QQ Music

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
QQ Music
QQ Music Logo.png
PengembangTencent
Rilis stabil

  • Windows PC - 11.44 6 Januari 2015; 4 tahun lalu (2015-01-06)
  • Mac - 2.2 20 Desember 2014; 5 tahun lalu (2014-12-20)
  • iPhone - 5.2 8 Mei 2015; 4 tahun lalu (2015-05-08)
  • Android - 4.9 6 Januari 2015; 4 tahun lalu (2015-01-06)
  • Windows 8 - 1.0.3 4 Maret 2013; 6 tahun lalu (2013-03-04)
  • Windows Phone - 2.2.1 3 Juli 2014; 5 tahun lalu (2014-07-03)
  • iPad - 4.3 11 Februari 2015; 4 tahun lalu (2015-02-11)
Sistem operasiMicrosoft Windows XP dan diatasnya, Google Android, Apple MacOS, Apple iOS
Ukuran13.9 MB (bagi Windows), 24.08MB (bagi Android), 32.8MB (bagi MacOS)
Tersedia dalamTionghoa sederhana
JenisStreaming musik
LisensiPerangkat lunak milik perorangan
Situs weby.qq.com

QQ Music (Hanzi: QQ音乐) adalah salah satu dari tiga layanan streaming musik freemium Tiongkok yang dimiliki oleh Tencent dan beroperasi di bawah merek QQ. Sampai dengan tahun 2018, layanan ini diatur untuk menjangkau lebih dari 700 juta pengguna dengan sekitar 120 juta pelanggan.[1]

Layanan ini pada tahun 2016 bergabung dengan China Music Corporation, pemilik layanan streaming terbesar kedua dan ketiga yang dikenal sebagai KuGou dan Kuwo. Dengan merger ini, QQ Music saat ini memiliki 15% pangsa pasar musik daring Tiongkok. [2]

Di luar streaming, layanan ini memanfaatkan mereknya kepada publik melalui QQ Music Awards tahunan.

Pada 2017, perusahaan streaming musik Swedia Spotify membeli 9% saham perusahaan sebagai bagian dari pertukaran saham [3] dan pada akhir 2018, Tencent berencana untuk perusahaan bersama dengan beberapa layanan musik lain yang disediakan konglomerasi untuk IPO-nya.[4].

Layanan bisnis[sunting | sunting sumber]

QQ Music beroperasi di bawah model bisnis freemium di mana layanan dasarnya tidak dikenakan biaya sementara fitur yang disempurnakan tersedia dalam langganan. Namun tidak seperti layanan berlangganan serupa seperti Spotify, label ini memiliki kemampuan untuk membatasi kontennya agar dibatasi untuk pengguna berlangganan (dikenal sebagai VIP atau berlian hijau) atau dapat dibeli di situs web mereka yang biasanya berbiaya sekitar 19 hingga 20 yuan, artis yang menggunakan strategi ini termasuk Noah Cyrus, Ariana Grande[5] dan Taylor Swift[6] di mana album-album tertentu dibatasi untuk dibeli saja.

QQ Music umumnya mendorong pengguna untuk membeli layanan langganan VIP mereka.

Akun dan langganan[sunting | sunting sumber]

Sampai dengan Mei 2018, QQ Music menawarkan tiga jenis langganan.[7]

Tipe Mendengarkan melalui ponsel dan desktop Kualitas suara Mendengarkan secara luring Mendengarkan di luar negeri Musik yang dapat dibeli Kustomisasi dan tema (fitur ponsel)
QQ Music Free Beberapa lagu. Streaming 128kbps. Beberapa lagu Tidak Tidak Tidak
QQ Music VIP Semua lagu (tidak termasuk musik yang dibeli) Hingga SQ lossless streaming. Hingga 300 lagu yang dapat diunduh per bulan. Ya Ya Ya
QQ Music Luxury Semua lagu (tidak termasuk musik yang dibeli) Hingga SQ lossless streaming. Hingga 500 lagu yang dapat diunduh per bulan. Ya Ya Ya

Keterbatasan mendengarkan[sunting | sunting sumber]

QQ Music hanya beroperasi di Tiongkok namun untuk jumlah waktu yang tidak pasti, layanan gratis tersedia secara bebas untuk digunakan di seluruh dunia dan pengguna internasional menggunakannya untuk menggunakan layanan ini guna menghindari layanan berbayar seperti Apple Music atau Spotify. Di tahun 2016, untuk memperkuat pembatasan hak cipta, QQ Music mengambil alih untuk memblokir pengguna internasional dan pengguna di luar negeri umumnya akan menerima kesalahan saat mencoba memutar musik seperti ini: '抱歉,应版权方要求,暂无法在当前国家或地区提供此歌曲服务' ('Maaf, lagu ini tidak tersedia di negara atau wilayah saat ini atas permintaan pemilik hak cipta'). Pada tahun 2017, Alibaba Music dan Tencent Music memiliki kesepakatan untuk berkolaborasi dalam hak cipta musik yang memungkinkan layanan Alibaba Music Xiami dan QQ Music untuk berbagi penawaran hak cipta eksklusif.[8] Namun, Alibaba Music memiliki hak eksklusif terhadap rilis artis Korea S.M. Entertainment tertentu (seperti Luna, EXO, EXO-CBX, Girls' Generation) artinya QQ Music dan pengguna layanan pesaing lainnya tidak akan dapat melakukan streaming lagu-lagu ini.[9]

Unduhan[sunting | sunting sumber]

Unduhan di QQ Music terbatas pada beberapa lagu untuk pengguna gratis. Label ini dapat mengontrol apakah pengguna gratis dapat mengunduh lagu mereka di paket gratis atau membatasi unduhan ke paket VIP. Unduhan pada paket gratis ini terproteksi-DRM pada desktop dan seluler sementara unduhan VIP bebas dari DRM di desktop tetapi masih terlindung dari platform seluler.[7] Ketika membeli album, pengguna secara otomatis berhak atas album tersebut dan dengan demikian bahkan jika langganan VIP berakhir, pengguna masih dapat mendengarkan lagu yang mereka beli secara gratis.

Informasi teknis[sunting | sunting sumber]

QQ Music adalah milik perorangan dan umumnya menggunakan perlindungan Digital Rights Management (DRM).

Stream dan unduhan terdapat dalam dua format, sistem berkas media MP3 digunakan untuk stream dan unduhan kualitas standar pada 128 kbit/dtk dan 320 kbit/dtk untuk Kualitas Tinggi (disingkat sebagai HQ di Tiongkok). Sistem berkas media FLAC digunakan untuk stream dan unduhan SQ. Stream dan unduhan HQ dan SQ hanya tersedia untuk paket VIP dan Luxury. Stream SQ tidak tersedia pada pemutar web QQMusic.

QQ Music juga terhubung dengan aplikasi Music pada sistem iOS dan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan pustaka Berkas Lokal mereka dengan pustaka QQ Music mereka melalui bagian unduhan aplikasi. Fitur tersebut juga berfungsi pada aplikasi desktop tempat aplikasi QQ Music akan memindai berkas musik lokal dan memungkinkan pengguna memainkannya melalui aplikasi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tencent to merge QQ Music service with China Music Corp to create streaming giant". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  2. ^ Zen Soo (15 Juli 2016). "Tencent to merge QQ Music service with China Music Corp to create streaming giant". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 Agustus 2016. 
  3. ^ "Tencent may have the largest tech IPO ever". Proactiveinvestors NA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 April 2018. 
  4. ^ "Tencent Music Plans IPO; Valuation Could Exceed $25 Billion" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 April 2018. 
  5. ^ "Dangerous Woman (Deluxe) (危险女人(豪华版)) - QQ音乐-千万正版音乐海量无损曲库新歌热歌天天畅听的高品质音乐平台!". y.qq.com (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  6. ^ "...Ready For It?-Taylor Swift - QQ音乐-千万正版音乐海量无损曲库新歌热歌天天畅听的高品质音乐平台!". y.qq.com (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  7. ^ a b "首页|绿钻官网". y.qq.com (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  8. ^ "Alibaba and Tencent collaborate on music copyright · TechNode". TechNode (dalam bahasa Inggris). 12 September 2017. Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  9. ^ "Alibaba, NetEase Strike Chord on Music Streaming | Alizila.com". Alizila.com (dalam bahasa Inggris). 7 Maret 2018. Diakses tanggal 4 Mei 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]