Pangeran Louis dari Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Louis
Cambridge family at Trooping the Colour 2019 - 14.jpg
Lahir(2018-04-23)23 April 2018 (umur 4 tahun)
St Mary's Hospital, London
WangsaWindsor
Nama lengkap
Louis Arthur Charles[fn 1]
AyahWilliam, Pangeran Wales
IbuCatherine Middleton

Pangeran Louis dari Wales (Louis Arthur Charles; lahir 23 April 2018) adalah anggota keluarga kerajaan Inggris. Ia merupakan anak bungsu dan putra kedua dari William, Pangeran Wales, dan Catherine, Putri Wales. Ia berada di posisi keempat dalam garis suksesi takhta kerajaan Britania Raya.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Istana Kensington mengumumkan pada tanggal 4 September 2017 bahwa Adipati dan Istri Adipati Cambridge sedang hamil anak ketiga mereka.[2] Anak tersebut lahir pada pukul 11:01 WIB (10:01 UTC) pada 23 April 2018.[3] Ia pertama kali diperlihatkan di depan publik tujuh jam setelah kelahirannya, di luar Lindo Wing dari St Mary's Hospital. Pada tanggal 27 April 2018, diumumkan bahwa Pangeran itu bernama Louis Arthur Charles,[4] diambil dari nama paman dari kakek buyutnya, Lord Mountbatten dan nama kakeknya, Charles, Pangeran Wales.

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Pada 9 Juli 2018, Louis dibaptis oleh Uskup Agung Canterbury di Kapel Kerajaan di Istana St James, menggunakan air dari Sungai Yordan sesuai dengan tradisi. Wali baptisnya adalah Nicholas van Cutsem, Guy Pelly, Harry Aubrey-Fletcher, Lady Laura Meade, Hannah Gillingham Carter, dan Lucy Middleton. Dia mengenakan replika gaun pembaptisan kerajaan, dibuat pada tahun 2008 sebagai salinan dari gaun tahun 1841 yang dibuat untuk putri tertua Ratu Victoria Victoria, Putri Kerajaan, dan digunakan untuk setiap pembaptisan kerajaan sampai pensiun untuk pelestarian pada tahun 2004.

Keluarga itu tinggal di antara Istana Kensington dan Anmer Hall selama masa kanak-kanak Louis, sebelum pindah ke Adelaide Cottage di Windsor Home Park pada 2022. Pada 8 September 2022, nenek buyut Louis, Elizabeth II, meninggal dan digantikan sebagai raja oleh kakeknya Charles III. Dengan demikian, ia menjadi urutan keempat takhta. Keesokan harinya, orang tua Louis diangkat menjadi Pangeran dan Putri Wales memberinya gelar baru "Pangeran Louis dari Wales".

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Louis memulai pendidikannya di Willcocks Nursery School, dekat rumah keluarganya di Istana Kensington, pada April 2021. Dia dan saudara-saudaranya mulai bersekolah di Lambrook, sebuah sekolah persiapan independen di Berkshire pada September 2022.

Penampilan Resmi[sunting | sunting sumber]

Louis membuat penampilan Trooping the Color pertamanya di balkon Istana Buckingham pada 8 Juni 2019. Pada Maret 2020, ia bergabung dengan saudara-saudaranya, George dan Charlotte, dalam sebuah video online untuk memberi tepuk tangan kepada para pekerja kunci selama pandemi virus corona. Pada September 2020, anak-anak bertemu David Attenborough; Istana Kensington kemudian merilis video mereka mengajukan pertanyaan kepada Attenborough tentang pelestarian lingkungan. Pada 11 Desember 2020, mereka membuat penampilan karpet merah pertama mereka menemani orang tua mereka ke London Palladium untuk pertunjukan pantomim yang diadakan untuk berterima kasih kepada pekerja kunci atas upaya mereka selama pandemi.

Pada Juni 2022, selama akhir pekan perayaan Platinum Jubilee milik nenek buyutnya, Louis dan saudara-saudaranya melakukan debut dalam prosesi kereta Trooping the Color. Prosesi diikuti oleh flypast, di mana ketiga anak Cambridge bergabung dengan orang tua mereka, Ratu, dan bangsawan pekerja lainnya di balkon Istana Buckingham. Perilaku Louis selama flypast yang bising secara luas dikomentari di media sebagai bersemangat dan lucu, dengan video perilakunya menjadi viral di media sosial. Beberapa hari kemudian pada tanggal 5 Juni, Louis menghadiri Kontes Jubilee Platinum bersama orang tua dan saudara-saudaranya, di mana ia kembali menarik perhatian media karena kejenakaannya yang penuh semangat. Setelah kontes ia bergabung dengan orang tuanya, kakak-kakaknya, Elizabeth II, dan Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall saat itu di balkon Istana Buckingham.

Gelar dan suksesi[sunting | sunting sumber]

A cannon of the King's Troop Royal Horse Artillery firing in Hyde Park. A large plume of orange smoke, lit orange by the flash from the gun, extends from the barrel.
Gun Salute di Taman Hyde, London untuk menandai kelahiran Louis

Louis adalah, dari lahir, seorang pangeran dari Britania Raya yang berhak untuk gelar Yang Mulia berdasarkan surat paten yang dikeluarkan oleh nenek buyutnya Ratu Elizabeth II pada tanggal 31 Desember 2012, yang memberi gelar tersebut ke semua anak dari anak sulung Pangeran Wales.[5] Demikian ia dipanggil dengan gelar "Yang Mulia Pangeran Louis dari Cambridge".[6]

Pangeran Louis adalah urutan keempat dalam garis suksesi takhta Britania Raya.[7] Mengikut implementasi dari Perjanjian Perth, yang menggantikan primogenitur berpreferensi laki-laki dengan primogenitur absolut, dia adalah pangeran Britania Raya pertama yang diberi peringkat di belakang seorang kakak perempuan dalam garis suksesi.[8]

Gelar[sunting | sunting sumber]

  • 23 April 2018 - 08 September 2022 : Yang Mulia Pangeran Louis dari Cambridge
  • 08 September 2022 - 09 September 2022 : Yang Mulia Pangeran Louis dari Cornwall dan Cambridge
  • 09 September 2022 - Sekarang: Yang Mulia Pangeran Louis dari Wales

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pangeran Inggris biasanya tidak menggunakan marga. Jika memang dibutuhkan, marga untuk keturunan dari anak laki-laki Elizabeth II biasanya adalah Mountbatten-Windsor.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Royal Family name". The Official Website of the British Monarchy. The Royal Household. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Februari 2009. Diakses tanggal 24 Juli 2013. 
  2. ^ "Duchess of Cambridge expecting third child". BBC News. 4 September 2017. Diakses tanggal 23 April 2018. 
  3. ^ "The Duke and Duchess of Cambridge's third baby". The Royal Family. London: Buckingham Palace. 23 April 2018. Diakses tanggal 23 April 2018. 
  4. ^ "Royal baby: Duke and Duchess of Cambridge name their baby son Louis". The Guardian. Press Association. 27 April 2018. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  5. ^ "No. 60384". The London Gazette. 8 January 2013. hlm. 213. 
  6. ^ "Prince Louis Arthur Charles: New royal baby name announced by Duke and Duchess of Cambridge". The Telegraph. 27 April 2018. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  7. ^ "Duchess gives birth to baby boy". BBC News. 23 April 2018. Diakses tanggal 23 April 2018. 
  8. ^ "Royal baby: Duchess of Cambridge gives birth to new prince". BBC News. 23 April 2018. Diakses tanggal 23 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pangeran Louis dari Wales
Lahir: 23 April 2018
Urutan suksesi
Didahului oleh:
Putri Charlotte dari Wales
Pewaris takhta Kerajaan Britania Raya
Posisi keempat
Diteruskan oleh:
Pangeran Harry, Adipati Sussex