Godwin dari Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Godwin dari Wessex
Berkuasa 1020–1053
Lahir 1001
mungkin Sussex[1]
Mangkat 15 April 1053
Winchester, Hampshire, Inggris
Wangsa Wangsa Godwin (pendiri)
Ayah Wulfnoth Cild
Pasangan Gytha Thorkelsdóttir
Anak
Sweyn, Earl Herefordshire
Harold, Raja Inggris
Tostig, Earl Northumbria
Edith, Ratu Inggris
Gyrth, Earl Anglia Timur
Leofwine, Earl Kent
Wulfnoth
Alfgar
Edgiva
Elgiva
Gunhilda

Godwin dari Wessex (bahasa Inggris Lama: Godƿin; 1001 – 15 April 1053) merupakan salah satu earl paling kuat di Inggris di bawah raja Denmark, Knut yang Agung dan penerusnya. Knut membuatnya sebagai Earl Wessex pertama. Godwin adalah ayahanda Raja Harold Godwinson dan Edith dari Wessex, istri Raja Edward sang Pengaku.

Mulai berkuasa[sunting | sunting sumber]

Ayahanda Godwin mungkin adalah Wulfnoth Cild, yang merupakan seorang thegn dari Sussex. Asal usulnya tidak diketahui, tapi 'Cild' biasanya mengacu pada seorang pria berpangkat. Pada tahun 1009 Wulfnoth dituduh melakukan kejahatan yang tidak diketahui di kerahkan dari armada Æthelred II dan melarikan diri dengan dua puluh kapal; kapal yang dikirim untuk mengejar dia hancur dalam badai. Godwin mungkin adalah pemeluk putra sulung Æthelred, Æthelstan, yang meninggalkannya sebagai warisan ketika dia meninggal pada tahun 1014. Wilayah ini di Compton, Sussex, dulunya adalah milik ayahanda Godwin. Meskipun sekarang dia selalu dianggap terhubung dengan Wessex, Godwin mungkin telah diangkat di Sussex, bukan Wessex[2] dan mungkin penduduk asli Sussex.[1]

Setelah Knut merebut takhta pada tahun 1016, Godwin dengan cepat berkuasa. Pada tahun 1018 dia adalah seorang earl, mungkin dari Wessex timur, dan kemudian pada sekitar tahun 1020 di semua Wessex.[3] Pada sekitar tahun 1019 dan 1023 ia menemani Knut dalam sebuah ekspedisi ke Denmark, di mana ia membedakan dirinya, dan tak lama kemudian menikahi Gytha, saudari earl Denmark, Ulf, yang menikahi saudari Knut, Estrid.[4]

Tingkat kekuasaan: dukungan dari Harold[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 12 November 1035, Knut meninggal. Kerajaan-kerajaannya terbagi di antara tiga penguasa saingan. Harold I, putra tidak sah Knut dengan Ælfgifu dari Northampton, merebut takhta kerajaan Inggris. Hardeknud, putra sah Knut dengan Emma dari Normandie, bertakhta di Denmark. Norwegia memberontak di bawah Magnus Olafsson. Pada tahun 1035, takhta Inggris dilaporkan dituntut oleh Alfred Ætheling, putra yang lebih muda Emma dari Normandie dan Æthelred II, dan saudara tiri Hardeknud. Godwin dilaporkan telah berhasil menangkap Alfred sendiri atau telah menipunya dengan berpura-pura menjadi sekutunya dan kemudian menyerahkannya kepada pasukan Harold I. Baik Alfred dibutakan dan segera meninggal di Ely.

Pada tahun 1040, Harold I meninggal dan Godwin mendukung aksesi saudara tirinya Hardeknud ke takhta Inggris. Ketika Hardeknud sendiri meninggal pada tahun 1042 Godwin mendukung hak waris putra terakhir Æthelred yang selamat, takhta Edward sang Pengaku. Edward menghabiskan sebagian besar dari tiga puluh tahun sebelumnya Normandia. Pemerintahannya mengembalikan wangsa kerajaan pribumi Wessex ke takhta Inggris.

Kemudian konflik, kemerosotan, dan kematian[sunting | sunting sumber]

Meski diduga bertanggung jawab atas meninggalnya kakak Edward, Alfred,[5] Godwin mengamankan pernikahan putrinya Edith (Eadgyth) dengan Edward pada tahun 1045.[6] Saat Edward menarik penasihat, bangsawan dan imam dari bekas tempat perlindungannya untuk mengembangkan basis kekuatannya sendiri, Godwin segera menjadi pemimpin oposisi untuk menumbuhkan pengaruh Norman. Setelah terjadi bentrokan sengit antara orang-orang Dover dan kunjungan Eustace II, Comte Boulogne, saudara ipar Edward, Godwin diperintahkan untuk menghukum orang-orang Dover (seperti dia dan Leofric, Earl Mercia lakukan di Worcester, di wilayah earl Leofric sendiri). Kali ini, bagaimanapun, Godwin menolak, memilih untuk memperjuangkan bangsanya sendiri melawan (kunjungan) penguasa asing dan rajanya sendiri. Edward melihat ini sebagai ujian kekuatan, dan berhasil mendapatkan dukungan Siward, Earl Northumbria dan Earl Leofric. Godwin dan putra-putranya diasingkan dari kerajaan pada bulan September 1051. Godwin, bersama dengan istrinya Gytha dan putra-putra Sweyn, Tostig dan Gyrth mencari perlindungan di Flandria, sementara putra-putranya Leofwine dan Harold melarikan diri ke Dublin, di mana mereka mendapatkan tempat penampungan dan bantuan dari Diarmait mac Máel na mBó, Raja Leinster. Mereka semua kembali ke Inggris pada tahun berikutnya dengan angkatan bersenjata, mendapatkan dukungan dari angkatan laut, penghuni kota, dan petani, sehingga meyakinkan Edward untuk memulihkan wilayah earlnya. Namun ini merupakan preseden yang harus diikuti oleh saingan earl beberapa tahun kemudian, dan kemudian oleh putra Godwin sendiri, Tostig, pada tahun 1066.

Pada tanggal 15 April 1053 Godwin meninggal tiba-tiba, setelah ambruk saat perjamuan kerajaan di Winchester. Menurut salah satu catatan yang penuh warna oleh penulis abad ke-12 Aelred dari Rievaulx, Godwin mencoba untuk melepaskan tanggung jawab atas kematian Alfred Ætheling dengan kalimat "Semoga kerak ini yang saya pegang di tangan saya melewati tenggorokan saya dan membiarkan saya terluka untuk menunjukkan bahwa saya bersalah atas pengkhianatan terhadap Anda, dan bahwa saya tidak bersalah atas kematian saudara laki-laki Anda!". Dia menelan kerak, tapi tenggorokannya tersumbat dan membunuhnya.[7] Namun, ini nampak tidak lebih dari propaganda Norman, catatan kontemporer menunjukkan bahwa dia baru saja menderita penyakit mendadak, mungkin terkena stroke. Menurut versi Abingdon Kronik Anglo-Sachsen, pada tahun 1053: "Pada hari Senin Paskah, saat dia duduk makan bersama raja, dia tiba-tiba terpaku ke arah tumpuan kaki tanpa pidato, dan kehilangan semua kekuatannya. Kemudian dia dibawa ke ruang pribadi raja dan mereka pikir akan segera berangkat. Tapi ternyata tidak begitu. Sebaliknya, dia terus seperti ini tanpa sepengetahuan atau kekuatan sampai hari Kamis, dan kemudian meninggalkan kehidupan ini."[8]

Putranya Harold menggantikannya sebagai Earl of Wessex, sebuah wilayah yang kemudian menjangkau kira-kira sepertiga bagian selatan Inggris. Dengan meninggalnya Earl Siward (1055) dan kemudian Earl Ælfgar (1062), anak-anak dari Godwin siap untuk mengasumsikan kontrol tunggal. Tostig dibantu ke dalam wilayah earl di Northumbria, sehingga menguasai utara. Earl Mercia dikesampingkan, terutama setelah Harold dan Tostig memecahkan aliansi Welsh-Mercian pada tahun 1063. Harold kemudian menggantikan Edward sang Pengaku dan menjadi Raja Inggris dengan haknya sendiri pada tahun 1066. Pada titik ini, kedua saudara Harold yang tersisa di Inggris memperoleh hak mereka sendiri, Harold adalah raja dan mengendalikan Wessex, dan dia menikahi saudari Earl Edwin dari Mercia dan Morcar, Earl Northumbria (yang menggantikan Tostig). Keluarga Godwin tampaknya akan meresmikan sebuah kerajaan baru, namun Harold digulingkan dan dibunuh di Penaklukan Norman.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

  • Sweyn Godwinson, Earl Herefordshire (skt. 1021 – 29 September 1052)
  • Harold II dari Inggris (skt. 1022 – 14 Oktober 1066)
  • Tostig Godwinson, Earl Northumbria (skt. 1026 – 25 September 1066)
  • Edith dari Wessex, (skt. 1026 – 18 Desember 1075), permaisuri Edward sang Pengaku
  • Gyrth Godwinson, Earl Anglia Timur (skt. 1032 – 14 Oktober 1066)
  • Leofwine Godwinson, Earl Kent (skt. 1035 – 14 Oktober 1066)
  • Wulfnoth Godwinson (skt. 1040 – † set. 1087)
  • Alfgar, mungkin seorang biarawan di Reims
  • Edgiva
  • Elgiva († skt. 1066)
  • Gunhilda, seorang biarawati († 24 September 1087)[9]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Terkadang dinyatakan bahwa Goodwin Sands di lepas pantai Deal di Kent berutang nama mereka kepada Earl Godwin; bahwa mereka pernah menjadi pulau yang dimiliki olehnya, namun laut tersebut telah membasuh pulau itu pada tahun 1097. Namun, tidak ada pulau seperti itu yang disebutkan dalam Domesday Book, yang disusun pada tahun 1085-86, juga tidak ada bukti geologis untuk keberadaannya,[10] dan Goodwin telah dijelaskan sebagai nama ironis untuk kawanan berbahaya, berasal dari bahasa Inggris kuno untuk "teman baik".[11]

Godwin telah digambarkan oleh Torin Thatcher dalam film Lady Godiva dari Coventry (1955), oleh Norman Rodway di serial TV BBC Churchill's People (1974-75), dan oleh Bill Wallis dalam sebuah episode dari serial TV pendidikan Inggris Historyonics berjudul "1066" (2004). Godwin juga merupakan karakter utama novel Justin Hill, Shieldwall (2011).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wikisource-logo.svg
  2. ^ Bibbs, Hugh (1999). "The Rise of Godwine Earl of Wessex". Diakses tanggal 17 January 2013. 
  3. ^ Ann Williams, Godwine, Oxford Online Dictionary of National Biography, 2004
  4. ^ Pauline Stafford, 'Edith, Edward's Wife and Queen', in Richard Mortimer ed., Edward the Confessor: The Man and the Legend, The Boydell Press, 2009, p. 121
  5. ^ Weir, Alison (1996) Britain's Royal Families: The Complete Genealogy. London: Random House. ISBN 0-7126-7448-9, p. 24
  6. ^ Weir, p. 33
  7. ^ Douglas, David C. (1990) William the Conqueror: The Norman Impact Upon England London: Methuen. ISBN 0-413-24320-6, pp. 412-413.
  8. ^ Douglas, David C. (1990) William the Conqueror: The Norman Impact Upon England London: Methuen. ISBN 0-413-24320-6, p. 412.
  9. ^ Weir, pp. 34–36
  10. ^ Lloyd, J. (14 August 2016). "The Lost Island of Lomea". The Rural Voice. Diakses tanggal 20 September 2016. 
  11. ^ Ekwall, Eilert (1960). The Concise Oxford Dictionary of English Place-Names (edisi ke-4th). Oxford: Oxford University Press. hlm. 201. ISBN 0198691033. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Mason, Emma. Rumah Godwine: Sejarah Dinasti. Hambledon Press, 2003.
  • Stenton, F. M. Anglo-Saxon Inggris (Oxford History of England), 2001.
  • Thorne, J. O. dan Collocott, T. C. Chambers Kamus Biografi, Edisi Revisi. (Edinburgh: Chambers, 1984) ISBN 0-550-16010-8
  • Walker, Ian. Harold: The Last Anglo-Saxon Raja, 1997.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]