Louise, Putri Kerajaan dan Adipati Fife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Louise
Putri Royal; Istri Adipati Fife
Louise Princess Royal.jpg
Lahir(1867-02-20)20 Februari 1867
Rumah Marlborough, London
Wafat4 Januari 1931(1931-01-04) (umur 63)
Portman Sq, London
Pemakaman10 Januari 1931
Kapel St. George, Kastel Windsor
WangsaSaxe-Coburg dan Gotha
Nama lengkap
Louise Victoria Alexandra Dagmar
AyahEdward VII, Raja Britania Raya
IbuAlexandra dari Denmark
PasanganAlexander Duff, Adipati Fife ke-1
Anak
Rincian
Alastair, Marquess Macduff
Putri Alexandra, Adipati Wanita Fife
Putri Maud, Putri Southesk
AgamaGereja Inggris

Louise, Putri Kerajaan, Istri Adipati Fife (20 Februari 1867 – 4 Januari 1931) adalah anak ketiga dan putri sulung dari Raja Edward VII dari Britania Raya dan Ratu Alexandra dari Britania Raya; adik perempuan Raja George V. Ia adalah yang keenam dari anak perempuan Penguasa Britania Raya yang bergelar Princess Royal.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Putri Louise lahir di Marlborough House, kediaman orang tuanya di London, Pangeran dan Putri Wales. Dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Sandringham House di Norfolk. Seperti saudara perempuannya Victoria dan Maud, ia menerima pendidikan formal terbatas. Dia dibaptis di Marlborough House pada 10 Mei 1867 oleh Charles Longley, Uskup Agung Canterbury dengan nama Louise Victoria Alexandra Dagmar. Ia dinamai Louise setelah neneknya, Victoria setelah neneknya, Alexandra setelah ibunya, dan Dagmar setelah bibinya.

Louise dan saudara perempuannya, Maud dan Victoria, adalah pengiring pengantin di pernikahan bibi dari pihak ayah mereka Putri Beatrice dengan Pangeran Henry dari Battenberg pada tahun 1885.

Pernikahan dan Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Louise dengan putri-putrinya, Maud dan Alexandra.

Pada hari Sabtu 27 Juli 1889, Putri Louise menikahi Alexander Duff, Earl Fife ke-6 di Kapel Pribadi di Istana Buckingham. [4] Dua hari setelah pernikahan, Ratu Victoria menciptakannya Duke of Fife dan Marquess of Macduff di Peerage Britania Raya. Surat-surat paten menciptakan dukedom ini mengandung sisa standar untuk ahli waris laki-laki dari tubuh secara sah begotten. Setelah kelahiran kedua putri mereka, pada 24 April 1900, Ratu Victoria menandatangani paten surat yang menciptakan Dukedom of Fife kedua, bersama dengan Earldom of Macduff di Peerage Britania Raya dengan sisa khusus: secara default dari pewaris laki-laki, rekan-rekan ini akan memberikan kepada putri-putri Adipati ke-1, dan kemudian kepada keturunan laki-laki mereka.

Dalam Pernikahan ini, mereka berdua memiliki tiga anak:

  • Alastair Duff, Marquess of Macduff (masih lahir 16 Juni 1890)
  • Putri Alexandra, Adipati Fife ke-2 (17 Mei 1891 – 26 Februari 1959); menikahi sepupu pertamanya yang pernah dihapus, Pangeran Arthur dari Connaught (13 Januari 1883 – 12 September 1938), dan memiliki masalah.
  • Putri Maud, Putri Southesk (3 April 1893 – 14 Desember 1945); menikahi Charles Carnegie, Earl Southesk ke-11, dan memiliki masalah.