App Store (iOS)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari App Store)
App Store
Tipetoko aplikasi dan organisasi
Versi pertama10 Juli 2008; 15 tahun lalu (2008-07-10)
GenreDistribusi digital, pemutakhiran perangkat lunak
LisensiPerangkat lunak gratis proprieter
Karakteristik teknis
Sistem operasiiOS,
iTunes 8 atau yang terbaru
PlatformiPod Touch
Informasi pengembang
PengembangApple
Informasi tambahan
Situs webwww.apple.com/iphone/from-the-app-store/
Facebook: AppStore Twitter: AppStore
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Ikon lama App Store

App Store adalah platform distribusi aplikasi untuk iOS yang dikembangkan dan dikelola Apple. Layanan ini memungkinkan pengguna menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Apple iOS SDK. Aplikasi dapat diunduh langsung ke sebuah perangkat iOS atau komputer pribadi (Macintosh atau PC) melalui iTunes.

Aplikasi di App Store umumnya ditargetkan untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad dan dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus pada perangkat seperti sensor gerak untuk kontrol permainan dan kamera untuk panggilan video daring. Aplikasi dapat diunduh gratis atau dengan harga yang ditetapkan. Selain itu bisa juga menggunakan cara monetisasi dalam aplikasi seperti iklan atau pembelian item. Apple mengambil 30 persen keuntungan yang didapat melalui aplikasi dan 70 persen sisanya dikembalikan ke produsen aplikasi.[2]

Layanan serupa di perangkat lain[sunting | sunting sumber]

Para pesaing Apple juga memiliki tokonya sendiri untuk menjual aplikasi perangkat genggam. Palm Inc. membuat toko aplikasi mirip App Store untuk perangkat Palm[3] dan meluncurkan App Catalog untuk webOS di Palm Pre pada 6 Juni 2009. Platform lain bernama Google Play (sebelumnya Android Market) dibuat untuk sistem operasi Android Google. Pada tahun 2010, Microsoft meluncurkan Windows Phone Store, toko aplikasi untuk platform Windows Phone. Pada Oktober 2012, Windows Store untuk komputer dan tablet Windows 8 dan Windows RT diluncurkan.

Nokia merilis Ovi Store[4] (menggantikan aplikasi "Download!" sebelumnya yang justru mendahului Apple App Store) untuk perangkat genggam berbasis S60 dan S40. Samsung membuat Samsung Apps untuk Bada OS, tetapi dapat diakses di sejumlah perangkat tertentu buatan Samsung. Research in Motion (RIM) juga meluncurkan toko aplikasi BlackBerry App World.[5]

Nintendo DSi bisa terhubung dengan toko daring "DSi Shop". Sony PlayStation Portable (PSP) dan PlayStation Vita juga bisa terhubung dengan PlayStation Store untuk mengakses permainan dan lain-lain. Nintendo 3DS memiliki platform distrbusi aplikasi sendiri bernama Nintendo eShop.

Penghentian[sunting | sunting sumber]

Mulai 28 Juni 2022, iOS ulang tahun ke 15. App Store dihentikan sementara dan Apple menyarankan untuk beralih ke Google Play, untuk menghemat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apple Updates iOS to 6.1". Apple. Diakses tanggal Januari 28, 2013. 
  2. ^ "Analyst: There's a great future in iPhone apps", Venture Beat, June 11, 2008.
  3. ^ "The Palm Software Store has gone mobile". Appstore.pocketgear.com. Januari 31, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-17. Diakses tanggal December 2, 2009. 
  4. ^ "Ovi Store". Store.ovi.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-01. Diakses tanggal December 2, 2009. 
  5. ^ "RIM store crowned BlackBerry App World". CNET. March 4, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-26. Diakses tanggal March 8, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]