Muban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuil Wat Phra Hin di sebuah muban di Tambon Muang Kham, Distrik Phan, Provinsi Chiang Rai

Muban (bahasa Thai: หมู่บ้าน; rtgsmu ban) adalah pembagian wilayah administratif di Thailand. Istilah ini bisa diterjemahkan sebagai 'desa' dan terkadang diterjemahkan sebagai 'kampung'. Unit wilayah ini merupakan bagian dari sebuah tambon (sub-distrik). Hingga 2008, terdapat 74.944 muban administratif di seluruh Thailand.[1] Pada sensus tahun 1990, setiap desa memiliki rata-rata 144 kepala keluarga atau 746 jiwa.

Nomenklatur[sunting | sunting sumber]

Muban dapat berfungsi sebagai satu kata sebagai padanan kata dari desa, kampung, atau hamlet dan dapat disebut dalam versi pendek ban. Mu ban juga dapat berfungsi sebagai dua kata, หมู่ / mu yang berarti 'kelompok' (dari) บ้าน / ban yang berarti 'rumah-rumah'.

  • Mu, dalam konteks sebagai kelompok (dari rumah-rumah [ban] dalam sebuah tambon), berbentuk kode angka wilayah yang berurutan dan terdaftar dalam kantor amphoe (distrik) atau king amphoe (distrik cabang).
  • Ban, dalam konteks sebagai rumah atau rumah tangga dari anggota masing-masing kelompok (mu), berbentuk kode nomor (bahasa Thai: บ้านเลขที่; rtgsban lek thi) yang berurutan dan ditambahkan dalam pencatatan rumah tangga yang ada di kantor amphoe (distrik) atau king amphoe (distrik cabang). Setiap ban berisi nama kepala keluarga (bahasa Thai: เจ้าบ้าน; rtgschao ban). Kombinasi nomor ban dan mu bersama dengan nama tambon, distrik dan provinsi, digunakan sebagai alamat geografis oleh pemerintah dan Thailand Post menggunakannya sebagai kode pos. Nama desa atau ban biasanya tidak dicantumkan dalam surat-surat resmi.
  • Ban dalam konteks sebagai nama desa muncul dalam toponimi geopolitik di peta dan penunjuk arah jalan bebas hambatan Thailand, tetapi penyebutan ini tidak untuk merujuk ke unit pembagian administratif yang sebenarnya. Penerapan nama desa ini dapat terjadi pada muban yang terisolasi, tetapi kebanyakan diterapkan pada muban-muban yang bergabung (memiliki satu phu yai ban), yang biasanya terpisah secara administrasi dari keadaan wilayah di masa lampau. Setiap mu baru akan diberi nomor baru yang sesuai urutan pendaftarannya. Setiap rumah atau ban di dalam mu yang baru akan mendapat kode nomor baru yang dimulai dari angka satu. Maka dari itu, biasanya nama desa dipertahankan untuk menunjukkan daerah asli yang sudah terbagi-bagi menjadi beberapa mu.

Jadi beberapa nama desa tidak perlu dicantumkan dalam alamat, kecuali dalam ban yang ada dalam mu asli (bukan mu hasil pemekaran atau mu yang baru dibuat) di daerah tersebut. Contoh penerapannya adalah, sebuah unit rumah tangga di Distrik Ban Dan akan memiliki alamat dengan format "Nomor Ban.__ Nomor Mu.__, Sub-distrik Ban Dan, Distrik Ban Dan, Buriram"; atau "#/# T[ambon] Ban Dan, A[mphoe] Ban Dan, Buriram 31000".

Catatan: Penggunaan bentuk pendek dari nomor/nomor untuk menunjukkan ban/mu adalah versi tidak resmi tetapi tetap dapat digunakan.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Kantor kepala desa (phu yai ban) di tambon Ban Po, Distrik Bang Pa-in, Provinsi Ayutthaya

Setiap mu atau kelompok daerah dipimpin oleh seorang kepala desa (bahasa Thai: ผู้ใหญ่บ้าน; rtgsphu yai ban),[2] yang dipilih oleh warga desa dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri. Kepala desa ini memiliki dua wakil, satu wakil untuk urusan pemerintahan dan satu lagi untuk mengurus keamanan. Terdapat juga komite desa yang berasal dari warga desa tersebut, bertindak sebagai badan penasihat desa. Pada awalnya, seorang kepala desa hanya dipilih sekali lalu dapat menjabat hingga usia pensiunnya. Namun saat ini kepala desa menjabat selama 5 tahun dan bisa maju lagi untuk satu periode selanjutnya.

Komunitas (ชุมชน) atau serupa dengan kelurahan di Indonesia, adalah wilayah serupa muban di perkotaan atau kota besar (disebut thesaban mueang dan thesaban nakhon). Untuk unit wilayah jenis ini tidak memiliki pimpinan yang menyerupai kepala desa, tetapi dikelola oleh asosiasi komunitas yang juga memiliki komite penasihat.

Arti lain[sunting | sunting sumber]

Sebuah perumahan atau komunitas terjaga (muban chat san) di Pattaya, Provinsi Chonburi

Muban (atau lebih lengkap muban chat san, หมู่บ้านจัดสรร), adalah istilah Thailand untuk menyebut 'perumahan' atau 'komunitas terjaga'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ข้อมูลทางการปกครอง ณ วันที่ 31 ธันวาคม 2552" (PDF). Department of provincial administration (DOPA). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 13 August 2012. 
  2. ^ Yudthaphon Vichianin (Aug 5, 2003). "Village Chief Lee". Thai Language Program. University of Hawaii at Manoa. Diarsipkan dari versi asli (interactive) tanggal March 20, 2012. Diakses tanggal March 20, 2012. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]