Keluarga kerajaan Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Keluarga kerajaan Inggris terdiri dari penguasa monarki Britania Raya dan para kerabat dekatnya. Tidak ada pengesahan ketat atau definisi resmi tentang siapa yang merupakan atau yang bukan merupakan anggota keluarga kerajaan Inggris, dans selain Ratu Elizabeth II sendiri, daftar-daftar berbeda akan meliputi orang yang berbeda. Pada waktu ditanyakan, orang-orang yang menyandang gelar Her atau His Royal Highness (HRH), dan Her atau His Majesty (HM), biasanya dianggap sebagai anggota, termasuk orang-orang yang meraih gelar tersebut sebelum permulaan masa pemerintahan penguasa monarki saat ini. Menurut kriteria ini, dafttar keluarga kerajaan saat ini akan meliputi penguasa monarki, permaisuri monarki, janda-janda dari penguasa-penguasa monarki sebelumnya, anak-anak dan cucu garis laki-laki dari penguasa monarki dan penguasa-penguasa monarki sebelumnya, anak-anak putra sulung Pangeran Wales, dan istri-istri atau janda-janda dari para putra dan cucu garis laki-laki penguasa monarki dan penguasa-penguasa monarki pada masa sebelumnya.

Istilah berbeda ditujukan kepada kelompok kerabat penguasa monarki yang serupa atau sama dalam perannya sebagai penguasa berdaulat dari kerajaan Persemakmuran lainnya. Contohnya, di Kanada, keluarga tersebut dikenal sebagai keluarga kerajaan Kanada.

Beberapa anggota keluarga kerajaan memiliki kediaman resmi yang dinamai dari pengumuman yang dibuat di Court Circular tentang pertunangan resmi yang mereka laki-laki. Tugas-tugas negara dan staf beberapa anggota keluarga kerajaan didanai dari tunjangan parlementer, yang sebagian didanai lagi oleh Ratu ke Perbendaharaan.[1]

Sejak 1917, saat Raja George V mengubah nama wangsa kerajaan dari Saxe-Coburg dan Gotha, para anggota keluarga kerajaan, melalui kelahiran atau pernikahan, dimasukkan ke Wangsa Windsor. Para anggota keluarga kerajaan bergelar senior biasanya tidak menggunakan marga, namun sejak 1960, Pangeran Philip mengadopsi marga Mountbatten-Windsor, sebuah marga yang menandakan bahwa ia adalah keturunan langsung Elizabeth II dan bukannya sebuah gelar kerajaa, dan terkadang digunakan saat merekrut orang-orang yang memiliki gelar semacam itu. Pada 2014, keluarga kerajaan dihormati sebagai ikon kebudayaan Inggris, dengan para anggota dewasa muda dari luar negeri menamakan keluarga pada sekelompok orang yang kebanyakan terikat dengan budaya Britania Raya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Burke's Guide to the Royal Family. Burke's Peerage, 1973.
  • Cannon, John Ashton. The Oxford Illustrated History of the British Monarchy. Oxford University Press, 1988.
  • Churchill, Randolph S. They Serve the Queen: A New and Authoritative Account of the Royal Household. ("Prepared for Coronation Year") Hutchinson, 1953.
  • Fraser, Antonia (ed). The Lives of the Kings & Queens of England. Revised & updated edition. University of California Press, 1998.
  • Hayden, Ilse. Symbol and Privilege: The Ritual Context of British Royalty. University of Arizona Press, 1987.
  • Longford, Elizabeth Harman (Countess of Longford). The Royal House of Windsor. Revised edition. Crown, 1984.
  • Weir, Alison. Britain's Royal Families: The Complete Genealogy. Pimlico/Random House, 2002.
  • Royal Family (1969) is a celebrated and reverential BBC documentary made by Richard Cawston to accompany the investiture of the current Prince of Wales. The documentary is frequently held responsible for the greater press intrusion into the royal family's private life since its first broadcast.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]