Pangeran Edward, Adipati Kent dan Strathearn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Edward
Adipati Kent dan Strathearn
oleh Tuan William Beechey, 1818
oleh Tuan William Beechey, 1818
Lahir 2 November 1767
Istana Buckingham, London
Mangkat 23 Januari 1820 (umur 52)
Woolbrook Cottage, Sidmouth, Inggris
Makam 12 Februari 1820
Kapel St. George, Istana Windsor
Pasangan Putri Victoria dari Saxe-Coburg-Saalfeld
Anak
Victoria, Ratu Britania Raya
Nama lengkap
Edward Augustus
Wangsa Wangsa Hannover
Ayah George III, Raja Britania Raya
Ibu Charlotte dari Mecklenburg-Strelitz
Pekerjaan Perwira Tentara

Pangeran Edward, Adipati Kent dan Strathearn (lahir Edward Augustus di London, 2 November 1767 – meninggal 23 Januari 1820 pada umur 52 tahun) adalah anak kelima dari raja Britania Raya, George III dari Britania Raya dan Charlotte dari Mecklenburg-Strelitz. Ia juga adalah ayah dari Ratu Britania Raya, Ratu Victoria.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran Edward Augustus lahir di Istana Buckingham pada 2 November 1767, anak kelima dari Raja George III dan Ratu Charlotte. Namanya diambil dari nama saudara ayahnya, Edward, Adipati York, yang meninggal sesaat sebelum kelahiran Pangeran baru. Dia diajari oleh John Fisher yang kemudian menjadi Uskup Salisbury.

Karier Militer[sunting | sunting sumber]

Pada tahap sangat awal Edward Augustus kehilangan mendukung ayahnya, dan ia tidak pernah kembali itu. Raja, tidak menyukai dia sangat, selama bertahun-tahun bertekad untuk menjaga dia dari Inggris. Ditakdirkan untuk tentara seperti beberapa saudara-saudaranya, ia menerima pendidikan menengah dan militer di Hannover dan Lüneburg (Republik Federal Jerman) dan di Jenewa (Swiss), di mana ia sangat bahagia dan mulai kontrak utang yang merongrongnya sepanjang hidupnya. Dia juga memiliki nasib buruk, terbaik dicontohkan oleh kerugian di laut pada tujuh kali dari set mahal dari baju militer dan perlengkapan. Pada 30 Mei 1786 ia dikukuhkan kolonel, dan kemudian di April 1789 menerima jabatan kolonel dari Foot 7. Ketika ia kembali ke London dari Jenewa tahun berikutnya tanpa cuti, ayahnya segera mengirim dia untuk mengambil komando resimen di Gibraltar. Segera menjadi jelas bahwa pangeran itu sangat disiplin bahkan oleh standar zaman dan bahwa ia bergairah prihatin dengan poin menit gaun militer dan kesopanan. Pada 1791-7, yang radang di bawah komando Edward, diperintahkan untuk Quebec. Sebagai seorang pangeran dari darah Edward alami memasuki lingkungan sosial tertinggi di sana, dan dia sangat ramah dengan keluarga Kanada terkemuka. Dengan Ignace-Michel-Louis-Antoine d'Irumberry * de Salaberry ia mempertahankan korespondensi selama sisa hidupnya dan ia mengambil minat yang marak di karier militer Salaberry tiga putra, includingÉdouard-Alphonse dan Charles-Michel *. Pada tahun 1792 ia melakukan kunjungan singkat ke Gubernur Letnan Simcoe di Newark (Niagara-on-the-Lake), Upper Canada.

Pada pecahnya perang dengan Perancis pada tahun 1793 Edward (yang dipromosikan besar-umum pada 2 Oktober) dengan penuh semangat sukarela untuk layanan, dan ia menjabat sebagai komandan brigade pada pengurangan Martinique dan St Lucia di 1794. Dia kemudian pergi ke Halifax, NS, di mana ia diangkat menjadi komandan pasukan di Nova Scotia dan New Brunswick. Pangeran mengambil pandangan buritan mabuk dan judi dan bahkan, menurut sezaman, membuat berdiri tak terhindarkan terhadap apa yang dianggap bermoral masyarakat pada umumnya. Sudah menjadi kebiasaan untuk parade garnisun Halifax setiap pagi di lima dan untuk menghadiri secara pribadi. Berlanjutnya keparahan hukuman nya untuk pelanggaran etik militer membuatnya tidak populer. Pada saat yang sama, bagaimanapun, tindakannya yang diselingi oleh tindakan mencolok kemanusiaan kepada pasukan.

Mengingat perang dengan Perancis, Edward memulai program ambisius rekonstruksi benteng Halifax, yang telah jatuh ke dalam rusak yang cukup setelah revolusi Amerika. Sebuah benteng baru dibangun untuk menggantikan yang lama, dan Benteng Bukit sendiri ditebang untuk mengakomodasi karya-karya baru. Baterai dan benteng lainnya termasuk beberapa menara juga didirikan, dan boom ditempatkan di seluruh Northwest Arm untuk mencegah armada musuh masuk dan membombardir kota dari belakang. Salah satu inovasi adalah penciptaan sistem sinyal untuk memfasilitasi komunikasi antara Halifax dan pos-pos. Meskipun karya-karya ini dibangun dengan biaya yang jauh lebih tinggi dari perkiraan semula, hanya satu dekade kemudian banyak berada di reruntuhan maya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Mei 1818, Edward menikahi Putri Victoria dari Saxe-Coburg-Saalfeld di Coburg. Dia adalah janda Emich Carl, Pangeran Leiningen kedua dan adik Pangeran Leopold. Upacara diulang di Ruang Menggambar Ratu di Istana Kew pada tanggal 11 Juli 1818, pada saat yang sama dengan saudaranya William, Adipati Clarence, menikahi Adelaide dari Saxe-Meiningen.

Kelahiran Ratu Victoria[sunting | sunting sumber]

Pasangan ini tinggal di luar negeri sampai sesaat sebelum kelahiran Ratu Victoria. Meskipun penolakan Bupati untuk mendanai perjalanan, mereka melakukan perjalanan ke Inggris pada April 1819 sehingga bayi mereka bisa lahir di Istana Kensington.

Alexandrina Victoria lahir pada 24 Mei 1819 dan dibaptis sebulan kemudian, pada tanggal 24 Juni.

"Lihatlah baik," kata ayahnya yang bangga padanya, "karena ia akan menjadi Ratu Inggris."

Kematian[sunting | sunting sumber]

Adipati Kent berkerut dingin yang berat dalam perjalanan ke Devon musim dingin itu, kurang dari setahun setelah kelahiran Victoria, yang menjadi pneumonia dari mana ia meninggal pada Woodbrook Cottage pada tanggal 23 Januari 1820. Ia dimakamkan di Kapel St George ,Istana Windsor, pada tanggal 11 Februari. Jandanya, Sang Janda Permaisuri Istri Adipati Kent kembali ke Istana Kensington, di mana dia bertekad untuk membawa putri mereka, yang kedua pada takhta, di Inggris.

Putrinya, yang tidak memiliki memori tentang dia, naik takhta sebagai Ratu Victoria pada kematian pamannya William IV tahun 1837.[1]

Gelar, Gaya, dan Tanda Kehormatan[sunting | sunting sumber]

  • 1767-1799: Yang Mulia Sang Pangeran Edward Augustus
  • 1799-1820: Yang Mulia Adipati Kent dan Strathearn

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "House of Hanover; The Duke of Kent". Diakses tanggal 24 Agustus 2015. Dengan terjemahan ke Bahasa Indonesia 
  • In collaboration with W. S. MacNutt. "Prince Edward Augustus". University of Toronto/Université Laval. Diakses tanggal 24 Agustus 2015. Dengan terjemahan ke Bahasa Indonesia 
  • "Prince Edward, Duke of Kent". Rachel Knowles. Diakses tanggal 24 Agustus 2015. Dengan terjemahan ke Bahasa Indonesia