Wikipedia:Pemastian/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Usulan amendemen kebijakan Wikipedia:Pemastian, diterbitkan untuk diusulkan tanggal 31 Mei 2021.

Tiap kontributor diundang untuk membagikan pendapatnya pada halaman pembicaraan usulan ini.

Di bawah garis ini adalah isi dari kebijakan yang diusulkan.

Pemastian.png

Batasan suatu pernyataan agar dapat dimasukkan ke dalam Wikipedia adalah dapat dipastikan. "Dipastikan" di sini diartikan bahwa informasi di Wikipedia harus dapat diperiksa oleh seseorang untuk mengetahui apakah informasi tersebut telah diterbitkan oleh sebuah sumber yang bisa dipercaya. Wikipedia bukan tempat untuk menerbitkan hasil penelitian asli. Isi Wikipedia berasal dari sumber yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya, bukan dari kepercayaan atau pengalaman kita sendiri. Bahkan ketika kita yakin betul bahwa suatu pernyataan itu benar, kita tetap harus menyebutkan dari sumber mana pernyataan tersebut berasal. Jika pernyataan tidak menyebutkan sumbernya atau sumber yang digunakan tidak dapat dipercaya, pernyataan tersebut menjadi tidak pasti dan dapat dihapus dari Wikipedia. Dalam menulis, kita juga harus menggunakan sudut pandang netral dan memberikan bobot seimbang terhadap masing-masing sumber.

Semua isi dalam ruang nama utama seperti artikel, daftar, dan takarir harus dapat dipastikan. Pernyataan-pernyataan yang kebenarannya mungkin dipertentangkan harus menyertakan sitasi sebaris yang menyebutkan pernyataan tersebut. Pernyataan yang tidak disertai sumber dapat dihapus. Pengguna dapat menghapus langsung pernyataan mengenai tokoh hidup yang tidak dapat dipastikan atau memiliki sumber yang buruk.

Wikipedia:Pemastian adalah salah satu dari tiga kebijakan inti Wikipedia. Dua lainnya adalah Wikipedia:Bukan riset asli dan Wikipedia:Sudut pandang netral. Bersama-sama, ketiga kebijakan ini menentukan jenis dan kualitas dari pernyataan yang diterima untuk dimuat dalam Wikipedia. Pernyataan yang kemudian dimuat di Wikipedia juga menjadi subjek dari kebijakan Wikipedia:Hak cipta.

Kewajiban menyebutkan sumber[sunting sumber]

Dalam menulis artikel di Wikipedia, semua pernyataan dan tulisan harus dapat diverifikasi kebenarannya. Kewajiban menyebutkan sumber ada di si pengguna yang menulis tulisan tersebut atau yang mengembalikan suntingan yang berisi tulisan tersebut. Kewajiban ini dipenuhi dengan menyertakan sitasi sebaris dari sumber tepercaya yang memiliki isi yang sama dengan maksud dari tulisan tersebut.[1]

Tulisan yang kebenarannya dipertentangkan atau mungkin dipertentangkan harus disertakan dengan sumber tepercaya. Sumber yang disertakan tersebut harus secara jelas menyebutkan maksud yang sama dengan yang disebutkan dalam tulisan di Wikipedia. Cantumkan sumber secara jelas. Gunakan nomor halaman, bab, bagian, dan sebagainya jika sumber memilikinya.

Tulisan yang tidak disertai dengan sumber tepercaya yang bermaksud sama dapat dihapus dan tidak boleh dikembalikan tanpa disertai sumber tepercaya. Seberapa cepat dan seperti apa penghapusan yang dilakukan bergantung pada isi tulisan serta kondisi relatif seluruh bagian artikel saat itu. Pada beberapa kasus, seorang pengguna dapat keberatan jika tulisannya dihapus oleh pengguna lain sebelum ia sempat menuliskan sumbernya. Penambahan templat {{butuh rujukan}} pada kalimat atau templat {{tanpa referensi}} pada artikel dapat kita lakukan sebagai langkah sementara. Kita juga dapat membantu dengan mencari sendiri sumber terkait tulisan tersebut dan menambahkannya.

Jika kita melihat tulisan tanpa sumber atau dengan sumber buruk pada suatu artikel tentang tokoh yang masih hidup, tulisan tersebut harus kita hapus. Jangan pindahkan tulisan itu juga ke halaman pembicaraan atau halaman pengguna.

Sumber tepercaya[sunting sumber]

Kata "sumber" yang dimaksud di sini memiliki beberapa makna terkait sebagai berikut.

Karya, penulis, dan penerbit ini ketiganya dapat mempengaruhi tingkat bisa atau tidaknya suatu sumber untuk dipercaya.

Memilih sumber[sunting sumber]

Gunakan sumber yang independen: tidak diterbitkan oleh subjek artikel sendiri, tidak berhubungan atau berasosiasi dengan subjek artikel, dan bukan merupakan sumber primer. Pilih sumber yang memiliki reputasi ketepatan penulisan dan faktual. Bahan sumber harus telah terbit lebih dahulu di luar Wikipedia sebelum dicantumkan dalam Wikipedia. Bahan sumber yang belum terbit tidak dianggap sebagai sumber tepercaya. Gunakan sumber yang secara langsung menyebutkan hal yang kita sebutkan dalam artikel. Gunakan sumber secara tepat konteks. Sumber-sumber yang bagus umumnya memiliki struktur tulisan dan penyampaian fakta, masalah, bukti, argumen, dan pendapat yang juga bagus. Semakin ketat sumber dalam menyeleksi tulisan yang mereka buat, semakin bagus sumber tersebut. Gunakan kehati-hatian ekstra untuk sumber terkait tokoh yang masih hidup atau topik kesehatan.

Sumber-sumber akademik seperti buku akademik dan jurnal ilmiah merupakan sumber terbaik namun umumnya topiknya terbatas hanya pada kajian-kajian ilmu alam dan manusia, sejarah, sastra, seni, dan filsafat. Untuk artikel bertopik lain, kita dapat menggunakan sumber tepercaya lain baik cetak maupun elektronik seperti buku, majalah, situs berita, dan surat kabar.

Reputasi suatu penerbit, majalah, atau surat kabar harus kita lihat. Pastikan sumber-sumber tersebut memiliki reputasi yang baik. Karya dengan penerbit akademik atau penerbit perguruan tinggi akan lebih bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan dengan penerbit karya nonilmiah atau karya opini. Perhatikan tim redaksi, perusahaan, dan gaya penulisan berita untuk suatu surat kabar atau situs berita yang bisa memiliki sudut pandang tertentu atau keberpihakan terhadap suatu topik. Pastikan kita tetap memilih sumber dengan netral, seimbang, dan relevan. Harap berhati-hati pula terhadap beberapa jurnal ilmiah yang tergolong sebagai jurnal predator. Jurnal predator cenderung tidak memiliki sistem editorial dan seleksi yang tidak ketat sehingga peneliti bisa menerbitkan artikelnya sepanjang mereka mampu membayar sejumlah uang. Jurnal ilmiah seperti ini tidak bisa digunakan sebagai sumber.

Rubrik "blog" dan "opini" dalam situs berita, surat kabar, atau majalah[sunting sumber]

Beberapa situs berita, surat kabar, atau majalah memiliki rubrik blog yang umumnya ditulis oleh seorang kontributor luar yang bukan penulis atau wartawan tetap mereka. Harap berhati-hati jika kita menggunakan rubrik-rubrik ini sebagai sumber. Kontributor luar tersebut bisa saja merupakan seorang ahli namun tulisannya bisa tidak melalui proses editorial yang lebih longgar dibandingkan dengan tulisan berita lainnya di situs itu. Ada pula rubrik opini yang cenderung tidak melalui proses editorial sama sekali. Jika ingin menggunakannya sebagai sumber, gunakan secara kontekstual seperti, "Budi menulis di Harian Kompas bahwa ...." Tetap perhatikan bobot dan relevansinya dalam artikel. Perhatikan pula terhadap bahan yang kita baca apakah dalam rubrik surat pembaca atau tidak. Jangan gunakan surat pembaca atau kolom komentar sebagai sumber.

Sumber yang biasanya tidak tepercaya[sunting sumber]

Sumber yang diragukan[sunting sumber]

Sumber yang diragukan adalah sumber-sumber yang memiliki reputasi buruk dalam memeriksa kebenaran tulisannya, buruk dalam pengawasan editorialnya, atau memiliki konflik kepentingan dengan subjek artikel. Sumber-sumber seperti ini salah satu contohnya adalah situs web atau terbitan yang isi-isinya memiliki pandangan yang dinilai ekstrem atau memihak berdasarkan penilaian oleh banyak sumber-sumber lain. Selain itu, ada pula sumber-sumber yang tulisannya dibuat hanya berdasarkan gosip, kabar burung, atau opini pribadi.

Sumber-sumber seperti itu hanya dapat digunakan sebagai sumber di Wikipedia pada tulisan mengenai sumber tersebut sendiri dan tidak dapat digunakan untuk tulisan lain.

Jurnal predator juga merupakan sumber yang diragukan karena artikelnya yang tidak melalui tinjauan sejawat yang mencukupi.

Sumber buatan sendiri[sunting sumber]

Kita semua dapat membuat karya kita sendiri dan menerbitkannya sendiri. Kita dapat menulis dan menerbitkan buku kita sendiri melalui beberapa jasa percetakan, tanpa buku itu ditinjau terlebih dulu oleh editor. Di Internet, kita dapat membuat situs web pribadi, blog, atau konten media sosial lainnya yang juga kita terbitkan sendiri. Kita juga bisa bilang atau mengaku-ngaku ke orang lain bahwa kita adalah ahli di suatu bidang sehingga opini kita tidak perlu diverifikasi. Bahan-bahan seperti ini secara umum tidak dapat dijadikan sebagai sumber tepercaya.

Pada beberapa kasus, pendapat ahli dapat digunakan sebagai sumber jika ahli tersebut telah memiliki karya yang terbit dalam bidang terkait yang diterbitkan oleh penerbit bereputasi dan tepercaya. Pendapat ini harus digunakan dengan konteks yang tepat, tanpa mengurangi keseimbangan artikel, serta sambil tetap dikutip sebagai suatu pendapat bukan sebagai suatu fakta. Jangan gunakan sumber buatan sendiri pada artikel biografi tokoh hidup, sekalipun jika itu berasal dari pendapat seorang ahli.

Penggunaan sumber yang diragukan atau buatan sendiri[sunting sumber]

Sumber-sumber buatan subjek artikel sendiri serta sumber-sumber yang diragukan (sebagaimana dijelaskan di atas) dapat digunakan sebagai rujukan hanya untuk tulisan atau artikel tentang subjek itu sendiri dan dengan syarat-syarat tertentu. Syarat tersebut adalah:

  1. tidak mengagung-agungkan diri subjek itu sendiri dan bukan merupakan suatu klaim luar biasa
  2. tidak menyebut tuduhan atau klaim terhadap pihak lain/pihak ketiga
  3. tidak menceritakan kejadian-kejadian yang tidak ada kaitannya dengan sumber atau subjek
  4. tidak ada keraguan terhadap keaslian sumber
  5. tidak dijadikan sebagai rujukan utama di dalam artikel

Penggunaan sumber-sumber seperti ini tetap sangat disarankan untuk dihindari. Kebijakan ini juga berlaku terhadap bahan sumber berupa pernyataan oleh subjek artikel di media sosial.

Halaman lain di Wikipedia sebagai sumber[sunting sumber]

Jangan menggunakan artikel di Wikipedia bahasa Indonesia atau bahasa lain sebagai sumber rujukan dalam artikel. Gunakan sumber yang berasal dari luar Wikipedia. Ketika kita melihat pernyataan di suatu artikel Wikipedia dan ingin menggunakannya di artikel lain, gunakanlah rujukan yang dipakai pada pernyataan tersebut. Perhatikan pula situs yang ingin kita gunakan sebagai sumber. Jangan gunakan situs yang pada gilirannya menggunakan Wikipedia sebagai sumbernya. Jangan menggunakan situs mirror (cermin) Wikipedia yang kontennya merupakan salinan Wikipedia. Lihat pula daftar situs mirror Wikipedia.

Pengecualian dapat berlaku apabila artikel membahas mengenai Wikipedia itu sendiri. Dalam kasus penggunaan sumber seperti ini, kita sedang menggunakan Wikipedia sebagai sumber primer sehingga kita harus memperhatikan sudut pandang tulisan agar tetap netral serta bobot sumber yang tidak mendominasi dibandingkan sumber lainnya pada artikel. Lihat pula kebijakan terkait riset asli.

Akses[sunting sumber]

Akses menuju sumber[sunting sumber]

Akses menuju sumber yang terbuka memungkinkan sumber tersebut diperiksa oleh pengguna lain ketika dicantumkan di dalam artikel. Akan tetapi, tidak semua sumber dapat diakses dengan mudah. Beberapa sumber hanya dapat diakses dengan membeli atau membayar, sedangkan sumber-sumber lama misalnya mungkin hanya bisa diperoleh melalui kunjungan langsung ke museum, arsip, atau perpustakaan dan tidak tersedia di Internet. Sumber-sumber dengan akses terbatas seperti ini masih dapat digunakan dalam artikel namun penggunaannya tentu tetap harus mematuhi kebijakan-kebijakan Wikipedia. Kita juga bisa meminta ke pengguna yang menggunakan sumbernya tersebut untuk memperlihatkan kepada kita bahan sumber yang ia pakai. Wikimedia Foundation juga menyediakan layanan Wikipedia Library Card yang dapat kita pakai untuk mengakses beberapa sumber berbayar.

Perhatikan bahwa penggunaan sumber dengan akses terbatas juga didasarkan pada asumsi bahwa pengguna yang menggunakan sumber tersebut berniat baik dan tetap patuh terhadap kebijakan mengenai sumber dan rujukan di Wikipedia. Jika suatu sumber tidak dapat diakses oleh pengguna manapun (hilang dan tidak ada salinannya, hanya ada di koleksi pribadi tanpa kontak untuk berkomunikasi atau tanpa sarana untuk menerbitkannya, dsb.), penggunaannya di Wikipedia dapat dipertimbangkan ulang. Penggunaan sumber yang terbatas aksesnya secara sengaja untuk mencegah peninjauan atau penilaian oleh pengguna lain terhadap kualitas artikel merupakan pelanggaran terhadap kebijakan ini.

Sumber dalam bahasa selain bahasa Indonesia[sunting sumber]

Penggunaan sumber yang tersedia dalam bahasa selain bahasa Indonesia diperbolehkan. Akan tetapi, karena Wikipedia ini merupakan Wikipedia bahasa Indonesia, jika ada sumber dengan kualitas serupa namun dalam bahasa Indonesia, sebaiknya sumber tersebut lebih diutamakan.

Ketika kita mengutip (quoting) kalimat dari sumber berbahasa bukan Indonesia, harap cantumkan kutipan tersebut dalam bahasa aslinya disertai dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Klaim luar biasa juga perlu sumber yang luar biasa[sunting sumber]

Suatu pernyataan atau klaim yang istimewa dan luar biasa harus disertai dengan sumber dengan kualitas tinggi lebih dari satu. Suatu pernyataan luar biasa yang tidak memenuhi kebijakan pencantuman sumber di Wikipedia dapat dihapus. Kita dapat melihat beberapa ciri-ciri suatu pernyataan luar biasa yang dilarang dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  • Pernyataan tersebut merupakan suatu pernyataan yang besar dan penting namun ternyata tidak ada di sumber besar atau tidak ada media besar yang meliputnya.
  • Pernyataan yang berasal hanya dari sumber primer, sumber buatan sendiri, atau sumber dengan konflik kepentingan.
  • Pernyataan dari suatu pihak yang di luar dari kebiasaan pihak tersebut atau berlawanan dengan pernyataan mereka yang lain yang pernah mereka bela sebelumnya.
  • Pernyataan yang berlawanan dengan anggapan umum suatu bidang atau yang dapat merombak asumsi umum dalam suatu bidang (terutama dalam sains, kedokteran, sejarah, politik, dan biografi tokoh hidup dan yang baru meninggal), juga termasuk ketika pendukung-pendukung pernyataan tersebut mengatakan bahwa ada konspirasi atau persekongkolan untuk membungkam mereka.

Pemeliharaan[sunting sumber]

Jika kita melihat atau menemukan suatu pernyataan atau kalimat yang tidak diserati sumber, kita dapat mencantumkan templat {{butuh rujukan}} (atau versi pendeknya: {{cn}} atau {{fact}}). Kita juga dapat menandai suatu artikel dengan {{tanpa referensi}} jika artikel tidak memiliki sumber sama sekali atau {{more footnotes}} jika artikel dirasa perlu sumber yang lebih banyak. Terdapat berbagai macam templat yang bisa kita pakai, lihat Templat:Templat pemeliharaan rujukan dan pemastian.

Selain menggunakan templat, kita juga dapat menanyakan kepada pengguna yang menulis suatu pernyataan dalam artikel mengenai sumber yang ia gunakan. Kita dapat menanyakannya melalui halaman pembicaraan artikel atau halaman pembicaraan pengguna tersebut.

Hubungan dengan kebijakan lain[sunting sumber]

Dapat dipastikan belum tentu dapat dicantumkan[sunting sumber]

Suatu pernyataan dalam artikel harus bisa diverifikasi. Namun, tidak semua pernyataan yang bisa diverifikasi harus ada dalam artikel. Pencantuman informasi mana saja yang dapat dimuat dilakukan melalui pembicaraan dengan pengguna-pengguna lain untuk mencapai konsensus. Pencantuman informasi juga harus mempertimbangkan pedoman gaya dan netralitas artikel. Suatu informasi yang tidak dapat dicantumkan dalam suatu artikel juga dapat dipertimbangkan untuk dicantumkan di artikel lain yang lebih spesifik.

Hak cipta dan plagiat[sunting sumber]

Berhati-hatilah untuk tidak melakukan plagiat maupun pelanggaran hak cipta saat kita menggunakan suatu sumber. Selalu cantumkan sebagai referensi dari mana kita mendapatkan informasi untuk ditulis dalam artikel. Jangan menyalin-tempel mentah-mentah seluruh kalimat atau bahkan seluruh bagian artikel yang ada pada bahan sumber. Gunakan kalimat parafrasa, ungkapkan kembali informasi yang ada pada bahan sumber dengan bahasa kita sendiri namun tanpa mengubah maksud dari sumber yang kita pakai.

Perhatikan pula bahan sumber yang kita gunakan. Gunakan sumber yang memang berada di bahan asalnya atau yang mengutip sumber lain dengan izin atau tanpa melanggar hak cipta. Jangan gunakan sumber yang pada gilirannya merupakan sumber yang melanggar hak cipta. Contohnya seperti tulisan tertentu pada situs seperti Scribd yang tidak jelas hak ciptanya atau video YouTube yang menggunakan konten milik orang lain tanpa seizin pemiliknya.

Sudut pandang netral[sunting sumber]

Seluruh pernyataan sekalipun disertai dengan sumber tepercaya tetap harus ditulis dan disusun menggunakan sudut pandang netral (neutral point of view, NPOV). Artikel harus secara adil menjabarkan seluruh sudut pandang mayoritas serta beberapa sudut pandang minoritas yang penting yang diterbitkan oleh sumber tepercaya. Penjabaran tersebut juga harus dilakukan dengan bobot yang netral terhadap tiap sudut pandang. Pandangan minoritas yang sangat kecil bisa jadi tidak perlu ditulis di dalam artikel kecuali yang bahasannya terkait dengan pandangan minoritas tersebut.

Jika ada ketidaksetujuan di antara sumber-sumber yang kita dapatkan, gunakan asal sumber dalam teks (berikan konteks yang sesuai). Contohnya, "Budi menyampaikan bahwa ... sedangkan Ani berpendapat bahwa ..." diikuti dengan referensinya masing-masing. Pada kasus seperti ini, kedua sumber ("Budi" dan "Ani" dalam contoh), mereka sendiri tidak perlu memiliki sudut pandang netral. Banyak sumber-sumber yang ada di dunia memang tidak sepenuhnya netral. Akan tetapi, sebagai kontributor yang menulis artikel, kita sebaiknya memilah dan menyusun informasi yang kita tulis dengan tetap mempertahankan netralitas dalam menulis.

Kelayakan[sunting sumber]

Jika tidak ada sumber tepercaya yang dapat ditemukan terkait topik artikel, artikel bisa jadi memang tidak layak untuk dimuat di Wikipedia.

Riset asli[sunting sumber]

Karena konten Wikipedia bukan hasil riset asli, seluruh pernyataan harus berasal dari suatu sumber lain di luar Wikipedia dan sumber tersebut harus berupa sumber tepercaya. Bahan yang digunakan sebagai sumber juga harus memiliki maksud yang sama denga tulisan yang menggunakannya sebagai sumber. Penggunaan beberapa sumber untuk membuat suatu kesimpulan baru oleh diri sendiri dilarang di Wikipedia. Utamakan pula penggunaan sumber-sumber sekunder.

Lihat pula[sunting sumber]

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ ".. isi yang sama dengan maksud dari tulisan" di sini bermakna bahwa maksud dari isi dalam sumber yang disertakan harus sama dengan maksud dalam tulisan di Wikipedia. Tulisan di Wikipedia dengan tulisan dalam sumber mungkin dapat berbeda. Perbedaan tulisan umum terjadi tentu untuk mencegah plagiarisme namun keduanya ini, di Wikipedia dan di sumber, harus bermaksud sama. Sebagai contoh, sumber A menulis, "Budi tinggal di Indonesia sejak tahun 2010". Tulisan di Wikipedia yang dapat diterima di antaranya seperti, "Budi mulai menetap di Indonesia pada tahun 2010". Tulisan di Wikipedia yang tidak dapat diterima di antaranya seperti, "Budi pindah dari Malaysia ke Indonesia pada tahun 2010" atau "Budi menaiki pesawat untuk tinggal di Indonesia pada tahun 2010." Tidak diterima karena pada sumber yang dicontohkan tadi tidak menyebutkan Malaysia atau pesawat.

Bacaan lebih lanjut[sunting sumber]