sebagai 'Sekretariat'. NBN Trust adalah badan amal resmi yang terdaftar.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "nbn.org.uk". nbn.org.uk. 2013-06-26. Diakses tanggal 2013-07-08. 
  2. ^ a b "NBN Atlas - UK's largest collection of biodiversity information". NBN Atlas (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-27. 
  3. ^ "NFBR LRCs Contact Database". Nbn-nfbr.org.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-24. Diakses tanggal 2013-07-08. 
  4. ^ "Britain's top 1,000 charities ranked by donations. Who raises the most money?". the Guardian (dalam bahasa Inggris). 2012-04-24. Diakses tanggal 2019-02-12. 
  5. ^ "Charity Details". beta.charitycommission.gov.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]