Ratakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ratakan
PT. Ratakan Media Kreasi
Ratakan-logo-retina.png
Jenis situs
Perseroan terbatas
Situs web
Portal web
BahasaIndonesia
MarkasSurakarta, Indonesia
PemilikPT Ratakan Media Kreasi
PendiriHandoko Tantra (Co Founder)[1]
Yusuf Hadi Suseno Putro (Co Founder)[1]
Tokoh pentingEdi Budiyanto (COO)[1]
Cahyo Priyanto (CEO)[1]
Afif Izzul Falakh (CTO)[1]
SloganMarketplace Produk Digital Indonesia
Situs webwww.ratakan.com
Peringkat Alexa147,676 (hingga Februari 2018)[2]
KomersialYa
DiluncurkanMei 2014
StatusAktif

Ratakan adalah sebuah perusahaan internet di Indonesia yang menyediakan platform Software as a Service (SaaS) berupa aplikasi web marketplace untuk penjualan produk digital dari pemilik produk. Mereka memberikan peluang untuk masyarakat Indonesia menjual keahlian yang dimiliki dalam bentuk produk informasi dan alat bantu seperti perangkat lunak yang akan melalui proses screening dari pihak Ratakan untuk menjaga kualitas dan manfaatnya.[1]

Ratakan sendiri merupakan salah satu startup yang unik se-asia tenggara berdasarkan Techinasia.[3] Serta masuk dalam jajaran 100 startup terpopuler di Indonesia berdasarkan StartupRanking.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ratakan didirikan oleh Handoko Tantra dan yusuf Hadi Suseno Putro pada bulan Mei 2014 dan saat ini beroperasi dibawah naungan PT. Ratakan Media Kreasi. Mereka berdua adalah praktisi pemasaran internet di Indonesia.

Handoko selaku co-founder menggagas berdirinya platform Ratakan dengan tujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak dalam bertransaksi dikarenakan melihat banyaknya penipuan online yang banyak terjadi dalam jual beli produk digital. Bahkan Handoko sendiri mengalami penipuan ini.[5] Sedangkan Yusuf Hadi adalah rekan co-founder yang fokus membantu dalam segi pemasaran pada awal berdirinya Ratakan. Kini Yusuf Hadi fokus pada pengembangan Ratakan dari aspek eksternal. Sementara Handoko saat ini fokus pada pengembangan Ratakan dari sisi internal.

Misi:

  • Memajukan e-commerce Indonesia dengan menyediakan produk informasi yang berkualitas serta bermanfaat.
  • Mengumpulkan produk digital Indonesia yang berkualitas dari berbagai topik dan kategori.
  • Memfasilitasi pemilik produk digital dengan sistem yang terkonsep dengan rapi dan sistematis.
  • Menjadi rujukan kredibel, aman dan tepercaya untuk konsumer produk digital.
  • Mewadahi para afiliasi lokal dengan membangun sebuah network afiliasi yang solid.

Filosofi yang digunakan oleh Ratakan adalah prinsip yang amanah, untuk dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mitra bisnis (pengguna, pemilik produk dan afiliasi), dengan terus meningkatkan pelayanan dan inovasi supaya mitra bisnis mereka mendapatkan kemudahan dan keuntungan yang optimal.[1]

Produk-produk yang dijual di Ratakan merupakan produk digital karya anak bangsa yang semuanya berbahasa Indonesia.[6]

Ratakan juga merupakan salah satu startup Indonesia yang pernah berpartisipasi dalam event startup IESE 2016 di Jakarta.[7]

Jenis produk[sunting | sunting sumber]

Ratakan hanya khusus menjual produk digital berupa file seperti buku digital (e-book), konten video, audio, keanggotaan dan perangkat lunak desktop maupun aplikasi web dengan berbagai kategori mulai dari bisnis, teknologi, keuangan hingga kesehatan di marketplace mereka.[8] Berbeda dengan marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak yang khusus menjual produk fisik atau Projects.co.id yang merupakan marketplace layanan jasa (freelance).

Pemilik Produk[sunting | sunting sumber]

Pemilik produk di Ratakan adalah orang-orang atau institusi yang memiliki keahlian dari berbagai bidang yang bisa dikonversi ke dalam produk digital. Pemilik produk ini dikenakan potongan 15 persen untuk setiap penjualan di Ratakan. Produk tetap menjadi hak milik pemilik produk karena tidak ada peralihan hak diantara kedua pihak.

Pembayaran dana titipan pemilik produk dibayarkan dua kali dalam satu bulan.

Afiliasi[sunting | sunting sumber]

Ratakan tidak memungut biaya apapun untuk mendaftar sebagai afiliasi. Seorang afiliasi Ratakan bisa mempromosikan seluruh produk milik pemilik produk yang ada di Ratakan dengan menggunakan tautan khusus yang memiliki ID unik untuk melacak aktivitas penjualan dan perolehan komisi afiliasi.[9]

Produk digital bisa dipasarkan oleh afiliasi yang akan mendapatkan imbalan berupa komisi dari pemilik produk berdasarkan prosentase atau jumlah tetap atas nilai transaksi setiap produk yang terjual di Ratakan.

Pembayaran komisi afiliasi dilakukan dua kali dalam satu bulan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g [1] Diarsipkan 2018-02-02 di Wayback Machine., Ratakan. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  2. ^ "ratakan.com Site Info". Alexa Internet, Inc. Diakses tanggal 1 Feb 2018. 
  3. ^ https://id.techinasia.com/startup-unik-asia-techlist, Techinasia. 23 Maret 2015. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  4. ^ https://www.startupranking.com/ratakan, StartupRanking. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  5. ^ https://id.techinasia.com/platform-affiliate-marketing-ratakan-kedepankan-jaminan-keamanan, Techinasia. 06 Desember 2016. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  6. ^ https://dailysocial.id/post/marketplace-ratakan-produk-digital, DailySocial. 07 Juli 2014. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  7. ^ https://blog.ratakan.com/dukung-ekonomi-digital-ratakan-hadir-iese-2016.html Diarsipkan 2018-02-01 di Wayback Machine., Blog Ratakan. 25 April 2016. Diakses tanggal 01 Februari 2018 .
  8. ^ https://www.timlo.net/baca/68719670266/ini-tips-memasarkan-produk-digital-yang-sukses/, Timlo. 23 Mei 2016. Diakses tanggal 01 Februari 2018.
  9. ^ https://startupbisnis.com/bisnis-afiliasi-tanpa-modal/, StartupBisnis. 18 Desember 2017. Diakses tanggal 01 Februari 2018.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]