Legend of Mana: The Teardrop Crystal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Legend of Mana: The Teardrop Crystal
Visual utama
聖剣伝説 Legend of Mana -The Teardrop Crystal-
(Seiken Densetsu Legend of Mana: The Teardrop Crystal)
PenciptaSquare Enix
Seri anime
SutradaraMasato Jinbo
SkenarioMasato Jinbo
MusikYoko Shimomura
Studio
  • Yokohama Animation Laboratory
  • Graphinica
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
MBS, TBS
Tayang 8 Oktober 2022 24 Desember 2022
Episode12
 Portal anime dan manga

Legend of Mana: The Teardrop Crystal (Jepang: 聖剣伝説 Legend of Mana -The Teardrop Crystal-, Hepburn: Seiken Densetsu Legend of Mana: The Teardrop Crystal) adalah seri televisi anime yang diproduksi oleh Yokohama Animation Laboratory dan Graphinica berdasarkan permainan video Legend of Mana karya Square Enix. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober hingga tanggal 24 Desember 2022.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tidak jauh dari kota Domina, seorang anak laki-laki bernama Shiloh terus mendengar suara dalam mimpinya tentang misi yang harus dipenuhi. Tetapi misi apa yang harus dipenuhi tidak diketahui. Semuanya berubah ketika Shiloh bertemu Jumi, ras yang memburu batu permata unik, saat serangan tiba-tiba terhadap ras Jumi terjadi. Mimpinya, pencariannya, menjadi jelas saat Shiloh membantu ras Jumi dan batu permata mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Shiloh (シャイロ, Shairo)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki[1]
Seorang anak laki-laki yang tinggal di dekat kota Domina. Ia baik hati dan penuh perhatian. Setelah bertemu dengan Ruri dan Pearl, ia terlibat dalam insiden yang melibatkan ras Jumi.
Ruri (瑠璃)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara[1]
Seorang ksatria mutiara yang memiliki inti Lapis Lazuli di tubuhnya. Ia berpetualang bersama Pearl dan sangat menyayanginya.
Pearl (真珠姫, Shinju-hime)
Pengisi suara: Kaori Nazuka[1]
Seorang putri cantik yang memiliki inti mutiara di tubuhnya. Ia memiliki kepribadian yang lembut dan mengagumi Shiloh sebagai kakaknya, tetapi ia mudah tersesat saat berpetualang.
Serafina (セラフィナ)
Pengisi suara: Saori Hayami[2]
Seorang gadis yang ditemui oleh Shiloh dalam perjalanannya. Ia ceria, mudah bergaul dan membantu Shiloh, yang baru saja ditemuinya.
Bud (バド, Bado)
Pengisi suara: Yūko Sanpei[2]
Seorang anak laki-laki yang bermimpi menjadi penyihir hebat sekaligus saudara kembar Corona. Ia menggunakan sihir untuk membuat kerusuhan di kota Domina, tetapi ia akhirnya menyerah saat berhadapan dengan kekuatan Shiloh. Ia kemudian memuja Shiloh sebagai majikannya dan tinggal di rumah Shiloh. Ia memiliki penggorengan ajaib yang selalu dibawanya sebagai kenang-kenangan ibunya.
Corona (コロナ)
Pengisi suara: Shino Shimoji[2]
Seorang anak perempuan yang ceria, pemalu, aktif dan tegas sekaligus saudara kembar Bud. Setelah insiden di kota Domina yang melibatkan Bud dan Shiloh, ia dan Bud tinggal di rumah Shiloh. Ia memiliki sapu ajaib yang selalu dibawanya sebagai kenang-kenangan ayahnya.
Duelle (ドゥエル, Dueru)
Pengisi suara: Sachi Kokuryu[2]
Seorang pendekar tombak misterius yang terampil dan berpengalaman. Ia mengajari Shiloh cara menggunakan tombak.
Li'l Cactus (サボテン君, Saboten-kun)
Pengisi suara: Yurika Kubo[2]
Kaktus pemalu dan pendiam yang dirawat oleh Shiloh di rumahnya dan bisa berjalan. Shiloh selalu menceritakan kisah petualangannya dan ia membiarkan imajinasinya menjadi liar dan diam-diam menulis tentang mereka di buku hariannya.
Sandra (サンドラ, Sandora)
Pengisi suara: Minako Kotobuki[3]
Seorang pencuri permata tak dikenal yang hanya mengincar permata berkilau. Ia menyerang ras Jumi dan mencuri intinya sehingga Inspektur Void mengejarnya.
Esmeralda (エメロード, Emerōdo)
Pengisi suara: Ayane Sakura[3]
Seorang siswa Akademi Sihir Kota Geo. Meskipun ia menyendiri, ia adalah permata zamrud dan putri bungsu dari empat bersaudara. Gurunya, Nunuzak, menjemputnya dan mengangkatnya sebagai murid Nunuzak hingga ia mengabdikan dirinya untuk mempelajari sihir.
Florina (蛍姫, Hotaru-hime)
Pengisi suara: Reina Ueda[3]
Seorang putri cantik yang memiliki inti florit di tubuhnya. Ia dibesarkan sebagai putri kerajaan dan mampu menyembuhkan inti klannya sendirian sehingga ia bertanggung jawab atas klannya dan mengorbankan diri. Keberadaannya saat ini tidak diketahui.
Diana (ディアナ)
Pengisi suara: Manami Numakura[3]
Seorang putri cantik yang memiliki inti berlian di tubuhnya. Ia adalah pemimpin Kota Permata tempat ras Jumi tinggal. Setelah Florina menghilang, kota itu runtuh dan keberadaannya saat ini tidak diketahui.
Inspektur Void (ボイド警部, Boido Keibu)
Pengisi suara: Shinpachi Tsuji[4]
Sproutlings (草人, Kusabito)
Pengisi suara: Chitose Morinaga[4]
Niccolo (ニキータ, Nikīta)
Pengisi suara: Wataru Takagi[4]
Rachel (レイチェル, Reicheru)
Pengisi suara: Minami Takahashi[4]
Mark (マーク, Māku)
Pengisi suara: Makoto Yasumura[4]
Nouvelle (ヌヴェル, Nuveru)
Pengisi suara: Hiroshi Yanaka[4]
Miss Yuka (ユカちゃん, Yuka-chan)
Pengisi suara: Misaki Kuno[4]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Seri televisi anime ini diumumkan pada bulan Juni 2021 oleh Square Enix dalam siaran langsung ulang tahun seri permainan video Mana yang ke-30. Seri ini diproduksi oleh Yokohama Animation Laboratory dan Graphinica dengan Warner Bros. Japan memproduksi seri ini.[5] Proyek ini dimulai setelah seorang karyawan Warner Bros. mendekati Masaru Oyamada, produser permainan video Mana dan menyampaikan bahwa ia sangat bersemangat untuk membuat adaptasi Legend of Mana.[6] Hal inilah yang mendorong pengembangan ulang permainan video Legend of Mana.[7] Seri ini ditulis dan disutradarai oleh Masato Jinbo, dengan desain karakter oleh Taro Ikegami berdasarkan desain asli karya HACCAN dan musik disusun oleh Yoko Shimomura.[1] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober hingga tanggal 24 Desember 2022 pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS dan saluran lainnya.[4][8] Saori Hayami membawakan lagu tema pembuka seri ini yang berjudul "Tear of Will" yang disusun oleh Kevin Penkin.[2][9] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini.[10]

No.Judul [11]Tanggal tayang asli [12]
1"Lapis Lazuli: Part 1"
Transkripsi: "Rapisu Razuri (Zenpen)" (ラピスラズリ(前編))
8 Oktober 2022 (2022-10-08)
Shiloh, seorang anak laki-laki yang tinggal di dekat Kota Domina, selalu melihat mimpi yang sama. Mimpi tentang seorang Dewi yang muncul dan mengatakan kepadanya bahwa ia memiliki suatu misi. Namun, Shiloh masih belum tahu apa arti mimpi itu. Saat Shiloh terbangun, ia meminta saudara kembar Corona dan Bud untuk membantunya memanen buah di kebun, memberi pakan hewan dan berkeliling Kota Domina. Lalu, Shiloh bertemu dengan Ruri yang sedang putus asa mencari seseorang.
2"Lapis Lazuli: Part 2"
Transkripsi: "Rapisu Razuri (Kōhen)" (ラピスラズリ(後編))
15 Oktober 2022 (2022-10-15)
Shiloh mengejar Ruri ke Gua Mekiv, tetapi ia malah bertemu terlebih dahulu dengan orang yang dicari Ruri, Pearl. Entah kenapa Shiloh dipanggil "kakanda" oleh Pearl. Shiloh dan Pearl menyusuri gua untuk mencari Ruri dan tanpa disadari, mereka pun terpisah. Shiloh, yang berhasil bertemu dengan Ruri, kali ini mereka yang mencari Pearl. Sementara itu, Pearl bertemu dengan monster yang besar.
3"Ruby"
Transkripsi: "Rubī" (ルビー)
22 Oktober 2022 (2022-10-22)
Shiloh memutuskan untuk pergi ke Kota Bukit, Gato, bersama Inspektur Void. Sesampainya di sana, mereka mengunjungi Kuil Penyembuhan karena di sanalah tempat surat peringatan tersebut ditemukan. Di sana adalah tempat Api Penyembuh yang pernah menyelamatkan para tentara yang terluka saat Perang Peri terjadi ratusan tahun lalu. Inspektur Void menjaga kuil dan Shiloh melanjutkan pencariannya tentang ras Jumi.
4"Sapphire"
Transkripsi: "Safaia" (サファイア)
29 Oktober 2022 (2022-10-29)
Menyusul laporan catatan lain yang ditinggalkan oleh Pemburu Permata, Shiloh dan Inspektur Void pergi ke Hotel Tepi Laut di Polpota. Mereka berdua bekerja untuk menyelidiki kasus Pemburu Permata serta mencari ras Jumi. Di tengah penyelidikan mereka, mereka bertemu Thoma, seorang prajurit kekaisaran yang menyelidiki misteri di balik kapal karam baru-baru ini. Setelah mengetahui tentang keberadaan permata misterius dengan kekuatan aneh dari para penduduk setempat, mereka berdua menuju ke Hotel Tepi Laut untuk bertemu dengan Zaruzakana.
5"White Pearl"
Transkripsi: "Howaito Pāru" (ホワイトパール)
5 November 2022 (2022-11-05)
Serafina mengantarkan Shiloh yang terluka parah ke rumahnya, lantas disambut oleh Bud dan Corona. Mereka bertiga merawat Shiloh yang terkena demam tinggi. Setelah tiga hari, Shiloh pun terbangun, tetapi Serafina sudah tidak ada di rumah. Inspektur Void memberitahu Shiloh untuk tidak perlu terlibat lagi dengan kasus pemburuan permata. Namun, Shiloh yang tidak mau berdiam diri pun pergi ke Menara Leires demi mendapatkan pedang yang lebih kuat.
6"Emerald"
Transkripsi: "Emerarudo" (エメラルド)
12 November 2022 (2022-11-12)
Setelah dua bulan bersekolah di Akademi Sihir Kota Geo, Serafina dapat berbaur dengan semua orang di sana berkat sifatnya yang ceria. Ia pun mendapat teman yang bernama Esmeralda, lalu ia berhasil menunjukkan kemampuannya di kelas sihir. Setelah itu, Serafina bertemu dengan Shiloh yang sedang berkunjung ke Geo. Shiloh memperkenalkan temannya, Ruri dan Pearl, lalu Serafina pun memperkenalkan temannya, Esmeralda. Saat itulah, Serafina mengetahui kalau Esmeralda adalah anggota ras Jumi.
7"Diamond"
Transkripsi: "Daiamondo" (ダイアモンド)
19 November 2022 (2022-11-19)
Shiloh, Serafina, Ruri, Pearl dan Esmeralda pergi ke Pantai Madora untuk mencari inti saudara Esmeralda. Saat Pearl menikmati pemandangan pantai dari dekat, Ruri dan Esmeralda merasakan hawa keberadaan ras Jumi. Tidak lama kemudian, seekor penguin bernama Valerie memanggil Shiloh. Valerie sedang mengerami buah hati miliknya dan David. Shiloh pun mendapatkan informasi tentang inti ras Jumi darinya.
8"Black Pearl"
Transkripsi: "Burakku Pāru" (ブラックパール)
26 November 2022 (2022-11-26)
Shiloh dan Ruri sangat panik ketika mereka mengetahui Pearl tidak ada di penginapan. Di saat mereka sedang mencurigai Serafina yang mungkin telah menculiknya, mereka menemukan sepucuk surat di kamar. Di surat itu, mereka diperintahkan untuk pergi ke Gua Mekiv jika ingin menyelamatkan Pearl. Di sana, mereka bertemu dengan Pemburu Permata, Sandra, yang sedang menyandera Pearl. Sandra langsung mengalahkan Shiloh dan Ruri serta memaksa Pearl untuk meneteskan air matanya.
9"Alexandrite"
Transkripsi: "Arekusandoraito" (アレクサンドライト)
3 Desember 2022 (2022-12-03)
Sebuah kota dalam reruntuhan terkubur di padang pasir. Sandra kembali ke tempat persembunyiannya di sana dan mengambil inti permata yang selama ini telah dikumpulkannya untuk dibawa ke Raja Permata di Kota Permata. Sementara itu, Shiloh dan Ruri pergi mengejar Pearl yang menuju Menara Leires.
10"Fluorite"
Transkripsi: "Furōraito" (フローライト)
10 Desember 2022 (2022-12-10)
Putri Hotaru berada di dalam kotak sempit dan sedang dihantui oleh mimpi buruk. Alex pun membuka kotak itu dan memegang tangan Putri Hotaru. Kejadian itu berlokasi di toko permata di Kota Sihir Geo. Sementara itu, Shiloh dan Serafina pergi mengejar Ruri dan Pearl hingga tiba di Kota Sihir Geo. Mereka berempat pun bertemu di rumah saudagar Kristie. Di sana, Ruri mempertemukan Pearl dengan Diana, tetapi Pearl sama sekali tidak tahu apa-apa. Diana bercerita tentang sejarah ras Jumi pada mereka.
11"Teardrop Crystal (Part 1)"
Transkripsi: "Tiasutōn (Zenpen)" (ティアストーン(前編))
17 Desember 2022 (2022-12-17)
Ruri, Pearl dan Hotaru bertemu di toko perhiasan di kota ajaib Geo. Alhasil, Pearl mendapatkan kembali wujud lain sebagai Lady Black Pearl. Lady Black Pearl telah memecahkan berbagai misteri dan ia menceritakan rahasia Alexander alias Sandra yang mengkhianati ras Jumi dalam upaya menyelamatkan Hotaru. Kemudian, Shiloh dan Ruri menuju ke Kota Permata dengan perasaan yang dipercayakan kepada mereka oleh Hotaru.
12"Teardrop Crystal (Part 2)"
Transkripsi: "Tiasutōn (Kōhen)" (ティアストーン(後編))
24 Desember 2022 (2022-12-24)
Shiloh dan Ruri berdiri di Kota Permata. Sandra akhirnya muncul, lalu Ruri marah hingga Sandra menjelaskan alasannya mengincar inti ras Jumi. Shiloh dan Ruri mempersiapkan pedang mereka untuk menghentikan rencana Sandra, tetapi Sandra menyebabkan munculnya Raja Permata yang ganas. Serafina muncul di depan mereka berdua, yang akhirnya lolos dari bahaya dengan Pedang Takdir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Mateo, Alex (26 April 2022). "Legend of Mana: The Teardrop Crystal Anime Reveals Promo Video, Visual, Cast, Staff". Anime News Network. Diakses tanggal 26 April 2022. 
  2. ^ a b c d e f Pineda, Rafael Antonio (28 Juni 2022). "Legend of Mana: The Teardrop Crystal Anime's Video Reveals More Cast, October Debut, Opening Song". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Juni 2022. 
  3. ^ a b c d Morrissy, Kim (16 September 2022). "Legend of Mana: The Teardrop Crystal Anime's 2nd Promo Video Reveals More Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 16 September 2022. 
  4. ^ a b c d e f g h Hodgkins, Crystalyn (19 Agustus 2022). "Legend of Mana: The Teardrop Crystal Anime Reveals More Cast, October 7 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Agustus 2022. 
  5. ^ Pineda, Rafael Antonio (27 Juni 2021). "Square Enix's Legend of Mana RPG Gets Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Juni 2021. Diakses tanggal 27 Juni 2021. 
  6. ^ Taylor, Mollie (29 Juni 2021). "Old-school RPG Legend of Mana is getting an anime adaptation". PC Gamer. Future plc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Juli 2021. Diakses tanggal 2 Oktober 2021. 
  7. ^ Vitale, Adam; Stenbuck, Kite (28 Juni 2021). "Legend of Mana - The Teardrop Crystal anime announced; will air worldwide". RPG Site. Mist Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Juni 2021. Diakses tanggal 2 Oktober 2021. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (25 Maret 2022). "Legend of Mana: The Teardrop Crystal Anime Reveals TV Format, 2022 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 25 Maret 2022. 
  9. ^ @kevinpenkin (29 Juni 2022). "It is beyond crazy to be able to announce that I am the composer of the Opening Theme to the 『聖剣伝説 Legend of Mana -The Teardrop Crystal』anime, with vocals & lyrics by the amazing Hayami Saori (@hayami_official)" (Tweet). Diakses tanggal 4 Juli 2022 – via Twitter. 
  10. ^ Mateo, Alex (21 September 2022). "Crunchyroll Announces Release Schedule for Fall 2022 Anime Season". Anime News Network. Diakses tanggal 21 September 2022. 
  11. ^ "Sutōrī|Terebi Anime "Seiken Densetsu Legend of Mana: The Teardrop Crystal"" STORY|TVアニメ「聖剣伝説 Legend of Mana -The Teardrop Crystal-」 [Story|TV Anime "Legend of Mana: The Teardrop Crystal" Official Website] (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 November 2022. 
  12. ^ "On'ea|Terebi Anime "Seiken Densetsu Legend of Mana: The Teardrop Crystal"" ON AIR|TVアニメ「聖剣伝説 Legend of Mana -The Teardrop Crystal-」 [On Air|TV Anime "Legend of Mana: The Teardrop Crystal" Official Website] (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 November 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]