Yuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yuan (Hanzi tradisional: 元 atau 圓; Hanzi sederhana: 元; Pinyin: yuán; Wade-Giles: yüan) dalam bahasa Tionghoa berarti satuan dasar mata uang, sebagai contoh, Dolar AS adalah Mei yuan (美元). Tetapi dalam konteks internasional, Yuan menjadi kata Inggris yang mengacu kepada mata uang Republik Rakyat Tiongkok yaitu Renminbi (RMB). Dalam bahasa Indonesia dilafalkan "yen", walaupun dalam bahasa Tionghoa berbeda pengucapannya dan merupakan satu kesatuan bunyi.

Seperti bilangan dalam bahasa Tionghoa, karakter ini mempunyai dua bentuk — bentuk yang kurang formal (元) dan bentuk yang lebih formal (圓 atau 圆) yang digunakan untuk mencegah alterasi dan kesalahan akuntansi. Yen (¥) Jepang pada mulanya juga ditulis 圓, tetapi sekarang menggunakan karakter yang lebih sederhana yaitu 円.

Satu yuan dibagi menjadi 10 jiao (角) atau secara umum disebut mao (毛). Satu jiao dibagi menjadi 10 fen (分). Dalam bahasa Kanton, jiao dan fen disebut ho (毫) dan sin (仙).

Yuan secara harfiah dalam bahasa Tionghoa berarti "obyek bundar" atau "koin bundar".

Harga barang di toko-toko di RRT dan Republik Tiongkok biasanya ditandai dengan 元 setelah bilangannya. Di Daratan Tiongkok, huruf Y dengan satu garis menyilang (sebelum angka) juga umum dipakai sedangkan karakter 元 lebih jarang dipakai di Hong Kong dan Makau yang lebih menyukai simbol dolar ($). Di Makau, "MOP" juga biasanya digunakan untuk mata uangnya yaitu pataca.