Magatsu Wahrheit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Magatsu Wahrheit
Tajuk permainan
禍つヴァールハイト
(Magatsu Vāruhaito)
Permainan
PengembangKLab
PenerbitKLab
PembuatSakajiri Kazuto
MusikMasaru Yokoyama
GenrePermainan bermain peran daring multipemain masif
MesinUnity
PlatformAndroid, iOS
Rilis
  • JP: 23 April 2019
  • WW: Oktober 2020
Seri anime
Magatsu Wahrheit -Zuerst-
SutradaraNaoto Hosoda
Skenario
  • Naoto Hosoda
  • Yūichirō Momose
MusikMasaru Yokoyama
StudioYokohama Animation Laboratory
PelisensiFunimation
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, Wowow, MBS
Tayang 13 Oktober 2020 29 Desember 2020
Episode12
 Portal anime dan manga

Magatsu Wahrheit (Jepang: 禍つヴァールハイト, Hepburn: Magatsu Vāruhaito, terj. "Evil Truth") adalah permainan bermain peran daring multipemain masif untuk ponsel cerdas yang dikembangkan dan diterbitkan oleh KLab. Permainan ini didukung oleh Unity dan tersedia untuk Android dan iOS pada bulan April 2019 di Jepang. Adaptasi seri televisi anime dari permainan ini diproduksi oleh Yokohama Animation Laboratory dan ditayangkan mulai tanggal 13 Oktober hingga tanggal 29 Desember 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Permainan diatur di dunia yang telah dihancurkan oleh sepuluh "cahaya" (Jepang: ) dan mengikuti korps seluler, sebuah organisasi penelitian oleh mereka yang memperoleh kekuatan dari "cahaya".[1]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Innumael (イヌマエル, Innumaeru)
Pengisi suara: Atsushi Abe[2]
Seorang pemuda yang berkecimpung di industri transportasi. Ia adalah seorang penyelundup, yang oleh rekan-rekannya dijuluki "The Dog". Suatu hari, Leocadio membantunya memuat truk lebih cepat, tetapi secara tidak sengaja memuat dua paket yang tidak dimaksudkan untuk pengiriman. Ia selesai memuat paket dan mengemudikan truk ke tujuannya. Ia dihentikan di pos pemeriksaan pabean di mana seorang penjaga memeriksa paket, yang ternyata menyimpan senjata. Innumael dipenjara karena penyelundupan, tetapi ia dibebaskan oleh Headkeeper organisasi penyelundupan. Ia dan penyelamatnya melarikan diri dan dicap sebagai penjahat.
Leocadio (レオカディオ, Reokadio)
Pengisi suara: Yūki Ono[2]
Seorang pemuda serius yang tergabung dalam Zeroth Platoon dari Tentara Kekaisaran Wahrheit. Ia tinggal bersama saudara-saudaranya dan Seitz, seorang teman masa kecilnya. Pada hari pertamanya sebagai tentara kekaisaran, ia melihat seorang pengantar dimarahi karena malas dan memutuskan untuk membantunya memuat truknya tetapi ia akhirnya mengangkut barang yang seharusnya tidak dimuat. Kemudian, ia dan pasukannya ditugaskan untuk mengangkut seorang penjahat yang menyelundupkan barang, yang ternyata adalah Innumael. Tetapi saat Innumael dibebaskan dari penjara oleh organisasi penyelundupan Headkeeper, komandan Leocadio, Helman, berhasil menemukan mereka dan melibatkan mereka dalam pertarungan.
Schaake (シャアケ・グートハイル, Shaake Gūtohairu)
Pengisi suara: Yumiri Hanamori[2]
Seorang anggota organisasi penyelundupan Headkeeper. Ia adalah seorang penyihir di tim yang dipimpin oleh Arnold. Ia dan anggota Headkeeper lainnya pergi untuk mengambil paket yang memang untuk mereka, tetapi mengetahui bahwa paket itu salah dimuat ke truk dan diangkut keluar dari pangkalan. Saat ia mencoba melacaknya, kelompok tersebut mengetahui bahwa seorang sopir pengiriman ditangkap karena menyelundupkan senjata dan menyadari bahwa paket itu adalah paket milik mereka.
Elfriede (エルフリーデ, Erufurīde)
Pengisi suara: Yukiyo Fujii[2]
Seorang anggota wanita dari organisasi penyelundupan Headkeeper. Ia menyusup ke Ibu Kota Kekaisaran dan melakukan misi intelijen sendiri. Ia menyusup ke Ibu Kota Kekaisaran dan mengetahui bahwa uang dari Headkeeper mengalir ke Dewan Pusat. Ia menyadari ada pengkhianat di antara mereka dan memberitahu Fritz, yang kemudian memberitahunya untuk menyelidiki rumah sakit jiwa yang ditutup bertahun-tahun yang lalu. Percaya bahwa hal ini juga dapat menuntunnya untuk menemukan pengkhianat, ia menyusup dan mengetahui bahwa Marie Balto terlibat dalam eksperimen rahasia manusia, tetapi ia ditangkap sebelum ia dapat melarikan diri. Arnold dan Benjamin memimpin misi penyelamatan dan berhasil menemukannya di sebuah kapsul di rumah sakit jiwa.
Helman (ヘルマン, Heruman)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda[2]
Helman adalah kapten Zeroth Platoon dari Kekaisaran Wahrheit. Ia menugaskan Leocadio ke Seitz. Mereka ditugaskan untuk membawa penjahat kembali ke Ibu Kota dan pergi untuk membawanya, tetapi ia mengetahui ada penjarahan dan penyelundupan Headkeeper yang membawa pria itu, Innumael. Helman menyimpulkan bahwa Headkeeper berusaha menyesatkan mereka dan memimpin peleton ke arah yang berlawanan di mana mereka menemukan anggota Headkeeper. Tidak dapat melarikan diri, Headkeeper terlibat dalam perkelahian dan Helman melukai Damian, tetapi Seitz meninggal. Ia menculik Damian sebagai tahanan, tetapi ia tidak melaporkan bahwa ia masih hidup dan menyiksanya untuk mengetahui tentang persembunyian Headkeeper di kota berikutnya. Ia mengelilingi kota itu, tetapi Headkeeper berhasil melarikan diri.
Arnold (アルノルト, Arunoruto)
Pengisi suara: Kenichirō Matsuda[3]
Seorang anggota Headkeeper. Ia dan anggota Headkeeper lainnya pergi untuk mengambil paket yang dimaksudkan untuk mereka, tetapi ia mengetahui bahwa paket itu salah dimuat ke truk dan diangkut keluar dari pangkalan. Saat melacaknya, mereka mengetahui bahwa Innumael ditangkap karena menyelundupkan senjata dan menyadari paket itu adalah paket milik mereka. Mereka membuat rencana dan ia memimpin mereka untuk masuk ke penjara dan menyelamatkan pengemudi dan mengambil paket mereka. Saat berlari, Helman memimpin tentara kekaisaran, berhasil menemukan mereka dan melibatkan mereka dalam pertarungan. Kalah dalam pertarungan, mereka menciptakan ledakan untuk mengalihkan perhatian tentara kekaisaran dan berhasil melarikan diri.
Benjamin (ベンジャミン)
Pengisi suara: Junichi Yanagita[3]
Seorang anggota tim Arnold. Ia dan anggota Headkeeper lainnya pergi untuk mengambil paket yang dimaksudkan untuk mereka, tetapi ia mengetahui bahwa paket itu salah dimuat ke truk dan diangkut keluar dari pangkalan.
Klaus (クラウス, Kurausu)
Pengisi suara: Ryōta Suzuki[3]
Seorang anggota tim Arnold.
Conrad (コンラッド, Konraddo)
Pengisi suara: Kazuyuki Okitsu[3]
Seorang prajurit senior Tentara Kekaisaran Warheit. Ia adalah senior Leocadio dan adik Seitz. Ia diperintahkan oleh Helman untuk membawa seorang tahanan kembali ke Ibu Kota, yang dibebaskan oleh Headkeeper, kemudian peletonnya akhirnya mengejar mereka dan terlibat dalam pertarungan di mana Seitz meninggal. Para prajurit mengikuti Headkeeper ke kota berikutnya, tetapi organisasi tersebut berhasil melarikan diri. Ia dan Leocadio kemudian ditugaskan untuk menemukan dan menculik Shisel, adik perempuan Innumael.
Fritz (フリッツ, Furittsu)
Pengisi suara: Tarusuke Shingaki[3]
Seitz (ザイツ, Zaitsu)
Pengisi suara: Takuya Satō[4]
Damian (ダミアン)
Pengisi suara: Taishi Murata[4]
Shisel (シセル, Shiseru)
Pengisi suara: Aya Yamane[4]
Marie (マリー, Marī)
Pengisi suara: Masako Katsuki[4]
Profesor Radovaud (ラドバウド博士, Radobaudo Hakase)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi[4]
Jade (ジェイド, Jeido)
Pengisi suara: Minoru Shiraishi[4]
Lotus (ロータス, Rōtasu)
Pengisi suara: Shinya Takahashi[4]
Irma (イルマ, Iruma)
Pengisi suara: Maria Naganawa[4]
Seorang anggota Headkeeper cabang Teito. Di sebuah persembunyian di Ibu Kota, ia mengenali Innumael dari poster buronan. Setelah Fritz menginstruksikan mereka tentang operasi penyelamatan, ia dan Innumael ditempatkan dalam pengawasan. Innumael melihat Leocadio dan pergi. Setelah ia kembali, ia mengatakan kepadanya bahwa tentara kekaisaran mengetahui tindakan mereka dan semua itu adalah jebakan. Mereka membentuk rencana pelarian. Innumael memimpin tentara kekaisaran pergi, yang akhirnya mengikutinya. Setelah kehilangan mereka di gudang tempatnya bekerja, ia datang untuk menjemputnya dengan mobil dan mereka melarikan diri.
Faust (ファウスト, Fausuto)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita[4]

Media[sunting | sunting sumber]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dikembangkan dan diterbitkan oleh KLab menggunakan mesin permainan Unity.[5] Permainan ini dirilis di Jepang pada tanggal 23 April 2019 di Android dan iOS.[6][7] Mobimon mendapatkan lisensi permainan ini untuk rilis global pada bulan Oktober 2020.[8] Versi Jepang mengakhiri layanan pada tanggal 31 Maret 2021, sedangkan versi global mengakhiri layanan pada tanggal 25 Februari 2022 karena hak lisensi yang kadaluarsa.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari permainan ini diumumkan pada tanggal 24 Maret 2018,[9] dan ditayangkan pada tanggal 23 April 2020. Seri ini diproduksi oleh Yokohama Animation Laboratory dan ditayangkan mulai tanggal 13 Oktober hingga tanggal 29 Desember 2020 di Tokyo MX, BS11, Wowow dan MBS.[4][10][2] Lagu tema pembuka yang berjudul "Kimi wo Sukueru nara Boku wa Naninimo naru" (君を救えるなら僕は何にでもなる, "I Can Do Anything if I Can Save You") dibawakan oleh Maon Kurosaki, sedangkan lagu tema penutup yang berjudul "Disclose" dibawakan oleh Helical.[10] Di Asia Tenggara, lisensi seri ini didapatkan oleh Muse Communication.[11] Funimation mendapatkan lisensi seri ini dan menyiarkannya di situs webnya di Amerika Utara dan Britania Raya.[12]

No.Judul [13]SutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asli [14]
1"THE GETAWAY -Part One-"Kōji Kobayashi, Masaoki NakajimaNaoto Hosoda13 Oktober 2020 (2020-10-13)
Di suatu kekaisaran, angka kejahatan meningkat seiring dengan aktifnya gerakan monster akibat cahaya dari ramalan awal mula. Dewan Pusat melarang kepemilikan senjata api untuk mencegah adanya kelompok teroris. Leocadio, seorang tentara magang, memulai harinya sebagai tentara kekaisaran dengan berpatroli di sekitar pelabuhan. Leocadio membantu Innumael, seorang kurir dari perusahaan jasa pengangkutan, untuk mengangkut beberapa paket. Sebuah paket yang nantinya mengubah nasib dua pemuda ini.
2"THE GETAWAY -Part Two-"Tamaki NakatsuNaoto Hosoda20 Oktober 2020 (2020-10-20)
Innumael yang menjadi buronan kekaisaran melakukan pembunuhan terhadap seorang tentara. Ia memutuskan turut bersembunyi di persembunyian Headkeeper. Sementara itu, Leocadio tengah berduka karena teman masa kecilnya terbunuh.
3"Of Creatures and Men"Ryūta OnoYūichirō Momose27 Oktober 2020 (2020-10-27)
Dengan kecerdikan Innumael, Headkeeper berhasil lolos dari kejaran tentara kekaisaran. Di perjalanan menuju wilayah Gutheil, mereka membantu penduduk desa yang sedang diserang oleh monster. Di lain pihak, seorang mata-mata Headkeeper, Elfriede, sedang mencari informasi tentang anggota dewan yang menggelapkan dana organisasinya.
4"Live with Honor, Die with No Pride"Xinya CaiYūichirō Momose3 November 2020 (2020-11-03)
Atas perintah Helman, Leocadio datang ke desa Innumael untuk membawa adik Innumael, Shisel, serta menjelaskan tindak kejahatan yang dilakukan Innumael saat berada di Ibu Kota. Di lain pihak, Elfriede menyusup ke rumah sakit terbengkalai guna melacak aliran penggelapan dana Headkeeper ke salah satu anggota Dewan Pusat. Di laboratorium tersebut, ia menemukan siapa anggota Dewan Pusat yang menggelapkan dana Headkeeper dan mengetahui identitas asli para monster yang mengancam masyarakat kekaisaran.
5"From Gutheil with Love"Motohiro AbeYūichirō Momose10 November 2020 (2020-11-10)
Atas perintah Dewan Marie Balto, sang juru bicara rakyat, Kekaisaran bersama dengan tentara memulai gerakan untuk menangkap para anggota Headkeeper yang mendistribusikan senjata ke rakyat. Sementara itu, tim Arnold berkunjung ke Gutheil untuk meminta perintah baru dari kepala cabang Headkeeper setempat. Innumael ditugaskan untuk membeli oleh-oleh untuk Kepala Cabang. Schaake pulang ke rumah ayahnya yang merupakan Adipati Gutheil demi mencari suatu petunjuk.
6"Rogue Infiltration"Michita ShiraishiNaoto Hosoda17 November 2020 (2020-11-17)
Innumael yang tiba di Ibu Kota pergi ke markas Headkeeper untuk menerima perintah selanjutnya. Misi penyelamatan dua anggota Headkeeper di dua sisi kota berbeda dimulai. Innumael menyadari bahwa informasi tentang misi penyelamatan ini sudah bocor ke telinga tentara karena melihat Leocadio. Di sisi lain, ada monster-monster yang mengamuk di Ibu Kota.
7"Rogue Operation"Tōru TakahashiNaoto Hosoda24 November 2020 (2020-11-24)
Melalui percobaan "cahaya", banyak monster yang tercipta dari bekas pabrik kertas dan bekas rumah sakit jiwa yang menyerang seisi Ibu Kota saat operasi penyerbuan Headkeeper. Innumael dan Irma bergegas ke luar kota untuk bersembunyi dari kejaran Leocadio dan rekan-rekannya. Innumael hampir terbunuh oleh anggota tim Helman, tetapi Elfriede dalam bentuk monster rupanya juga mengejar mereka.
8"Rogue Ultimatum"Tamaki NakatsuNaoto Hosoda1 Desember 2020 (2020-12-01)
Dewan Marie yang menggawangi operasi penangkapan Headkeeper kini diberi tanggung jawab baru untuk mengurus kota baru Fixion oleh Kaisar di tengah bencana yang melanda Ibu Kota. Di lain pihak, Innumael dan Conrad yang mencoba keluar dari lorong bawah tanah tempat mereka menemukan Bara Freeren dan bertemu Helman yang membawa Shisel sebagai sandera. Elfriede dalam bentuk monster juga ikut bertikai sehingga ada tiga poros tempur di tempat tersebut.
9"State of the Empire"Xinya Cai, Masaoki NakajimaYūichirō Momose8 Desember 2020 (2020-12-08)
Innumael berhasil selamat dari ancaman Elfriede dalam bentuk monster dan Herman dengan bantuan Leocadio dan Schaake. Elfriede yang mendapatkan kesadarannya kembali berpesan kepada Innumael dan rekan-rekannya untuk pergi ke kota baru Fixion menemui Duta Georg Esterhazy. Leocadio, yang tengah ragu apakah ikut dengan Headkeeper atau tidak, memulai penyelidikan terhadap penyakit Api Guntur.
10"Break Free"Toshiya NiidomeYūichirō Momose15 Desember 2020 (2020-12-15)
Dewan Marie terlibat dalam semua peristiwa penting, yakni pembangunan menara di lingkar dalam Ibu Kota, insiden Bara Freeren dan pemindahan Ibu Kota ke kota baru Fixion. Georg menyatakan bahwa Marie-lah dalang di balik semua kejadian itu. Ia meminta Innumael dan rekn-rekannya untuk mencari bukti pembelotan Marie Balto terhadap Kaisar. Di saat yang sama, Leocadio bertemu ibu Schaake, Minerva, yang ditahan sebagai tawanan oleh fraksi anti-Kaisar.
11"An Inconvenient Prophecy"Tetsuo Nakagawa, Keisuke NishijimaNaoto Hosoda22 Desember 2020 (2020-12-22)
Leocadio diminta oleh Minerva untuk membawa Benih Luminous ke luar Ibu Kota. Ia berhasil kabur dari penjara dan mengalahkan Helman yang berubah menjadi monster. Kini ia bergabung bersama Innumael dan rekan-rekannya. Leocadio menyusup ke Mabes Tentara Kekaisaran untuk mencuri Benih Luminous asli, sedangkan Innumael menyusup ke Balai Pengembang Obat untuk mencari bukti pengkhianatan Marie Balto. Namun, penyakit Api Guntur yang ada dalam tubuh Innumael kian mengganas.
12"The Hand that Rocks the Cradle"Kōji KobayashiNaoto Hosoda29 Desember 2020 (2020-12-29)
Pengkhianat Headkeeper, Fritz, mengaktifkan Benih Luminous dan membuat pilar "cahaya" di tengah Ibu Kota. Akibatnya, kota hancur lebur dan para korban selamat diserang oleh monster yang muncul. Leocadio menghadapi Innumael yang berubah menjadi monster. Kubah "Ayunan" telah diaktifkan untuk memenjarakan seluruh bencana di dalam Ibu Kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sakajiri Kazuto (22 April 2019). "世界は"光"に侵された!? 大作RPG『禍つヴァールハイト』試遊レポ&開発インタビュー". Dengeki Online (Wawancara) (dalam bahasa Jepang). Wawancara dengan Cestus Harakawa. Diakses tanggal 1 Mei 2020. 
  2. ^ a b c d e f Loo, Egan (23 April 2020). "Magatsu Wahrheit Anime's Teaser Reveals Cast, Staff, 2020 TV Airing". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juli 2020. 
  3. ^ a b c d e Sherman, Jennifer (29 Juli 2020). "Magatsu Wahrheit -Zuerst- Anime Casts Kenichirō Matsuda, Junichi Yanagita, Ryōta Suzuki". Anime News Network. Diakses tanggal 29 Juli 2020. 
  4. ^ a b c d e f g h i j Hodgkins, Crystalyn (17 September 2020). "Magatsu Wahrheit -Zuerst- Anime Reveals Promo Video, October 13 Premiere, More Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 17 September 2020. 
  5. ^ Takagi, Sadamu (24 Mei 2020). "モバイルで最大100人同時プレイ可能な本気のオンラインRPG『禍つヴァールハイト』". Cgworld (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 Juli 2020. 
  6. ^ "禍つヴァールハイト[iPhone]". 4Gamer.net (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 24 April 2020. 
  7. ^ "禍つヴァールハイト[Android]". 4Gamer.net (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 24 April 2020. 
  8. ^ Sherman, Jennifer (16 Oktober 2020). "Magatsu Wahrheit Smartphone Game Launches Worldwide This Month". Anime News Network. Diakses tanggal 16 Oktober 2020. 
  9. ^ Ressler, Karen (24 Maret 2018). "KLab's Magatsu Wahrheit Smartphone Game Has 'Animation Project' in the Works". Anime News Network. Diakses tanggal 11 Agustus 2020. 
  10. ^ a b Sherman, Jennifer (24 Agustus 2020). "Magatsu Wahrheit -Zuerst- Anime Reveals Theme Song Artists, October Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 24 Agustus 2020. 
  11. ^ Pineda, Rafael Antonio (14 September 2020). "Muse Asia Licenses Moriarty the Patriot, The Journey of Elaina, Magatsu Warheit, More Anime in Southeast Asia". Anime News Network. Diakses tanggal 14 September 2020. 
  12. ^ Friedman, Nicholas (19 September 2020). "History Will Change: MAGATSU WAHRHEIT Joins the Funimation Fall 2020 Anime Lineup". Funimation. Diakses tanggal 20 September 2020. 
  13. ^ "Story". magatsu-wahrheit-zuerst.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 Oktober 2020. 
  14. ^ "禍つヴァールハイト -ZUERST-". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 Oktober 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]