Lord Chancellor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lord High Chancellor of Great Britain
Royal Coat of Arms of the United Kingdom (HM Government).svg
Official portrait of Rt Hon Dominic Raab MP.jpg
Petahana
Dominic Raab

sejak 15 September 2021
GelarThe Right Honourable
Ditunjuk olehPenguasa Monarki Britania Raya
atas nasihat dari Perdana Menteri
Pejabat perdanaThe Lord Cowper
DibentukMei 1707
dari Kerajaan Britania Raya
1066
dari Kerajaan Inggris

Lord Chancellor, atau secara formal Lord High Chancellor of Great Britain (harfiah: "Tuan Kanselir Tinggi Britania Raya"), adalah sebuah jabatan senior dalam pemerintahan Britania Raya. Mereka dilantik oleh Penguasa Berdaulat atas nasihat Perdana Menteri. Lord Chancellor adalah pangkat tertinggi kedua dari Great Officer of State, yang berpangkat hanya setelah Lord High Steward. Sebelum Penyatuan, terdapat Lord Chancellor[1] untuk Inggris dan Wales dan untuk Skotlandia yang terpisah.

Lord Chancellor adalah anggota dari Kabinet dan, menurut hukum, bertanggung jawab atas fungsi efisien dan kemerdekaan pengadilan. Pada 2007, terdapat sejumlah pengubahan sistem hukum dan jabatan Lord Chancellor. Dulunya, Lord Chancellor juga merupakan pejabat yang memimpin Dewan Rakyat, kepala yudisier di Inggris dan Wales, dan hakim ketua dari Divisi Chancery dari Pengadilan Tinggi Keadilan, tetapi Undang-Undang Reformasi Konstitusional 2005 mengalihkan peran-peran tersebut masing-masing kepada Lord Speaker, Lord Chief Justice, dan Chancellor of the High Court. Lord Chancellor saat ini adalah Dominic Raab, yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kehakiman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The title can be pluralised 'Lord Chancellors' or 'Lords Chancellor'. The former is more common and is used for consistency throughout the article. See Gardner, B., (2001), A dictionary of modern legal usage, Oxford University Press, p. 538.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]