Senat Barbados

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Senat Barbados
Jenis
Jenis
Pimpinan
Presiden Senat
Reginald Farley, BLP
sejak 15 September 2020
Wakil Presiden
H. Elizabeth Thompson, BLP
sejak 4 Februari 2022
Pemimpin Pemerintah
Lisa Cummins, BLP
Komposisi
Anggota21
Partai & kursi
Pemerintah
  •   BLP (12)

Oposisi

Pemilihan
Ditunjuk oleh Presiden
Tempat bersidang
Ruang sidang Senat
Kamar Senat Barbados
Bridgetown, St. Michael, Barbados
Situs web
The Senate
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Senat Barbados adalah majelis tinggi Parlemen bikameral Barbados. Senat diberikan legitimasi berdasarkan Bab V Konstitusi Barbados.[1] Senat didirikan pada tahun 1964 untuk menggantikan badan sebelumnya yang dikenal sebagai Dewan Legislatif. Selain membuat dan meninjau undang-undang Barbados, Senat umumnya meninjau undang-undang yang disetujui yang berasal dari DPR (majelis rendah). Salah satu kendala utama Senat adalah tidak dapat membuat rancangan undang-undang yang berkaitan dengan moneter atau anggaran.

Senator ditunjuk oleh Presiden Barbados. Menurut Konstitusi Barbados, 7 orang dipilih atas kebijakan Presiden, 12 orang atas saran Perdana Menteri dan 2 orang atas saran Pemimpin Oposisi.[2] Dengan tidak adanya pemimpin oposisi, presiden menunjuk 2 senator tambahan sehingga jumlah total senator independen menjadi 9.[3] Senat bersidang selama 20 hingga 25 hari dalam setahun. Masa jabatan Senat dan DPR adalah lima tahun;[4] kedua majelis dibubarkan sebelum setiap pemilihan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Constitution, Chapter V, Part 1; Section 35
  2. ^ "The Senate". The Parliament. Parliament of Barbados. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 July 2010. Diakses tanggal 2 June 2010. 
  3. ^ "New Senators vow to be 'independent'". nationnews.com (dalam bahasa Inggris). 2022-04-08. Diakses tanggal 2022-04-09. 
  4. ^ "The House of Assembly". The Parliament. Parliament of Barbados. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 January 2010. Diakses tanggal 2 June 2010.