James, Earl Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari James, Viscount Severn)
Earl Wessex
James di 2023
Kelahiran17 Desember 2007 (umur 16)
Frimley Park Hospital, Frimley, Surrey, Britania Raya
WangsaWindsor (resmi)
Glücksburg (jalur ayah)
Nama lengkap
James Alexander Philip Theo Mountbatten-Windsor
AyahPangeran Edward, Adipati Edinburgh
IbuSophie Rhys-Jones

James Alexander Philip Theo Mountbatten-Windsor, Earl Wessex[1][2] (lahir 17 Desember 2007) merupakan anak kedua dan putra satu-satunya dari Pangeran Edward, Adipati Edinburgh, dan Sophie, Adipatni Edinburgh, dan cucu termuda dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, dan keponakan bungsu dari Raja Charles III. Pada saat kelahirannya, dia berada di urutan ke-8 dalam garis suksesi takhta Inggris; pada 2023, dia berada di urutan ke-15.

Kelahiran dan pembaptisan[sunting | sunting sumber]

James lahir pada 17 Desember 2007, di Rumah Sakit Frimley Park di Frimley, Surrey. Nama lengkapnya, James Alexander Philip Theo, diumumkan pada 21 Desember.

Dia dibaptis pada 19April 2008, di Kapel Pribadi Kastil Windsor oleh David Conner, dekan Windsor, dan wali baptisnya adalah Alastair Bruce dari Crionaich, Duncan Bullivant, Thomas Hill, Denise Poulton dan Jeanye Irwin. Dia mengenakan replika gaun pembaptisan kerajaan yang baru dibuat yang awalnya digunakan oleh Victoria, anak tertua Ratu Victoria, pada tahun 1840. Gaun tersebut telah dipakai untuk sebagian besar pembaptisan kerajaan sejak saat itu, dan gaun aslinya kini telah dipertahankan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2020, James bersekolah di Eagle House School, sebuah sekolah persiapan pendidikan bersama di dekat Sandhurst di Berkshire.

Penampilan resmi[sunting | sunting sumber]

Pada April 2015, James dan saudara perempuannya, Lady Louise Windsor, berpartisipasi dalam pertunangan luar negeri pertama mereka dengan menemani orang tua mereka dalam perjalanan ke Afrika Selatan. Pada September 2020, James berpartisipasi dalam Great British Beach Clean bersama keluarganya di Pantai Southsea di Hampshire, untuk mendukung Marine Conservation Society.

Pada Maret 2022, James menghadiri upacara peringatan untuk Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Pada bulan Juni 2022 dia menghadiri Platinum Jubilee National Service of Thanksgiving dan Pesta Platinum di Istana.

Pada 17 September 2022, selama masa berkabung resmi untuk Ratu Elizabeth II, James bergabung dengan saudara perempuannya dan enam sepupunya untuk berjaga selama 15 menit di sekitar peti mati mendiang Ratu, saat dimakamkan di Westminster Hall. Pada 19 September, dia bergabung dengan anggota keluarga lainnya di pemakaman kenegaraan.

Gelar, gaya, dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar[sunting | sunting sumber]

Sejak kelahirannya hingga Maret 2023, James diberi gelar Viscount Severn, gelar kesopanan yang merupakan gelar anak ayahnya. Penciptaan viscountcy ini mengakui akar Welsh dari keluarga Sophie: Sungai Severn muncul di Wales. Paten surat yang dikeluarkan pada tahun 1917 menetapkan status pangeran dan gaya Yang Mulia untuk semua anak dari putra raja. Ketika orang tuanya menikah, Istana Buckingham mengumumkan bahwa anak-anak mereka akan ditata sebagai anak seorang Earl, bukan sebagai pangeran atau putri. Pada tahun 2020, ibunya menyatakan bahwa James dan saudara perempuannya, Louise mempertahankan gelar dan gaya kerajaan mereka dan dapat membuat pilihan apakah akan menggunakannya sejak usia 18 tahun.

Tentang penciptaan ayahnya sebagai Adipati Edinburgh pada 10 Maret 2023, James diberi gelar kesopanan Earl of Wessex, gelar itu sekarang menjadi gelar anak paling senior dari ayahnya. Karena Dukedom of Edinburgh adalah gelar kebangsawanan seumur hidup, James tidak akan mewarisinya setelah kematian ayahnya. Namun, dia adalah pewaris gelar bangsawan ayahnya: Earl Wessex, Earl Forfar, dan Viscount Severn.

  • 17 Desember 2007 - 10 Maret 2023 : James, Viscount Severn
  • 10 Maret 2023 - Sekarang : James, Earl Wessex

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2008, untuk menghormati kunjungan ayahnya ke provinsi Manitoba di Kanada, Letnan Gubernur Manitoba menamai sebuah danau di utara provinsi itu dengan nama James.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Countess of Wessex – Marriage and family". The official website of the British Monarchy. 2008/2009. Diakses tanggal 4 April 2011. 
  2. ^ "Special Report , 1999 , 06/99 , royal wedding , Wessex titles for Edward and Sophie". BBC News. 19 June 1999. Diakses tanggal 30 October 2010. 
  3. ^ a b Rebecca Russell [@rmrussell29] (17 September 2022). "Peter Phillips, Zara Tindall, The Prince of Wales, The Duke of Sussex, Princess Beatrice, Princess Eugenie, Lady Louise Windsor and James, Viscount Severn have mounted a vigil around their grandmother's coffin at Westminster Hall" (Tweet). Diakses tanggal 10 March 2023 – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]