Pangeran George dari Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran George
Prince George of Cambridge in 2019 (cropped).jpg
Lahir22 Juli 2013 (umur 9)
St Mary's Hospital, London
WangsaWangsa Windsor
Nama lengkap
George Alexander Louis[catatan 1]
AyahWilliam, Pangeran Wales
IbuCatherine Middleton
AgamaGereja Inggris

Pangeran George dari Wales (George Alexander Louis;[catatan 1] lahir 22 Juli 2013) adalah putra pertama dari William, Pangeran Wales, dan Catherine, Putri Wales, cicit dari mendiang Elizabeth II dari Britania Raya, sekaligus cucu dari Raja Charles III. Ia menempati posisi kedua dalam urutan pewaris takhta untuk menggantikan kakeknya Charles III sebagai penguasa Kerajaan Britania Raya dan 16 Wilayah Persemakmuran, setelah ayahnya.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Pangeran George digendong oleh ibunya meninggalkan rumah sakit

Catherine, Istri Adipati Cambridge bersama Pangeran William, Adipati Cambridge melakukan perjalanan dari Istana Kensington ke St Mary's Hospital menggunakan mobil mereka pada 22 Juli 2013 dan tiba disana sekitar pukul 05.30, waktu London.[2] Dan pada hari yang sama, 22 Juli 2013, Catherine melahirkan seorang bayi laki-laki yang memiliki berat 8 lb 6oz (3,799 kg) pukul 16.24 BST[3] dengan kehadiran Pangeran William.[4]

Pengumuman tentang kelahiran sang bayi diletakkan di papan sandaran di bagian luar Istana Buckingham dan ditandatangani oleh kepala kantor Istana Buckingham & staf yang membantu proses persalinan.[5] Untuk merayakan kelahiran sang bayi, sesuai tradisi, 21 tembakan meriam di Bermuda,[6] di Britania Raya,[7] di Gibraltar, di Selandia Baru, dan di Kanada; lonceng di Westminster Abbey dan beberapa gereja lain dibunyikan.[8] Beberapa landmark di negara-negara Persemakmuran berpartisipasi untuk menandai kelahiran bayi, antara lain; air mancur di Trafalgar Square yang diwarnai biru; BT Tower, menyorotkan kata-kata "It's a boy!;" London Eye diterangi merah, putih dan biru patriotik; Niagara Falls di Kanada diterangi warna biru untuk menandai kelahiran sang bayi; dan CN Tower di Toronto menyala dengan warna yang sama.[9]

Pada 23 Juli 2013, Pangeran William dan istrinya Catherine memperlihatkan kepada publik anak pertama mereka yang baru lahir di luar St. Mary's Hospital.[10] Sang bayi dilahirkan di rumah sakit di mana ayah dan pamannya Pangeran Harry dilahirkan.

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

George dibaptis oleh Justin Welby, Uskup Agung Canterbury, di Kapel Royal di Istana St James pada 23 Oktober 2013, bersama Oliver Baker, Emilia Jardine-Paterson, Earl Grosvenor, Jamie Lowther-Pinkerton, Julia Samuel, William van Cutsem dan Zara Tindall melayani sebagai wali baptis. Lily Font yang digunakan pada upacara tersebut dibuat untuk anak pertama Ratu Victoria dan airnya diambil dari Sungai Yordan. Pangeran George menghabiskan bulan-bulan pertamanya di pondok orang tuanya di halaman Bodorgan Hall di Anglesey, Wales, sebelum keluarganya pindah ke Istana Kensington pada tahun 2014. Adik-adiknya, Charlotte dan Louis, masing-masing lahir pada tahun 2015 dan 2018.

Keluarga itu tinggal sebentar di Anmer Hall di Norfolk dari 2015 hingga 2017, sebelum kembali ke terutama tinggal di Istana Kensington. Pada tahun 2022, keluarga tersebut pindah ke Adelaide Cottage di Windsor Home Park. Pada 8 September 2022, nenek buyut George Elizabeth II meninggal dan digantikan sebagai raja oleh kakeknya Charles III. Dengan demikian, ia menjadi pewaris takhta kedua.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan formal George dimulai pada Januari 2016, ketika, pada usia dua tahun, ia mulai menghadiri Sekolah Westacre Montessori Nursery, dekat rumah keluarganya di Anmer Hall di Norfolk. Dia menghadiri hari pertama sekolah dasar pada 7 September 2017 di Thomas's School di Battersea. Dia bersekolah di sekolah dengan nama George Cambridge. George dan saudara-saudaranya mulai bersekolah di Lambrook, sebuah sekolah persiapan independen di Berkshire pada September 2022.

Penampilan Resmi[sunting | sunting sumber]

George memulai tur kerajaan pertamanya dengan orang tuanya pada April 2014, di mana keluarga Cambridge menghabiskan tiga minggu di Selandia Baru dan Australia. Meskipun ia hanya muncul dua kali, BBC menggambarkan "raja masa depan sembilan bulan" sebagai "bintang pertunjukan". Perdana Menteri Australia Tony Abbott meramalkan di Gedung Parlemen, Canberra, bahwa suatu hari George akan disambut di sana sebagai Raja Australia. Media Australia menyebutnya "pembunuh republik", setelah jajak pendapat menunjukkan dukungan terendah untuk republikanisme di negara itu selama 35 tahun. Pada bulan Juni 2015, ia membuat penampilan publik pertamanya di balkon Istana Buckingham setelah Trooping The Colour yang menandai Ulang Tahun Resmi Ratu Elizabeth II.

George bersama ayahnya bertemu Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama di Istana Kensington tahun 2016

Pada 22 April 2016, George bertemu dengan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle Obama. Dia difoto dengan kuda goyang yang diberikan Obama ketika dia lahir. Pertemuan itu kemudian mendorong Barack Obama untuk bercanda bahwa "Pangeran George muncul di pertemuan kita dengan jubah mandinya... jelas melanggar protokol." George dan adik perempuannya, Putri Charlotte, menemani orang tua mereka dalam tur ke Kanada pada September 2016, dan dalam kunjungan diplomatik ke Polandia dan Jerman pada Juli 2017. Pada Desember 2019, George dan Charlotte menghadiri Kebaktian Hari Natal Sandringham pertama mereka di St Maria Magdalena.

Pada Maret 2020, Pangeran George bergabung dengan saudara-saudaranya, Charlotte dan Louis, dalam sebuah video online untuk memberi tepuk tangan kepada para pekerja kunci selama pandemi virus corona. Selama lockdown, George mengadakan penjualan kue untuk mengumpulkan uang untuk Tusk Trust, sebuah badan amal yang ayahnya adalah pelindungnya. Pada September 2020, anak-anak bertemu David Attenborough; Istana Kensington kemudian merilis video mereka mengajukan pertanyaan kepada Attenborough tentang pelestarian lingkungan. Pada 11 Desember 2020, mereka membuat penampilan karpet merah pertama mereka menemani orang tua mereka ke London Palladium untuk pertunjukan pantomim yang diadakan untuk berterima kasih kepada pekerja kunci atas upaya mereka selama pandemi.

Pada 20 Juni 2021, George dan Charlotte menemani ayah mereka untuk memulai balapan setengah maraton Hari Ayah untuk acara Run Sandringham di Sandringham Estate. Pada 29 Juni 2021, George menemani orang tuanya ke pertandingan sepak bola Kejuaraan Euro 2020 di Stadion Wembley, di mana Inggris bermain melawan Jerman. Beberapa minggu kemudian, pada 11 Juli, George dan orang tuanya juga menghadiri Final Euro 2020, di mana George mendapat perhatian media atas antusiasmenya selama pertandingan.

Pada tanggal 26 Februari 2022, George dan orang tuanya menghadiri pertandingan Rugby Guinness Six Nations antara Wales dan Inggris di Stadion Twickenham, dia bertemu dengan perwakilan olahraga dan menghadiri konferensi pers di mana dia membahas pelajaran Rugby-nya sendiri tetapi tidak mengatakan sisi mana dia mendukung (ayahnya adalah patron Welsh Rugby Union dan ibunya adalah mitra Inggrisnya). Pada 29 Maret 2022, George menemani orang tua dan saudara perempuannya ke kebaktian syukur atas kehidupan mendiang Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

George dan saudara-saudaranya mengikuti prosesi kereta untuk pertama kalinya di acara Trooping the Colour tahun 2022

Pada 2 Juni 2022, selama akhir pekan perayaan Platinum Jubilee milik nenek buyutnya, George dan saudara-saudaranya melakukan debut dalam prosesi kereta Trooping the Color. Prosesi diikuti oleh flypast, di mana ketiga anak Cambridge bergabung dengan orang tua mereka, Ratu, dan bangsawan pekerja lainnya di balkon Istana Buckingham.

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 4 Juni, George dan Charlotte melakukan kunjungan resmi pertama mereka ke Wales bersama orang tua mereka, di mana mereka menghadiri latihan konser di Cardiff Castle, bagian dari perayaan Platinum Jubilee. Kemudian pada hari yang sama, George dan Charlotte menemani orang tua mereka ke Pesta Platinum di Istana. Keesokan harinya, pada tanggal 5 Juni, George menghadiri Kontes Jubilee Platinum bersama orang tua dan saudara-saudaranya. Setelah kontes ia bergabung dengan orang tuanya, adik-adiknya, Ratu, Pangeran Wales, dan Duchess of Cornwall di balkon Istana Buckingham.

Pada 19 September 2022, George dan saudara perempuannya, Putri Charlotte ditemani oleh orang tua mereka, menghadiri pemakaman kenegaraan nenek buyut dari pihak ayah, Ratu Elizabeth II.

Gambaran Publik[sunting | sunting sumber]

"Efek Pangeran George", kadang-kadang dikenal sebagai "efek bayi kerajaan", adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan penjualan pakaian dan produk lain yang digunakan oleh George. Pada tahun 2016, dress dress yang ia kenakan saat bertemu Presiden Obama terjual habis setelah ia terlihat memakainya. Pada bulan September 2017 berita bahwa sekolah Pangeran telah menyajikan hidangan lentil hijau Le Puy mengakibatkan lonjakan penjualan kacang-kacangan. Dia menduduki peringkat nomor 49 dalam daftar "50 Pria Berpakaian Terbaik di Inggris" GQ pada tahun 2015. Pada tahun 2018, George menjadi orang termuda yang muncul dalam daftar pakaian terbaik Tatler.

Orang tua George bersikeras untuk menjaga privasi putra mereka saat ia tumbuh dewasa. Pada bulan Agustus 2015, Istana Kensington menyatakan bahwa mereka ingin semua media global berhenti mengambil foto George yang tidak sah, dengan mengatakan bahwa "telah melewati batas" dalam metode paparazzi untuk menemukan dan memotretnya, termasuk mengawasi keluarga dan mengirim anak-anak untuk dibawa. George terlihat.

Pada Juli 2018 seorang pendukung dan propagandis ISIS dari Lancashire, yang telah mendorong serangan terhadap sekolah George pada Oktober 2017, dipenjara seumur hidup dengan minimal 25 tahun.

Dalam program sketsa satir Inggris Newzoids saat itu, Pangeran George yang masih balita digambarkan sebagai karakter pemberontak, bermulut kotor dengan selera humor yang cabul. Buku anak-anak 2016 Winnie-the-Pooh Meets the Queen, yang ditulis untuk menghormati ulang tahun ke-90 Ratu Elizabeth II dan karakter fiksi Winnie-the-Pooh, menampilkan penampilan cameo dari Pangeran George, yang diberi hadiah oleh Piglet. balon. Sitkom animasi tahun 2021 The Prince dibintangi oleh Pangeran George yang berusia delapan tahun (disuarakan oleh pembawa acara Gary Janetti) yang membuat hidup menjadi sulit baik untuk keluarganya dan untuk kerajaan Inggris, yang kemudian menyebabkan pembatalan setelah hanya dua belas episode pada Februari 2022 karena kritik.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Pangeran George adalah anggota Wangsa Windsor. Secara patrilineal, ia adalah anggota Wangsa Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg.

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

  • 23 Juli 2013 - 08 September 2022 : Yang Mulia Pangeran George dari Cambridge
  • 08 September 2022 - 09 September 2022 : Yang Mulia Pangeran George dari Cornwall dan Cambridge
  • 09 September 2022 - Sekarang : Yang Mulia Pangeran George dari Wales

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sebagai anggota kerajaan yang memegang gelar, George tidak memakai marga, tetapi jika diperlukan, marganya Mountbatten-Windsor.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Royal Family name". The Official Website of the British Monarchy. The Royal Household. Diakses tanggal 24 July 2013. 
  2. ^ "Thousands gather outside Buckingham Palace as Queen arrives home to await news of royal birth after Kate goes into labour". Daily Mail. 22 Juli 2013. Diakses tanggal 3 Januari 2016. 
  3. ^ "Royal baby: Kate gives birth to boy". BBC. 22 Juli 2013. Diakses tanggal 3 Januari 2016. 
  4. ^ "Duchess of Cambridge gives birth to baby boy". Telegraph. 22 Juli 2013. Diakses tanggal 3 Januari 2016. 
  5. ^ "Royal Baby Boy Is Here! See the Easel Set Up Outsied Buckingham Palace with the official announcement". Eonline. 23 Juli 2013. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  6. ^ "Photos/Video: Royal Baby Born, 21 Gun Salute". Bernews. 23 Juli 2013. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  7. ^ "21-son salute". The Sun. 23 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-30. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  8. ^ "Gibraltar – Birth of HRH Prince George of Cambridge". Sepac. 16 Agustus 2013. Diakses tanggal 7 Januari 2016. 
  9. ^ "Kate and William bring home royal baby boy". CNN. Diakses tanggal 7 Januari 2016. 
  10. ^ "William, Kate, show off newborn royal baby boy". Statesboroherald.com. 23 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 7 Januari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pangeran George dari Wales
Lahir: 22 Juli 2013
Urutan suksesi
Didahului oleh:
William, Pangeran Wales
Pewaris takhta Kerajaan Britania Raya
Posisi kedua
Diteruskan oleh:
Putri Charlotte dari Wales