Pantai Wedi Ireng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di selatan Kabupaten Banyuwangi. Lokasi pantai berada di Dusun Pancer,Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi.

Pantai ini memiliki batu yang berukuran sangat besar yang menjadi markah tanah dari pantai ini. Biasanya wisatawan menggunakan batu ini untuk tempat mengabadikan gambar. Selain itu, Wisatawan bisa bermain air, berenang ataupun memancing. Pantai ini juga mempunyai beberapa titik terbaik untuk menikmati panorama matahari terbit maupun tenggelam.

Asal Nama[sunting | sunting sumber]

Nama pantai ini diambil dari kata Jawa, "wedi" berarti pasir dan "ireng" berarti hitam. Dinamai demikian karena pasirnya yang hitam, walaupun ada beberapa titik di pantai ini yang pasirnya berwarna putih.[1]

Akses[sunting | sunting sumber]

Pantai ini berjarak sekitar 65 kilometer sebelah selatan pusat kota Banyuwangi. Pantai ini juga sekawasan dengan beberapa pantai lainnya seperti Pulo Merah dan Pantai Mustika.

Akses menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan dengan waktu tempuh 3-4 jam dari Kota Banyuwangi hingga ke Pantai Mustika. Seteah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki bukit atau menaiki kapal nelayan dari Pantai Mustika dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://www.banyuwangibagus.com/2014/08/pantai-wedi-ireng.html PANTAI WEDI IRENG DAN TEKA-TEKI PASIRNYA] diakses 21 Desember 2016 6.37 WIB

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]