Earl Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Earldom of Wessex
Earl Wessex
Lambang Earl dari Wessex
Dibentuk pada19 Juni 1999[1]
PembentukanKedua
Dibentuk olehElizabeth II
KebangsawananKebangsawanan Britania Raya
Pemegang pertamaGodwin dari Wessex
Pemegang terkiniPangeran Edward, Adipati Edinburgh
Pewaris takhtaJames, Earl dari Wessex[a]
Gelar lainViscount Severn[1]
StatusMasih ada
KedudukanBagshot Park

Earl Wessex adalah gelar yang telah dibuat dua kali dalam sejarah Britania – sekali pada masa pra-Penaklukan Anglo-Saxon bangsawan Inggris, dan sekali pada Kebangsawanan Britania Raya. Pada abad ke-6 M, wilayah Wessex (tanah Saxon Barat), di selatan dan barat daya Inggris saat ini, menjadi salah satu kerajaan Anglo-Saxon (salah satu komponen yang disebut Heptarchy); pada abad kesepuluh meningkatnya kekuatan Kerajaan Saxon Barat menyebabkan Kerajaan Inggris bersatu.

Penciptaan pertama (c. 1019)[sunting | sunting sumber]

Wessex adalah salah satu dari empat earldom Inggris Anglo-Denmark.[2] Pada periode ini, earldom Wessex menutupi tanah kerajaan lama Wessex, meliputi kabupaten di selatan Inggris, dan meluas ke barat hingga perbatasan Welsh.

Selama masa pemerintahan Raja Cnut, jabatan earl dianugerahkan kepada Godwin beberapa saat setelah tahun 1020.[3] Setelah itu, Godwin bangkit menjadi, pada masa Raja Edward, orang paling berkuasa di kerajaan. Setelah kematian Godwin pada tahun 1053, jabatan earl diwariskan kepada putranya, yang kemudian menjadi Raja Harold II dan meninggal di Pertempuran Hastings pada tahun 1066.

Nama Potret Kelahiran Pernikahan Kematian
Godwin, Earl dari Wessex
Wangsa Godwin
juga: Earl dari Kent (1020)
Lahir mungkin di
Sussex, Ayah Godwin mungkin adalah Wulfnoth Cild, yang merupakan thegn dari Sussex
Gytha Thorkelsdóttir
c. 997
11 anak
15 April 1053
Winchester, Hampshire, Inggris
Usia tidak diketahui
Harold Godwinson
wangsa Godwin
juga: Earl Anglia Timur (1052);
Raja Inggris (1066)
c. 1022
Putra Godwin dari Wessex
dan Gytha Thorkelsdóttir
(1) Edith Swannesha
5 anak
(2) Ealdgyth
c. 1064
2 anak
14 Oktober 1066
Hastings
Wafat pada Perang Hastings
berusia sekitar 44
Setelah kematian Godwin, earldom diberikan kepada putranya, yang kemudian menjadi Raja Harold II dan meninggal di Perang Hastings pada tahun 1066; gelar tersebut punah pada saat kematiannya.

Penciptaan kedua (1999)[sunting | sunting sumber]

Earl dari Wessex saat ini juga Adipati Edinburgh, Earl dari Forfar, dan Viscount Severn. Gelar Earl of Wessex ini saat ini digunakan sebagai gelar kesopanan oleh putra Duke dan pewaris tahta earldom Wessex dan Forfar, James Mountbatten-Windsor.

Pada tahun 1999, putra bungsu Ratu Elizabeth II, Pangeran Edward, menikah dengan Sophie Rhys-Jones. Anak laki-laki raja yang lebih muda biasanya diberikan pangkat seorang duke pada saat pernikahan mereka, dan para ahli telah menyarankan mantan pangkat seorang duke kerajaan Cambridge dan Sussex sebagai yang paling mungkin diberikan kepada Pangeran Edward. Sebaliknya, Istana mengumumkan bahwa Pangeran Edward pada akhirnya akan diberi gelar Adipati Edinburgh, yang pada saat itu dipegang oleh ayahnya. Ini tidak terjadi melalui warisan langsung, karena Pangeran Edward adalah anak bungsu dari tiga putra Pangeran Philip. Gelar Adipati Edinburgh baru dibuat untuk Pangeran Edward pada 10 Maret 2023, setelah dikembalikan ke Kerajaan menyusul "kematian Adipati Edinburgh pertama,[b] dan suksesi Adipati Charles III kedua meminta."[4] Atas pengangkatannya sebagai Adipati Edinburgh pada 10 Maret 2023, putra Edward, James, diberi gelar kesopanan Earl dari Wessex karena itu sekarang menjadi gelar anak perusahaan paling senior ayahnya.[5][6]

Pada kesempatan pernikahannya, sesuai dengan tradisi putra raja yang menerima gelar setelah menikah, tetapi mempertahankan pangkat adipati untuk masa depan, Pangeran Edward menjadi pangeran Inggris pertama dalam berabad-abad yang secara khusus diangkat menjadi earl, bukan seorang adipati. Istrinya Sophie menjadi The Countess of Wessex. Surat kabar Sunday Telegraph melaporkan bahwa dia tertarik pada gelar bersejarah Earl of Wessex setelah menonton film tahun 1998 Shakespeare in Love, di mana karakter berjudul 'Lord Wessex' diperankan oleh Colin Firth.[7]


Nama Potret Kelahiran Pernikahan Kematian
Pangeran Edward
Wangsa Windsor
1999–sekarang
also: Adipati Edinburgh (2023), Earl dari Forfar (2019), Viscount Severn (1999)
Prince Edward 10 March 1964
Istana Buckingham, London
son of Ratu Elizabeth II and Pangeran Philip
19 Juni 1999
Sophie Rhys-Jones
2 anak
Hidup
(sekarang 60 tahun, 35 hari tua)

Garis suksesi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James digayakan dengan gelar kesopanan Earl dari Wessex karena itu adalah gelar anak perusahaan paling senior ayahnya.
  2. ^ This took place in 2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "No. 55536". The London Gazette. 28 Juni 1999. hlm. 7011. 
  2. ^ Anglo-Saxon Chronicle, 1007: "In this year also was Edric appointed alderman over all the kingdom of the Mercians.", 1017: "This year also was Alderman Edric slain at London".
  3. ^ Emma Mason.
  4. ^ Whitaker's Almanack 2010, page 46 'Peers of the Blood Royal'
  5. ^ "Prince Edward given Duke of Edinburgh title previously held by his father Prince Philip". Sky News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-10. 
  6. ^ Davies, Caroline (2023-03-10). "King Charles gives Prince Edward 'Duke of Edinburgh' title". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2023-03-10. 
  7. ^ Richard Eden (12 December 2010). "Royal wedding: Prince William asks the Queen not to make him a duke". The Telegraph. Diakses tanggal 12 December 2010.