Orde Garter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Order of the Garter)
Order of the Garter
Lambang: Salib St. George,
dilingkari dengan Garter
Dianugerahkan oleh
Penguasa Britania Raya
TipeTanda kehormatan dinasti
Dibentuk1348; 675 tahun lalu (1348)
MottoHoni soit qui mal y pense
(Bahasa Prancis Pertengahan untuk 'Malulah ia yang berpikir jahat tentang itu')[1]
KriteriaAtas kehendak Yang Mulia
StatusKini dianugerahkan
PendiriEdward III
PenguasaCharles III
KanselirJames Hamilton, Adipati ke-5 Abercorn
Wali GerejaUskup Winchester
Kelas
  • Knight/Lady Companion
  • Royal Knight/Lady Companion
  • Stranger Knight/Lady Companion
Statistik
Penganugerahan pertama1348
Penganugerahan terakhir2022
Jumlah penerima Jumlah: 1.025
Prioritas
Tingkat lebih tinggiSalib George
Tingkat lebih rendahOrder of the Thistle

Yang Paling Mulia Orde Garter (Inggris: The Most Noble Order of the Garter)[2] adalah sebuah orde kekesatriaan yang didirikan oleh Edward III dari Inggris pada tahun 1348. Orde ini menjadi orde kekesatriaan paling tinggi dalam sistem anugerah kehormatan Britania Raya, hanya lebih rendah dari Salib Victoria dan Salib George dalam tata tempat. Orde Garter didedikasikan untuk gambar dan lambang kebesaran Santo Georgius, santo pelindung Inggris.

Penganugerahan orde ini adalah melalui kebijakan Penguasa saja dan biasanya untuk menghargai sebuah kontribusi/jasa berskala nasional, untuk pelayanan umum maupun pengabdian pribadi kepada Penguasa.[3] Keanggotaan orde ini hanya dibatasi kepada Penguasa, Pangeran Wales, dan tidak lebih dari 24 anggota—atau kompanyon—yang masih hidup. Keanggotaan orde ini juga termasuk kepada Kesatria atau Lady tambahan (disebut supernumerary; contoh: anggota keluarga kerajaan Inggris dan penguasa monarki negara lain).

Emblem orde ini adalah sebuah garter dengan tulisan moto Honi soit qui mal y pense (Bahasa Prancis Pertengahan untuk 'Malulah ia yang berpikir jahat tentang itu') berwarna emas. Anggota orde ini akan memakai garter tersebut dalam acara-acara seremonial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Raja Edward III mendirikan Orde Garter pada masa ia mengklaim takhta Prancis.[1] Tahun pendirian tradisional orde ini biasanya diberikan tahun 1348 (ketika orde ini ditetapkan secara formal). Namun, The Complete Peerage, dalam "The Founders of the Order of the Garter", menyatakan bahwa orde ini dibentuk pertama kali pada tanggal 23 April 1344 dan memberikan daftar anggota-anggota pertama yang dikukuhkan pada tahun 1344. Daftar tersebut memasukkan Sir Sanchet D'Abrichecourt, yang meninggal pada 20 Oktober 1345.[4] Tanggal-tanggal lain antara tahun 1344 hingga 1951 juga pernah diusulkan. Catatan kas Raja menunjukkan bahwa kebiasaan Garter pertama kali keluar pada musim gugur tahun 1348. Juga, statuta aslinya yang menetapkan bahwa setiap anggota Orde harus menjadi seorang Kesatria dulu (yang kini dapat dirujuk sebagai seorang Knight Bachelor) dan beberapa anggota awal yang terdaftar sebelumnya baru diangkat pada tahun 1348.[5] Pendirian orde ini diperkirakan terinspirasi oleh Orde Ban Spanyol yang dibentuk sekitar tahun 1330.[6]

Kapel[sunting | sunting sumber]

Kapel St George di Windsor adalah gereja induk Orde Garter dan menjadi tempat kebaktian khusus yang berhubungan dengan orde tersebut.[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "College of St George – Windsor Castle – The Order of the Garter". College of St George – Windsor Castle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Juli 2017. Diakses tanggal 4 Juni 2010. 
  2. ^ Garter adalah tali seperti sabuk yang dikenakan untuk mengencangkan kaus kaki.
  3. ^ a b "Order of the Garter". The Royal Family. Diakses tanggal 25 Juni 2022. 
  4. ^ Cokayne, George Edward, ed. (1887). Complete peerage of England, Scotland, Ireland, Great Britain and the United Kingdom, extant, extinct or dormant (A to Bo). 1 (edisi ke-1). London: George Bell & Sons. hlm. 276. 
  5. ^ Chisholm 1911, hlm. 851–867.
  6. ^ Rogers 2018, hlm. 131–134.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Hope, W.H. St.John., et al., The Stall Plates of the Knights of the Order of the Garter 1348-1485. Dipublikasikan pertama kali tahun 1901, dicetak ulang tahun 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]