George IV dari Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
George IV
Portret oleh Thomas Lawrence, 1822.
Raja Britania Raya dan Irlandia
Raja Hannover
Berkuasa29 Januari 1820 – 26 Juni 1830
Penobatan19 Juli 1821
PendahuluGeorge III dari Britania Raya
PenerusWilliam IV
Perdana Menteri
Informasi pribadi
Kelahiran(1762-08-12)12 Agustus 1762
Istana St James, London
Kematian26 Juni 1830(1830-06-26) (umur 67)
Kastel Windsor, Berkshire
Pemakaman15 Juli 1830
Kapel St George
WangsaHannover
Nama lengkap
George Augustus Frederick
AyahGeorge III dari Britania Raya
IbuCharlotte,
Permaisuri Britania Raya
PasanganCaroline dari Brunswick
AnakPutri Charlotte dari Wales
Tanda tanganGeorge IV

George IV (George Augustus Frederick; 12 Agustus 1762 – 26 Juni 1830) adalah Raja Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia dan juga Hanover sejak kematian ayahnya George III, pada tanggal 29 Januari 1820 hingga kematiannya sepuluh tahun kemudian. Dari tahun 1811 sampai penobatannya, ia menjabat sebagai Pangeran Wali selama penyakit mental ayahnya kambuh.

George IV memimpin gaya hidup mewah yang memberikan kontribusi untuk mode pada masa Perwalian Britania. Dia adalah seorang pelindung dari bentuk-bentuk baru liburan, gaya dan rasa. Dia menugaskan John Nash untuk membangun Royal Pavilion di Brighton dan merombak Istana Buckingham, dan Sir Jeffry Wyatville untuk membangun kembali Kastel Windsor. Dia berperan penting dalam membangun fondasi dari Galeri Nasional, London dan King's College London.

Dia memiliki hubungan yang buruk baik dengan ayah dan istrinya, Caroline Brunswick, dan ia bahkan melarang untuk menghadiri penobatannya.

Pemerintahan George ternodai oleh skandal dan pemborosan keuangannya. Para menterinya menganggap perilakunya egois, tidak dapat diandalkan, dan tidak bertanggung jawab, dan dia sangat dipengaruhi oleh kegemarannya. Selama sebagian besar masa pemerintahan George, Lord Liverpool mengendalikan pemerintahan sebagai Perdana Menteri Britania Raya. Pemerintah Liverpool memimpin kemenangan terakhir Inggris atas Napoleon dan menegosiasikan penyelesaian damai dengan Prancis. Setelah Liverpool pensiun, George IV terpaksa menerima emansipasi Katolik meski menentangnya. Anak sah satu-satunya, Putri Charlotte, meninggal lebih dulu pada tahun 1817, begitu pula adik laki-lakinya Pangeran Frederick yang meninggal tanpa memiliki anak pada tahun 1827, sehingga ia digantikan oleh adik laki-laki lainnya, William IV.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

George lahir di Istana St James, London, pada 12 Agustus 1762, anak pertama dari Raja George III dan Charlotte dari Mecklenburg-Strelitz. Sebagai putra sulung penguasa Inggris, dia secara otomatis diangkat menjadi Adipati Cornwall dan Adipati Rothesay saat lahir; lalu diangkat menjadi Pangeran Wales dan Earl of Chester beberapa hari kemudian. Pada tanggal 18 September tahun yang sama, dia dibaptis oleh Thomas Secker, Uskup Agung Canterbury. Orang tua baptisnya adalah paman dari pihak ibu, yaitu Adolphus Frederick IV, Adipati Mecklenburg-Strelitz (diwakilkan oleh Lord Chamberlain, William Cavendish, Adipati Devonshire ke-4); paman dari pihak ayah, yaitu Pangeran William, Adipati Cumberland; dan neneknya Putri Augusta, Janda Putri Wales. George adalah siswa yang berbakat, dan ia dengan cepat dapat belajar berbicara bahasa Prancis, Jerman, dan Italia, selain bahasa Inggris.

Pada usia 18 tahun, Pangeran George diberikan tempat tinggal yang terpisah. Namun, ia sangat berbeda dengan ayahnya yang biasa-biasa saja dan bebas skandal, Pangeran George menceburkan diri ke dalam kehidupan yang boros dan liar yang melibatkan minuman keras dan banyak simpanan wanita serta perbuatan yang berani. Dia adalah seorang pembicara yang cerdas, baik dalam kondisi mabuk atau sadar, dan menunjukkan selera yang bagus, tetapi terlalu mahal, dalam mendekorasi istananya. George berusia 21 tahun pada tahun 1783, dan memperoleh hibah sebesar £60.000 (setara dengan £7.685.000 hari ini) dari Parlemen dan pendapatan tahunan sebesar £50.000 (setara dengan £6.404.000 hari ini) dari ayahnya. Itu tentu terlalu sedikit untuk kebutuhannya – istalnya saja menghabiskan biaya £31.000 dalam setahun. Dia kemudian mendirikan tempat tinggalnya di Carlton House, di mana dia menjalani kehidupan yang boros. Permusuhan pun mulai berkembang antara pangeran dan ayahnya, yang menginginkan perilaku yang lebih hemat di pihak pewaris. Sang Raja, seorang konservatif politik, juga dijauhkan dari kepatuhan sang pangeran serta Charles James Fox dan politisi lain yang cenderung radikal.

Saat dia mencapai usia 21 tahun, sang pangeran menjadi tergila-gila dengan Maria Fitzherbert. Maria adalah orang biasa (meskipun cucu dari seorang baronet), enam tahun lebih tua darinya, dua kali menjanda, dan seorang Katolik Roma. Namun demikian, sang pangeran bertekad untuk menikahinya. Ini tentu melanggar hukum dari Act of Settlement 1701, yang melarang pasangan seorang Katolik untuk naik takhta, dan Royal Marriages Act 1772, yang melarang pernikahannya tanpa persetujuan Raja.

Miniatur potret oleh Richard Cosway, c. 1780–82

Meskipun demikian, pasangan itu melangsungkan upacara pernikahan pada 15 Desember 1785 di rumah Fitzherbert yang berada di Park Street, Mayfair. Secara hukum Negara itu tidak sah, karena tidak adanya persetujuan dari Raja. Namun, Fitzherbert percaya bahwa dia adalah istri kanonis dan sejati sang pangeran, dan menganggap hukum Gereja lebih tinggi dari hukum Negara. Untuk alasan politik, hubungan mereka tetap dirahasiakan dan Fitzherbert berjanji untuk tidak mengungkapkannya.

Pangeran George terjerat hutang karena gaya hidupnya yang selangit. Ayahnya menolak untuk membantunya, memaksanya keluar dari Carlton House dan tinggal di kediaman Fitzherbert. Pada 1787, sekutu politik pangeran mengusulkan untuk meringankan utangnya dengan hibah parlemen. Hubungan George dengan Fitzherbert dicurigai, dan pengungkapan pernikahan ilegal akan membuat skandal negara dan menghancurkan proposal parlemen untuk membantunya. Bertindak atas otoritas Pangeran George, pemimpin Whig, Charles James Fox menyatakan bahwa cerita itu adalah fitnah. Fitzherbert tidak senang dengan penolakan publik atas pernikahan tersebut dengan istilah yang begitu keras dan mempertimbangkan untuk memutuskan hubungannya dengan George. Dia menenangkannya dengan meminta anggota Whig lain, Richard Brinsley Sheridan, untuk menyatakan kembali pernyataan tegas Fox dengan kata-kata yang lebih hati-hati. Sementara itu, Parlemen memberikan sang pangeran £161.000 (setara dengan £21.765.000 hari ini) untuk membayar utangnya dan £60.000 (setara dengan £8.111.000 hari ini) untuk perbaikan Carlton House.

Kehidupan pernikahan dan simpanannya[sunting | sunting sumber]

Hutang Pangeran George terus bertambah, dan ayahnya menolak untuk membantunya kecuali dia menikah dengan sepupunya Putri Caroline dari Brunswick. Pada 1795, sang pangeran setuju untuk menikah dengannya, dan mereka akhirnya menikah pada 8 April 1795 di Kapel Kerajaan, Istana St James. Namun, pernikahan itu membawa malapetaka; masing-masing pihak tidak cocok dengan satu sama lain. Keduanya secara resmi berpisah setelah kelahiran anak tunggal mereka, Putri Charlotte, pada tahun 1796, dan tetap terpisah setelahnya. George tetap dekat dengan Maria Fitzherbert selama sisa hidupnya, meskipun beberapa kali mengalami keterasingan.

Nyonya George termasuk Mary Robinson, seorang aktris yang dia bayar untuk meninggalkan pekerjaannya; Grace Elliott, mantan istri dari seorang dokter; dan Frances Villiers, Countess of Jersey, yang mendominasi hidupnya selama beberapa tahun. Di kemudian hari, gundiknya adalah Marchioness of Hertford dan Marchioness Conyngham.

George dikabarkan telah menjadi ayah dari beberapa anak tidak sah. James Ord (lahir 1786)—yang pindah ke Amerika Serikat dan menjadi pendeta Jesuit—dilaporkan sebagai putranya dengan Fitzherbert. Di akhir hidupnya, George memberi tahu seorang teman bahwa dia memiliki seorang putra yang merupakan seorang perwira angkatan laut di Hindia Barat, yang identitasnya untuk sementara ditetapkan sebagai Kapten Henry A.F. Hervey (1786–1824), dilaporkan sebagai anak George dengan penulis lagu Lady Anne Lindsay, putri James Lindsay, Earl Balcarres ke-5. Anak-anak lain yang dilaporkan termasuk Mayor George Seymour Crole, putra dari seorang putri manajer teater Eliza Crole; William Hampshire, putra dari seorang putri pemungut cukai Sarah Brown; dan Charles "Beau" Candy, putra dari seorang wanita Prancis. Anthony Camp, Direktur Riset di Society of Genealogists, menolak klaim bahwa George IV adalah ayah dari Ord, Hervey, Hampshire dan Candy dan dianggap sebagai fiktif.

Masalah utang George, yang jumlahnya luar biasa sebesar £630.000 pada tahun 1795 (setara dengan £69.246.000 hari ini), dilunaskan (setidaknya untuk sementara) oleh Parlemen. Karena tidak mau memberikan hibah langsung untuk melunasi hutang ini, itu memberinya tambahan sebesar £65.000 (setara dengan £7.144.000 hari ini) per tahun. Pada tahun 1803, tambahan £60.000 (setara dengan £5.829.000 hari ini) ditambahkan, dan hutang-hutang George pada tahun 1795 akhirnya dihapuskan pada tahun 1806, meskipun hutang yang telah dia keluarkan sejak tahun 1795 tetap ada.

Pada tahun 1804, perselisihan muncul atas hak asuh Putri Charlotte, yang menyebabkan sang Putri ditempatkan di bawah pengasuhan Raja. Hal itu juga menuntun penyelidikan oleh Komisi Penyelidikan Parlemen terhadap perilaku Putri Caroline setelah suaminya menuduhnya memiliki anak di luar nikah. Penyelidikan membebaskan Caroline dari dakwaan tetapi masih mengungkapkan perilakunya yang sangat sembrono.

Pangeran wali[sunting | sunting sumber]

Profil oleh Sir Thomas Lawrence, c. 1814
Potret dengan jubah Garter oleh Lawrence, 1816

Pada akhir tahun 1810, kesehatan mental Raja sekali lagi menjadi buruk, ditambah karena kematian putri bungsunya, Putri Amelia. Parlemen setuju untuk mengikuti preseden tahun 1788; tanpa persetujuan Raja, Lord Chancellor membubuhkan segel pada surat paten yang menyebutkan Komisaris Utama. Paten surat tidak memiliki Royal Sign Manual, tetapi disegel atas permintaan resolusi yang disahkan oleh kedua Dewan Parlemen. Komisaris Utama ditunjuk oleh surat paten, atas nama Raja, kemudian menandai pemberian Royal Assent untuk mengesahkan rancangan undang-undang menjadi Undang-Undang Kabupaten 1811. Parlemen membatasi beberapa kekuasaan Pangeran Wali (yang mana adalah Pangeran Wales). Pembatasan berakhir satu tahun setelah pengesahan UU. Pangeran Wales menjadi Pangeran Wali pada 5 Februari 1811.

Selama periode ini, George menaruh minat aktif pada masalah gaya dan selera, dan rekan-rekannya seperti pesolek Beau Brummell dan arsitek John Nash menciptakan gaya Regency. Di London, Nash merancang teras Regency Regent's Park dan Regent Street. George mengambil ide baru untuk membangun Paviliun Brighton sebagai istana tepi laut yang fantastik, diadaptasi oleh Nash dalam gaya "Gotik India" yang terinspirasi oleh Taj Mahal, dengan interior "India" dan "Cina" yang mewah.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ketika George III meninggal pada tahun 1820, Pangeran Wali, yang saat itu berusia 57 tahun, naik tahta sebagai George IV. Pada saat penobatannya sebagai raja, dia mengalami obesitas dan mungkin disebabkan oleh kecanduan laudanum. Hubungan George IV dengan istrinya Caroline telah memburuk pada saat penobatannya. Mereka telah hidup terpisah sejak 1796, dan keduanya sama-sama berselingkuh. Pada tahun 1814, Caroline meninggalkan Inggris Raya menuju benua Eropa, tetapi dia memilih untuk kembali untuk penobatan suaminya dan secara terbuka menegaskan haknya sebagai permaisuri. Namun, George menolak untuk mengakui Caroline sebagai ratu, dan memerintahkan duta besar Inggris untuk memastikan bahwa raja-raja di kerajaan lain juga melakukan hal yang sama. Atas perintah kerajaan, nama Caroline dihilangkan dari Buku Doa Umum, liturgi Gereja Inggris.

Raja meminta cerai, tetapi penasihatnya menyarankan bahwa setiap proses perceraian mungkin melibatkan publikasi detail yang berkaitan dengan hubungan perselingkuhan George sendiri. Oleh karena itu, dia meminta dan memastikan pengenalan Pains and Penalties Bill, di mana Parlemen dapat menjatuhkan hukuman hukum tanpa pengadilan di pengadilan. RUU itu akan membatalkan pernikahan dan mencabut gelar Ratu Caroline. RUU tersebut terbukti sangat tidak populer di kalangan publik, dan ditarik dari Parlemen. Namun, George memutuskan untuk mengeluarkan istrinya dari penobatannya di Westminster Abbey, pada 19 Juli 1821. Caroline jatuh sakit pada hari itu dan meninggal pada tanggal 7 Agustus; selama masa sakitnya, Caroline sering menyatakan bahwa dia pikir dia telah diracuni.

Potret oleh Sir David Wilkie menggambarkan George selama perjalanannya ke Skotlandia pada tahun 1822.

Penobatan George adalah hal yang luar biasa dan mahal, menelan biaya sekitar £243.000 (sekitar £23.558.000 pada tahun 2023; sebagai perbandingan, penobatan ayahnya hanya menelan biaya sekitar £10.000). Meskipun biayanya sangat besar, tetapi itu adalah acara yang sangat populer. Pada tahun 1821, George menjadi monarki pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Irlandia sejak Richard II dari Inggris. Tahun berikutnya dia mengunjungi Edinburgh selama tiga minggu. Kunjungannya ke Skotlandia, diorganisir oleh Sir Walter Scott, George menjadi raja pertama yang mengunjungi Skotlandia sejak pertengahan abad ke-17.

Kesehatan yang menurun dan penyebab kematian[sunting | sunting sumber]

George merupakan peminum berat dan gaya hidup yang memanjakan dirinya telah merusak kesehatannya pada akhir tahun 1820-an. Saat masih menjadi Pangeran Wales, dia telah menjadi gemuk melalui porsi makannya yang besar dan konsumsi alkohol yang berlebihan, hal ini membuatnya menjadi sasaran ejekan pada saat dia muncul di depan umum. Pada tahun 1797, berat badannya telah mencapai 111 kg atau 245 lb. Pada tahun 1824, korsetnya dibuat dengan ukuran pinggang 50 inci (130 cm). Dia menderita asam urat, arteriosklerosis, edema perifer ("dropsy"), dan kemungkinan porfiria. Di tahun-tahun terakhirnya, dia menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur dan mengalami sesak napas akut dan serius.

Tahun-tahun terakhir George ditandai dengan meningkatnya kerusakan fisik dan mental serta penarikan dirinya dari urusan publik. Secara pribadi, seorang ajudan senior Raja menceritakan dalam buku hariannya: "Anjing yang lebih hina, pengecut, egois, dan tidak berperasaan tidak ada ... Ada raja yang baik dan bijaksana tetapi tidak banyak dari mereka ... dan ini saya percaya menjadi salah satu yang terburuk." . Pada bulan Desember 1828, seperti ayahnya, George hampir buta total karena katarak, dan menderita encok parah di tangan dan lengan kanannya sehingga dia tidak dapat lagi menandatangani dokumen. Pada pertengahan tahun 1829, David Wilkie melaporkan bahwa Raja "sangat kurus hari demi hari", dan menjadi sangat gemuk sehingga dia tampak "seperti sosis besar yang dimasukkan ke dalam penutupnya". George mengambil laudanum untuk melawan nyeri kandung kemih yang parah, yang membuatnya dalam keadaan terbius dan mengalami gangguan mental selama berhari-hari. Dia menjalani operasi untuk menghilangkan katarak pada bulan September 1829, saat itu dia secara teratur meminum lebih dari 100 tetes laudanum sebelum acara kenegaraan.

Pada musim semi tahun 1830, kematian George yang sudah dekat terlihat jelas. Sekarang sebagian besar dirinya terkurung di kamar tidurnya, setelah benar-benar kehilangan satu mata dan menggambarkan dirinya "buta seperti kumbang", dia dipaksa untuk menyetujui undang-undang dengan stempel tanda tangannya di hadapan para saksi. Beratnya tercatat sebesar 130 kg atau 280 lb.

George mendiktekan wasiatnya pada bulan Mei dan menjadi sangat saleh di bulan-bulan terakhirnya, ia mengaku kepada seorang diaken agung bahwa dia bertobat dari kehidupannya yang tidak bermoral, tetapi berharap belas kasihan akan ditunjukkan kepadanya karena dia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk rakyatnya. Pada bulan Juni, dia tidak dapat berbaring, dan menerima Sakramen pada tanggal 14 Juni di hadapan Lady Conyngham, Halford, dan seorang pendeta. Sementara Halford hanya memberi tahu Kabinet pada tanggal 24 Juni bahwa "batuk Raja berlanjut dengan banyak dahak", Halford secara pribadi mengatakan kepada istrinya bahwa "segalanya sudah terlihat jelas... Saya sepertinya akan dibebaskan sekitar hari Senin."

Profil litograf George IV, oleh George Atkinson, dicetak oleh C. Hullmandel, 1821

George meninggal di hari sabtu pukul 3:15 pada tanggal 26 Juni 1830. Sebuah otopsi yang dilakukan oleh dokter mengungkapkan bahwa George telah meninggal karena pendarahan saluran cerna bagian atas akibat pecahnya pembuluh darah di perutnya. Tumor besar "seukuran jeruk" ditemukan menempel di kandung kemihnya; jantungnya membesar, memiliki katup yang sangat terkalsifikasi dan dikelilingi oleh timbunan lemak yang besar. Raja dimakamkan di Kapel St George, Kastil Windsor, pada tanggal 15 Juli.

Daftar pustaka dan Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

George IV dari Britania Raya
Cabang kadet Wangsa Welf
Lahir: 12 Agustus 1762 Meninggal: 26 Juni 1830
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
George III
Raja Britania Raya dan Irlandia
Raja Hannover

29 Januari 1820 – 26 Juni 1830
Diteruskan oleh:
William IV