Pangeran Edward, Earl dari Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Edward
Earl Wessex
Prince Edward February 2015.jpg
Pangeran Edward di Belfast, Februari 2015
Lahir10 Maret 1964 (umur 58)
Istana Buckingham, London
WangsaWindsor (resmi)
Glücksburg (jalur ayah)
Nama lengkap
Edward Antony Richard Louis[1]
AyahPhilip Mountbatten
IbuElizabeth II, Ratu Britania Raya
Pasangan
(m. 1999)
AnakLady Louise Windsor
James, Viscount Severn
AgamaAnglikanisme

Edward Antony Richard Louis KG GCVO (lahir 10 Maret 1964)[2] adalah putra ketiga dan anak bungsu dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Pada saat kelahirannya, ia berada di posisi ketiga dalam garis pewaris takhta dari Kerajaan Britania Raya dan sembilan negara berdaulat independen yang dikenal sebagai alam Persemakmuran. Pada tahun 2017, dia berada di urutan kesembilan pewaris takhta. Sekarang, dia menempati urutan ke-13 pewaris tahta.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran Edward dan Pangeran Andrew bersama orang tua mereka, Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, pada acara pembukaan 1978 Commonwealth Games di Edmonton, Kanada

Edward lahir di Istana Buckingham pada tanggal 10 Maret 1964, putra ketiga dan anak bungsu dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Ia dibaptis pada tanggal 2 Mei 1964 di sebuah kapel pribadi di Kastel Windsor oleh Dean of Windsor, Robert Woods.[3]

Seperti tiga kakaknya, Charles, Anne, dan Andrew, seorang pengasuh ditunjuk untuk menjaga Edward dan bertanggung jawab atas pendidikan awalnya di Istana Buckingham sebelum ia kuliah di Collingham College, Kensington (kemudian dikenal sebagai Gibbs School). Pada September 1972, ia bergabung dengan Heatherdown School, dekat Ascot di Berkshire. Kemudian, seperti yang dilakukan ayah dan kakak laki-lakinya sebelumnya, dia pindah ke Gordonstoun di Skotlandia utara, dan diangkat sebagai kepala sekolah pada masa jabatan terakhirnya. Edward memperoleh nilai C dalam bahasa Inggris dan dua nilai D dalam sejarah dan politik di level A, dan setelah meninggalkan sekolah menghabiskan tahun jeda di luar negeri, bekerja sebagai tutor rumah dan master junior selama dua periode di Wanganui Collegiate School di Selandia Baru.

Sekembalinya ke Inggris, Edward belajar di Jesus College, Cambridge, di mana dia membaca Sejarah. Penerimaannya ke Cambridge meskipun hasil A-Level-nya menyebabkan beberapa kontroversi. Edward lulus pada tahun 1986 dengan gelar BA (kehormatan kelas dua yang lebih rendah).

Karir[sunting | sunting sumber]

Marinir Kerajaan

Setelah meninggalkan universitas pada tahun 1986, Edward bergabung dengan Royal Marines, yang dilaporkan telah mensponsori kuliahnya di Cambridge dengan syarat layanan di masa depan. Dia telah menandatangani untuk bergabung dengan Marinir pada bulan September 1983. Pada bulan Januari 1987, dia keluar dari kursus komando setelah menyelesaikan sepertiga dari pelatihan 12 bulan. Media melaporkan bahwa Pangeran Philip, yang merupakan Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, tidak senang tetapi Pangeran Edward kemudian mengatakan bahwa ayahnya tidak memberikan tekanan yang tidak semestinya padanya untuk berubah pikiran. Yang lain menyatakan bahwa Philip adalah anggota keluarga yang paling simpatik terhadap keputusan putranya. Istana Buckingham mengatakan bahwa keputusan Pangeran Edward datang setelah "banyak pertimbangan" dan bahwa dia pergi dengan sangat menyesal "tetapi telah menyimpulkan bahwa dia tidak ingin menjadikan dinas sebagai karier jangka panjangnya".

Teater dan televisi

Setelah meninggalkan Marinir, Edward memilih karir di bidang hiburan. Dia menugaskan Cricket musik 1986 dari Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice, untuk perayaan ulang tahun ke-60 ibunya, yang menyebabkan tawaran pekerjaan di Perusahaan Teater Benar-Benar Berguna Lloyd Webber, di mana dia bekerja sebagai asisten produksi di musikal seperti The Phantom of the Opera, Starlight Express, dan Cats. Sementara di sana dia bertemu aktris Ruthie Henshall, yang dia kencani selama tiga tahun.

Debut pertama Edward ke dalam produksi televisi adalah program The Grand Knockout Tournament, secara informal dikenal sebagai Ini Royal Knockout, pada 15 Juni 1987, di mana empat tim yang disponsori olehnya, Putri Kerajaan dan Duke dan Duchess of York bersaing untuk amal. Program ini dikritik oleh media dan publik, dan kemudian dilaporkan bahwa Ratu tidak mendukung acara tersebut, dengan para abdi dalemnya telah menyarankan untuk tidak melakukannya. Program ini mengumpulkan lebih dari £1,500,000 untuk amal yang dipilih.

Ardent Productions

Pada tahun 1993, Edward membentuk perusahaan produksi televisi Ardent Productions. Ardent terlibat dalam produksi sejumlah film dokumenter dan drama, tetapi Edward dituduh di media menggunakan koneksi kerajaannya untuk keuntungan finansial, dan perusahaan itu disebut oleh beberapa orang dalam industri sebagai "lelucon sedih" karena dianggap kurangnya profesionalisme dalam operasionalnya. Andy Beckett, menulis di The Guardian, berpendapat bahwa "untuk menonton beberapa lusin jam keluaran siaran Ardent adalah memasuki kerajaan aneh di mana setiap orang di Inggris masih memakai dasi, di mana potongan-potongan kamera dilakukan di jumper kriket, di mana orang-orang menggenggam tangan mereka. tangan di belakang punggung mereka seperti penjaga. Jeda komersial diisi dengan iklan perekrutan tentara".

Ardent Productions diterima dengan lebih baik di Amerika Serikat dan sebuah film dokumenter yang dibuat Edward tentang paman buyutnya, Edward VIII (almarhum Duke of Windsor) pada tahun 1996, terjual dengan baik di seluruh dunia. Meskipun demikian, perusahaan melaporkan kerugian setiap tahun beroperasi, kecuali satu ketika Edward tidak menarik gaji. Seorang kru film yang terdiri dari dua orang kemudian diduga menyerang privasi keponakan Edward, Pangeran William, pada September 2001, ketika dia belajar di Universitas St Andrews, yang bertentangan dengan pedoman industri mengenai privasi anggota keluarga kerajaan; Ayah William (kakak Edward Charles) dilaporkan marah dengan kejadian tersebut. Pada bulan Maret 2002, Edward mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai direktur produksi dan direktur pelaksana bersama Ardent untuk berkonsentrasi pada tugas publiknya dan untuk mendukung Ratu selama tahun Yubileum Emasnya. Ardent Productions secara sukarela dibubarkan pada Juni 2009, dengan aset dikurangi menjadi hanya £40.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Earl dan Countess Wessex di Stockholm, Swedia (2013)

Edward bertemu Sophie Rhys-Jones untuk pertama kalinya pada tahun 1987 ketika dia berkencan dengan temannya. Mereka bertemu lagi di pemotretan promosi untuk Tantangan Musim Panas Pangeran Edward untuk mengumpulkan uang untuk amal pada tahun 1993, dan keduanya memulai hubungan mereka segera setelah itu. Pada bulan Desember 1993 dan di tengah spekulasi yang berkembang tentang apakah mereka berencana untuk menikah, Edward menulis surat kepada editor surat kabar, di mana ia menolak rencana pernikahan dan meminta media untuk menghormati privasi mereka. Edward melamar Sophie pada hari libur di Bahama pada bulan Desember 1998 dan pertunangan mereka diumumkan pada 6 Januari 1999. Edward melamar Sophie dengan sebuah cincin pertunangan Asprey dan Garrard senilai sekitar £105.000: berlian oval dua karat diapit oleh dua hati -batu permata berbentuk set dalam emas putih 18 karat.

Pernikahan mereka berlangsung pada tanggal 19 Juni pada tahun yang sama di Kapel St George di Istana Windsor. Ratu kemudian memberi Pangeran Edward gelar "Earl dari Wessex". Dari pernikahannya ini, ia dikaruniai dua orang anak, yaitu Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn. Edward dan keluarganya berkediaman di Bagshot Park, Surrey.

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Monogram Kerajaan

Sebelum pernikahan Edward pada tahun 1999, komentator kerajaan menduga bahwa mantan bangsawan kerajaan seperti Cambridge atau Sussex mungkin diberikan kepadanya. Sebaliknya, Istana mengumumkan niat bahwa Pangeran Edward pada akhirnya akan diangkat menjadi Adipati Edinburgh, setelah gelar itu dikembalikan ke kerajaan setelah kematian kedua orang tuanya. Gelar tersebut diberikan kepada saudaranya, Charles, ketika ayah mereka meninggal pada April 2021. Pada Juli 2021, The Times melaporkan bahwa Charles telah memutuskan untuk tidak memberikan gelar kepada saudaranya setelah aksesi, meskipun Clarence House menyatakan bahwa "semua ini bersifat spekulasi, tidak ada keputusan akhir yang diambil" dan menolak berkomentar lebih lanjut. Ketika kakak laki-lakinya menjadi Charles III, pada tahun 2022 kematian ibu mereka, Elizabeth II, gelar Adipati Edinburgh "bergabung di Mahkota", dan tidak ada lagi.

  • 10 Maret 1964 - 19 Juni 1999 : Yang Mulia Pangeran Edward
  • 19 Juni 1999 - sekarang : Yang Mulia Earl dari Wessex
    • di Skotlandia : 10 Maret 2019 - sekarang: Yang Mulia Earl dari Forfar
Earl di prosesi Order of the Garter, 2006

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebagai penyandang gelar istana, Edward tidak memiliki marga. Namun jika dibutuhkan, marganya adalah "Mountbatten-Windsor"(meski sebelumnya Edward menggunakan Windsor dan Wessex).
  2. ^ "The Royal Family > Members of the Royal Family > TRH The Earl and Countess of Wessex". Buckingham Palace. Diakses tanggal 19 March 2008. 
  3. ^ "Prince Edward, Earl of Wessex". The House Of Windsor. English Monarchs. Diakses tanggal 7 January 2009. He was baptised on 2 May 1964 at the private chapel at Windsor Castle by the Dean of Windsor and was given the names Edward Anthony Richard Louis. 
  4. ^ a b c "Queen Elizabeth II Platinum Jubilee 2022 - National Service Of Thanksgiving". Getty Images. 3 June 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2022. Diakses tanggal 4 June 2022. 
  5. ^ Government of Saskatchewan (11 May 2005). Prince Edward Awarded Saskatchewan Order of Merit. Siaran pers. Diarsipkan 2008-10-07 di Wayback Machine.
  6. ^ Official website of the Royal Family (23 April 2006). Appointments to the Order of the Garter 2006. Siaran pers.  "The Queen has also been graciously pleased to appoint His Royal Highness The Earl of Wessex, KCVO, to be a Royal Knight Companion of the Most Noble Order of the Garter."
  7. ^ "No. 59724". The London Gazette. 11 March 2011. hlm. 4555. 
  8. ^ "No. 56951". The London Gazette. 2 June 2003. hlm. 6753. 
  9. ^ "No. 51673". The London Gazette. 14 March 1989. hlm. 3193. 
  10. ^ Medal Yearbook 2021. Honiton, Devon: Token Publishing. 2021. hlm. 295. ISBN 978-1-908828-53-8. 
  11. ^ "Honours & recognition for the men and women of the Canadian Forces 2015" (PDF), Department of National Defence, hlm. 28, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 7 May 2016, diakses tanggal 25 April 2016 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]