Voivodat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Voivodat (bahasa Latin: Vaivodatus) adalah daerah yang dikepalai oleh seorang Voivoda (gubernur atau wali negeri) di sejumlah negara Eropa Tengah dan Timur. Voivodat sudah ada sejak Abad Pertengahan di Polandia, Hongaria, Lituania, Latvia, Ukraina, Rusia, dan Serbia. Voivodat setara dengan kadipaten di negara-negara Eropa Barat pada Abad Pertengahan, demikian pula jabatan voivoda setara dengan jabatan adipati. Gelar dan nama pembagian administratif lain di Eropa Timur yang setara dengan voivoda dan voivodat adalah Ban (bojan, vojin, atau bayan) dan Banat (bánság, atau banovina).

Di Zaman Modern, istilah "voivodat" digunakan sebagai nama pembagian administratif setingkat provinsi (województwo) di negara Polandia. Per 2017, ada 16 voivodat di Polandia.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Mula-mula voivoda (secara harfiah berarti "senapati" atau "panglima perang", semakna dengan "Dux Exercituum" dalam bahasa Latin dan "Herzog" dalam bahasa Jerman) adalah jabatan senapati di bawah kepala negara. Di kemudian hari, kata ini digunakan sebagai gelar pejabat pemerintah.

Voivodat atau daerah yang dikepalai oleh seorang voivoda disebut województwo dalam bahasa Polandia; voievodat dalam bahasa Rumania; vojvodina (војводина), vojvodstvo (војводство) atau vojvodovina (војводовина) dalam bahasa Serbia; vajdaság dalam bahasa Hongaria; vajаvodstva (ваяводства) dalam bahasa Belarusia; vaivadija dalam bahasa Lituania

Vojvodina juga adalah nama sebuah provinsi otonom di negara Serbia.

Voivodat yang ada di Polandia dan di negara-negara lain lebih sering diterjemahkan menjadi "provinsi".[1] Tergantung konteks kalimatnya, voivodat-voivodat bersejarah dapat pula diterjemahkan menjadi "kadipaten", "palatinat" (kata "palatinatus" digunakan sebagai padanan kata voivodat dalam bahasa Latin di Polandia), "distrik administratif", atau pun "daerah".

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jednostki podziału administracyjnego Polski tłumaczymy tak: województwo—province..." ("Pembagian administratif Polandia diterjemahkan sebagai berikut: województwoprovinsi..."). Arkadiusz Belczyk,"Tłumaczenie polskich nazw geograficznych na język angielski" ("Terjemahan Nama-Nama Geografis Polandia ke Dalam Bahasa Inggris"), 2002-2006. Sebagai contoh, lihat New Provinces of Poland (1998); Map of Poland; English names of Polish provinces.