Edward VII dari Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja Edward VII dari Britania Raya
Potret Edward VII
Raja Britania Raya dan Wilayah Kekuasaan Inggris; Kaisar India
Berkuasa22 Januari 1901 - 6 Mei 1910
Penobatan9 Agustus 1902
PendahuluVictoria
PenerusGeorge V
Informasi pribadi
Kelahiran(1841-11-09)9 November 1841
Istana Buckingham, London
Kematian6 Mei 1910(1910-05-06) (umur 68)
Istana Buckingham, London
Pemakaman20 Mei 1910
WangsaWangsa Saxe-Coburg dan Gotha
Nama lengkap
Albert Edward
Nama periode
AyahAlbert dari Saxe-Coburg dan Gotha
IbuRatu Victoria
Pasangan
(m. 1863)
Anak
Rincian
AgamaAnglikan

Edward VII (Albert Edward; 9 November 1841 – 6 Mei 1910) adalah raja Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia. Edward adalah anak kedua dan putra sulung dari Ratu Victoria dan Pangeran Albert. Ia menjadi Raja Inggris pada 22 Januari 1901 menggantikan ibundanya. Ia adalah raja Inggris pertama dari Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha, yang namanya kemudian diubah menjadi Wangsa Windsor oleh putranya, George V.

Edward berperan dalam modernisasi Armada Angkatan Laut Inggris, reformasi Layanan Medis Angkatan Darat Inggris,[2] serta reorganisasi tentara Inggris setelah usainya Perang Boer Kedua. Ia berhasil mengembangkan hubungan baik antara Britania Raya dan negara-negara Eropa lainnya, terutama dengan Prancis, sehingga ia dijuluki Peacemaker. Namun, hubungannya dengan keponakannya Wilhelm II dari Jerman tidak berjalan dengan baik.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putra tertua dari Pangeran Albert dan Ratu Victoria, yang akan menjadi Edward VII lahir Albert Edward pada 9 November 1841 di Istana Buckingham, London. Dikenal sebagai Bertie dalam keluarga, ia menjadi sasaran rejimen yang ketat untuk mempersiapkan dirinya untuk takhta.[1] Dia dibaptis di Kapel St. George, Kastel Windsor pada 25 Januari 1842 oleh Uskup Agung Canterbury, William Howley. Wali baptisnya adalah Friedrich Wilhelm IV, Raja Prusia, Pangeran Adolphus, Adipati Cambridge (paman buyutnya dari pihak ibu), Pangeran Ferdinand dari Saxe-Coburg dan Gotha (paman buyutnya dari pihak ayah), Istri Adipati Saxe-Coburg dan Gotha (atau Duchess Marie dari Württemberg), Janda Istri Adipati Saxe-Gotha (atau Landgravine Caroline dari Hesse-Kassel), Putri Sophia (bibi buyutnya).[3]

  • Uskup Agung Canterbury adalah uskup agung pertama di Inggris yang memahkotai dan menikahkan Penguasa Inggris dan kemudian membaptis pewaris jelas Penguasa Inggris
  • Sepuluh hari setelah kelahiran Pangeran Wales, Pangeran Albert, menulis atas nama Ratu, meminta Raja Friedrich Wilhelm IV dari Prusia jika dia setuju untuk menjadi ayah baptis putra sulung mereka. Pangeran Albert menambahkan: "Saya akui tanpa ragu-ragu bahwa pemenuhan ramah keinginan ini akan memberi kita kesenangan sangat asli"[4]Satu bulan kemudian, Albert menulis kepada saudaranya Ernst mengeluh bahwa ayah mereka "terganggu tentang pengaturan untuk pembaptisan dan telah menghina aku sangat serius, karena anak tidak disebut Ernst dan karena baik dia maupun Anda untuk menjadi ayah baptis."[5][3]

Seperti adat bagi anggota kerajaan Inggris, Pangeran Edward berkuliah di Universitas Oxford dan Universitas Cambridge dan segera setelah menyatakan keinginannya untuk mengejar karier di militer. Ibunya memveto gagasan tersebut untuk membuatnya tetap aman bagi takhta. Selama waktu singkat di militer, ia naik pangkat menjadi letnan kolonel melalui promosi kehormatan.[6]

Pernikahan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pangeran Wales dan Putri Alexandra dari Denmark pertama kali bertemu pada tahun 1861, diperkenalkan oleh kakak Pangeran Wales, Putri Victoria (1840–1901)|Princess Royal, Maharani Jerman dan Ratu Prusia. Sedikit yang datang dari pertemuan tersebut, namun pada pertemuan mereka berikutnya di Brussels pada tahun berikutnya, Pangeran Wales meminta Putri Alexandra, yang dikenal sebagai "Alix" oleh keluarga, tangannya dalam pernikahan.[7]

Pertunangan[sunting | sunting sumber]

Pertunangan mereka berlangsung pada tanggal 9 September dan ditandai oleh serangkaian potret diambil di Istana Kerajaan Laeken, rumah paman Pangeran Wales, Leopold I dari Belgia.

Putri Alexandra membuat perjalanan pranikah terakhirnya dari Denmark ke London setelah ulang tahunnya yang kedelapan belas, tiba pada awal Maret 1863. Pernikahan nya dijadwalkan untuk 10 Maret. Putri diberi sambutan meriah oleh penduduk ketika ia berjalan melalui jalan-jalan London.[8]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan Pangeran Albert Edward dan Alexandra dari Denmark pada tahun 1863

Putri Alexandra dari Denmark menikah dengan Pangeran Albert Edward, putra Ratu Victoria, di Kapel St. George, Kastel Windsor pada 10 Maret 1863. Putri Alexandra baru berusia 18 tahun pada saat pernikahan dan dia sangat cantik dan tumbuh tinggi dengan sosok ramping yang kontras dengan para wanita saat yang memiliki angka yang lebih lengkap.

Gaun pengantin putri Alexandra diciptakan oleh Charles Worth, seorang perancang busana Inggris yang bekerja di Prancis, yang mendominasi busana Paris pada akhir abad kesembilan belas. Mengikuti tradisi dimulai oleh Ratu Victoria, gading gaun Putri Alexandra, dengan atas korset terpisah dan rok penuh, terbuat dari sutra Inggris dengan renda overlay Honiton menampilkan simbol bordir rumit dari Inggris naik, sebuah shamrock Irlandia dan thistle Skotlandia. The moiré perak kereta adalah 21 kaki panjang dan gaun itu dihiasi dengan bunga lebih lanjut jeruk dan karangan bunga myrtle dan dia mengenakan tabir Honiton renda dengan karangan bunga dari bunga bahkan lebih oranye dan myrtle. Buket pengantin nya terbuat dari kuntum mawar putih, lili lembah, anggrek langka, bunga jeruk dan tentu saja tangkai tradisional myrtle dikatakan telah berkembang dari sebuah penanaman diambil dari buket pernikahan Ratu Victoria 23 tahun sebelumnya. Pangeran Albert Edward memberinya hadiah pernikahan dari kalung mutiara, anting-anting dan bros yang dia kenakan bersama dengan opal dan berlian gelang itu adalah hadiah dari Ratu Victoria.

Pada waktu itu Alexandra datang ke Inggris untuk menikahi pewaris tahta sudah beberapa tahun sejak kematian suami Ratu Victoria tercinta Pangeran Albert, dan Ratu telah ditarik dari masyarakat menahan kesedihan dan dia pergi ke periode diri dikenakan berkabung berkepanjangan. Pangeran Albert Edward adalah pewaris takhta dan sebagai Pangeran Wales dia dimasukkan ke dalam layanan sebagai wakil Ratu untuk fungsi resmi dan bersama-sama pasangan kerajaan terbukti sangat populer dengan publik. Pangeran Albert Edward segera menjadi terobsesi dengan protokol kerajaan dan berpakaian di pakaian yang tepat untuk setiap kesempatan dan itu tidak biasa baginya untuk benar-benar mengubah pakaiannya belasan kali sehari. Mengambil peran barunya sebagai Putri Wales, Alexandra selalu sadar tugas kerajaan berpakaian dengan tepat untuk tugas resmi dan setiap kali dia terlihat di depan umum dia selalu elegan mengenakan busana yang tersanjung jenis tubuhnya yang akan dibuat dengan kain terbaik.[9]

Dari pernikahannya dengan Alexandra dari Denmark, ia mempunyai 5 orang anak yaitu:

  • Pangeran Albert Victor, Adipati Clarence dan Avondale
  • George V dari Britania Raya
  • Putri Louise, Putri Kerajaan, Istri Adipati Fife
  • Putri Victoria
  • Maud, Ratu Norwegia
  • Pangeran Alexander John[10]

Putra Mahkota[sunting | sunting sumber]

Selama Ratu Victoria menjanda, Pangeran Edward mencetuskan ide tentang penampilan keluarga kerajaan di depan umum seperti yang kita lihat saat ini. Walaupun demikian, Ratu Victoria tidak mengizinkan Pangeran Edward untuk mengambil bagian secara aktif dalam pembangunan negara sampai tahun 1898. Edward merasa jengkel kepada ibunya karena sang ratu menentang Denmark pada masa Kericuhan Schleswig-Holstein pada tahun 1864 dan mendukung Jerman.

Edward merupakan model fashion bagi para pria. Pada tahun 1871, Edward terkena penyakit demam tifus yang telah membunuh ayahnya. Kesembuhannya disambut dengan girang oleh hampir seluruh semesta.

Pangeran Edward (depan tengah) di India, 1876

Pada tanggal 26 September 1875, Edward melakukan perjalanan ke India selama delapan bulan. Dia bersikap sangat ramah di sana dan tidak memandang perbedaan SARA. Perjalanannya tergolong berhasil sehingga di akhir perjalanannya pada tahun 1876, Ratu Victoria diangkat menjadi Maharani India oleh Parlemen.

Pada tahun 1891, skandal Pangeran Edward terbongkar mulai dari perjudian sampai perkelahian. Di akhir tahun 1891, putra pertama Edward, Pangeran Albert Victor, Adipati Clarence dan Avondale bertunangan dengan Putri Mary dari Teck. Di awal tahun 1892, Pangeran Albert Victor meninggal. Sebelumnya, anak terakhirnya, Pangeran Alexander John meninggal pada tahun 1871 tepat 24 jam setelah dilahirkan.

Dalam perjalanannya ke Denmark melalui Belgia, pada tanggal 4 April 1900, Pangeran Edward hampir dibunuh oleh seseorang yang masih berusia 15 tahun yang protes atas Perang Boer II. Popularitas dan keramahan Edward semakin memperkuat hubungan antara Britania Raya dengan negara lainnya.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ratu Victoria meninggal pada tahun 1901 dan Pangeran Albert Edward naik takhta menjadi Raja Britania Raya, Kaisar India, dan Raja Dominion Inggris. Edward memilih nama Edward VII, padahal Ratu Victoria telah merencanakan nama Albert Edward untuknya.

Awalnya, pelantikan Raja Edward VII direncanakan pada tanggal 26 Juni 1902, namun ia didiagnosis penyakit usus buntu pada tanggal 24 Juni ini 1902. Trevor, dokternya berhasil menyembuhkannya dan memastikan bahwa ia tidak terkena penyakit mematikan apapun sehingga besoknya Edward boleh langsung merokok. Pelantikannya ditunda sampai akhirnya ia dan istrinya dilantik pada tanggal 9 Agustus 1902.

Semasa pemerintahannya, Raja Edward VII tidak terlalu menggemari politik, ia lebih suka hal-hal yang berbau militer. Raja Edward menjalin hubungan yang sangat baik dengan banyak negara di Eropa seperti Denmark, Prussia, Spanyol, Jerman, Rusia, dan lain-lain.

Di akhir pemerintahannya, pada tahun 1909, Raja Edward VII dikacaukan dengan krisis konstitusional setelah Konservatif yang dominan di partai Lord menolak untuk memberikan anggaran masyarakat kepada Perdana Menteri yang bersifat Liberal.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Mei, 1910, 68 tahun Raja Edward VII telah meninggal setelah pemerintahan sembilan tahun. Dia telah menangkap dingin selama akhir pekan di real negaranya di Sandringham dan sekembalinya ke London telah mengalami serangkaian serangan jantung. Diberitahu oleh Pangeran Wales kudanya telah memenangkan 4.15 di Kempton Park, ia berkata: "Ya, saya telah mendengar tentang hal itu. Saya sangat senang. "Itu adalah hal yang koheren terakhir katanya.

Pemakamannya di Windsor, setelah prosesi melalui jalan-jalan London, adalah salah satu pertemuan terbesar dari royalti Eropa yang pernah terjadi. Itu juga salah satu majelis terakhir dari jenisnya sebelum Perang Dunia Pertama menghancurkan ikatan yang menyatukan monarki terjalin.

Tubuh raja dibaringkan di Westminster Hall dari 17-19 Mei, di mana ia dilihat oleh sekitar seperempat miliar orang. Pada hari keramaian luas pemakaman menyaksikan sebagai kereta pistol menanggung peti mati ke stasiun Paddington.[11]

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

9 November - 8 Desember 1841: Yang Mulia Adipati Cornwall dan Rothesay

8 Desember 1841 - 9 Januari 1901: Yang Mulia Pangeran Wales

9 Januari 1901 - 6 Mei 1910: Yang Mulia Sang Raja

  • India: Yang Mulia Sang Raja-Kaisar

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Edward VII Biography". Diakses tanggal 19 Agustus 2015. 
  2. ^ Edward VII, Official website of the British Monarchy, diakses tanggal 2 Mei 2010 
  3. ^ a b "Royal Christening". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-27. Diakses tanggal 22 Agustus 2015. 
  4. ^ 1938 & Jagow,Letters, hlm. 74.
  5. ^ 1932 & Bolitho, Prince Consort, hlm. 47.
  6. ^ "Edward VII Biography". Diakses tanggal 19 Agustus 2015. Dengan terjemahan ke bahasa Indonesia 
  7. ^ "British Royal Wedding Look-Back: Edward VII and Alexandra". Diakses tanggal 22 Agustus 2015. 
  8. ^ "British Royal Wedding Look-Back: Edward VII and Alexandra". Diakses tanggal 22 Agustus 2015. dengan terjemahan ke bahasa Indonesia 
  9. ^ "Queen Alexandra - The Fashion Icon". Diakses tanggal 22 Agustus 2015. dengan terjemahan ke Bahasa Indonesia 
  10. ^ https://www.pinterest.com/l2footemartin/6-children-of-edward-vii-alexandra/
  11. ^ "The funeral of Edward VII: End of the Empires". Simon Edge. Diakses tanggal 22 Agustus 2015. dengan terjemahan ke Bahasa Indonesia 
Edward VII dari Britania Raya
Meninggal: 6 Mei 1910
Didahului oleh:
Victoria
Raja Britania Raya dan Irlandia
Kaisar India

1901–1910
Diteruskan oleh:
George V