Parlemen Barbados

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parlemen Barbados
Jenis
Jenis
MajelisSenat
DPR
Pimpinan
Presiden Senat
Reginald Farley, BLP
sejak 2020
Ketua DPR
Arthur Holder, BLP
sejak 5 Juni 2018
Mia Mottley, BLP
sejak 25 Mei 2018
Pemimpin Oposisi
Ralph Thorne, DLP
sejak 12 Februari 2024
Komposisi
AnggotaSenat: 21
DPR: 30
Partai & kursi Senat
Pemerintah
  •   BLP (12)

Oposisi

Kursi DPR
Pemerintah

Oposisi

Pemilihan
Sistem pemilihan Senat
Ditunjuk oleh Presiden
Sistem pemilihan DPR
Pemenang undi terbanyak
Pemilihan terakhir DPR
19 Januari 2022
Tempat bersidang
Bridgetown, Barbados
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Parlemen Barbados adalah badan legislatif nasional Barbados. Hal ini diberikan supremasi legislatif oleh Bab V Konstitusi Barbados.[1] Parlemen berkomposisi bikameral[2] dan secara resmi terdiri dari dua majelis, Senat (majelis tinggi) yang ditunjuk dan Dewan Perwakilan Rakyat (majelis rendah) yang dipilih, serta Presiden Barbados yang dipilih secara tidak langsung oleh keduanya.[1][3] Kedua majelis tersebut berada di ruang terpisah di Gedung Parlemen (umumnya dikenal sebagai "Gedung Umum"), di ibu kota negara Bridgetown di Saint Michael.

Senat terdiri dari dua puluh satu Senator,[4] sedangkan DPR terdiri dari tiga puluh anggota selain Ketua DPR. Anggota yang bertugas di Kabinet Barbados dapat dipilih oleh Perdana Menteri dari DPR atau Senat,[5] (Perdana Menteri sendiri yang harus dipilih oleh Presiden harus berasal dari DPR).[6]

Secara teori, kekuasaan legislatif tertinggi dipegang oleh ketiga komponen tersebut secara setara; dalam praktiknya di zaman modern, kekuasaan sebenarnya dipegang oleh DPR, karena Presiden pada umumnya bertindak atas saran Perdana Menteri dan kekuasaan Senat dibatasi.[7]

Parlemen Barbados pada awalnya berpola Parlemen Inggris,[8] sehingga struktur, fungsi, dan prosedur parlemen didasarkan pada sistem pemerintahan Westminster.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Constitution, Chapter V, Part 1; Section 35
  2. ^ "Legislative Chambers: Unicameral or Bicameral?". Democratic Governance. United Nations Development Programme. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 April 2010. Diakses tanggal 2 June 2010. 
  3. ^ Parliament of Barbados
  4. ^ ConstitutionChapter V; Section 35
  5. ^ Constitution, Chapter VI, Part 3; Section 65(2)
  6. ^ Constitution, Chapter VI, Part 2; Section 65(1)
  7. ^ "Queen in Parliament". The Monarchy Today: Queen and State. The Barbadian Monarchy. Diakses tanggal 2 June 2010. 
  8. ^ Gragg, Larry Dale (2003). Englishmen transplanted: the English colonization of Barbados, 1627–1660. Oxford University Press. ISBN 0-19-925389-7. Diakses tanggal 6 February 2011. The English settlers on Barbados consciously sought to replicate the ways of their homeland, to make their Caribbean colony truly English.