Banyuwangi Jazz Festival

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Panggung Banyuwangi Beach Jazz Festival 2013 di Pantai Boom.

Banyuwangi Jazz Festival atau disingkat menjadi BJF adalah event musik jazz yang diselenggarakan oleh Kabupaten Banyuwangi. Acara ini adalah bagian dari Banyuwangi Festival untuk meperingati hari jadi Kabupaten Banyuwangi yang jatuh pada tanggal 18 Desember.

Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 di Gesibu Blambangan. Bintang tamu saat itu adalah Syaharani and Queenfireworks, Rika Roeslan, Monita Tahalea, Reza ‘’The Groove’’, serta kolaborasi Riza Arshad dengan komunitas musik etnik Banyuwangi. Pada saat itu, penonton tidak dikenakan biaya masuk. Penonton tidak membeli tiket namun harus memiliki invitation (undangan) resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten. Invitation ini bisa didapatkan langsung di Kantor Pemkab dengan beberapa syarat serta kuis-kuis yang diadakan oleh beberapa stasiun radio lokal, situs pecinta music jazz, serta kuis-kuis di Twitter. Invitation ini dicetak lebih dari 1.000 lembar untuk memenuhi seat penonton yang disediakan.

Pada tahun berikutnya, acara ini diadakan di Pantai Boom Banyuwangi dengan bintang tamu Trio Lestari yang beranggotakan Glenn Fredly, Sandhy Sondoro dan Tompi. Kali ini untuk dapat menyaksikan konser ini penonton harus membeli tiket. Tiket dibagi tiga kategori yakni, Festival 2, Festival 1 dan VIP. BJF kali ini berkesan bagi warga Banyuwangi karena di tengah-tengah penampilannya Trio Lestari ini menyanyikan lagu daerah Ulan Andung-Andung dan Ayo Kita Ke Banyuwangi, sebuah lagu yang mereka ciptakan dan nyanyikan secara spontan di atas panggung.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]