Lompat ke isi

Lazada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lazada Group
URLhttp://www.lazada.com/ Edit nilai pada Wikidata
Tipeperusahaan bisnis Edit nilai pada Wikidata
BahasaInggris, Indonesia, Thai, Vietnam
PemilikAlibaba Group
Berdiri sejak2012 Edit nilai pada Wikidata
Lokasi pembentukanSingapura Edit nilai pada Wikidata
Lokasi kantor pusatSingapura Edit nilai pada Wikidata
NegaraSingapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia Edit nilai pada Wikidata
Peringkat Alexa33.602 (30 November 2017) Edit nilai pada Wikidata
Facebook: LazadaPhilippines Twitter: LazadaPH Instagram: lazadaclub Youtube: UCtL2D4SGXK8ejTTraYrYbyA TikTok: lazada_my Edit nilai pada Wikidata

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dan meraih sekitar US$647 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik, dan Rocket Internet.

Lazada Indonesia sendiri didirikan pada tahun 2012 dan beroperasi hingga kini.[1] Lamido, sebuah perusahaan inkubator Rocket Internet dibentuk pada bulan September 2013 lalu, tetapi akhirnya gulung tikar pada Juni 2016.[2][3]

Lazada juga menyediakan jasa sebagai Mitra. Dengan bermodalkan Rp 500.000,00 maka sudah dapat bergabung sebagai mitra Lazada dengan membantu pihak Lazada untuk membuat ulasan transaksi untuk menaikkan ratting produk.

Pada bulan Oktober 2022, Lazada Indonesia menunjuk Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador. Brand ambassador Lazada lainnya ialah Tiara Andini yang menjadi brand ambassador Lazada sejak Juni 2022 dan Maudy Ayunda sejak September 2023.

COD di Lazada[sunting | sunting sumber]

Di awal kehadirannya di Indonesia, Lazada termasuk satu-satunya platform marketplace online yang mendukung metode pembayaran COD.[4] COD atau Cash On Delivery adalah metode pembayaran di mana pembeli melakukan pelunasan setelah barang diterima. Metode COD juga dikenal dengan istilah bayar di tempat.

COD adalah salah satu metode pembayaran paling diminati pembelanja daring di Indonesia. Hal ini karena tingkat akses terhadap layanan perbankan di Indonesia masih terbilang rendah.[5]

Dengan memanfaatkan layanan kurir internal, Lazada telah sukses mendorong tren adopsi pembayaran COD oleh platform e-commerce lain di Indonesia. Hingga akhir 2023, tercatat hampir seluruh perdagangan daring telah mendukung metode pembayaran COD.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About". www.lazada.com. Diakses tanggal 2022-05-29. 
  2. ^ "Layanan Lamido Indonesia resmi ditutup". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-29. Diakses tanggal 2019-08-05. 
  3. ^ "Aplikasi Lazada APK - Tempat Shopping Online Terbaik". Jejakterkini.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-08. 
  4. ^ "Kode Voucher Lazada Hari Ini". www.sadiskon.com. Diakses tanggal 2024-01-04. 
  5. ^ "28 Juta Penduduk RI Belum Tersentuh Perbankan". bisnis.com. Diakses tanggal 2024-01-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]