Taobao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Taobao
Taobao Logo.svg
Taobao Logo
Jenis situs
C2C and B2C
BahasaMandarin
PemilikAlibaba Group
Situs webhttp://www.taobao.com
Peringkat Alexa 8 (Februari 2014)[1]
KomersialYa
DiluncurkanMei 2003; 15 tahun lalu (2003-05)
StatusAktif

Taobao (pinyin: Táobǎo Wǎng) adalah situs berbelanja yang berbahasa mandarin, yang mempunyai fungsi mirip dengan eBay, Rakuten, dan Amazon.[2]Situs ini didirikan oleh Alibaba Group pada Mei 2003 setelah eBay membeli Eachnet, sebuah situs lelang terbesar di China dengan harga 180 juta dollar dan menjadi pemain utama di pasar elektronik komersial China. Pada bulan juni 2011, CEO Alibaba Jack Ma menyatakan bahwa Taobao akan dibagi menjadi 3 perusahaan berbeda, yaitu: eTao, Taobao Mall, dan Taobao Marketplace.

Dengan lebih dari 760 miliar produk yang terdaftar pada Maret 2013, Taobao Marketplace merupakan satu dari 20 laman web yang paling sering dikunjungi berdasarkan pantauan Alexa.

Dalam Taobao Marketplace, penjual dapat memostingkan barang baru maupun bekas untuk dijual baik dengan sistem harga tetap maupun sistem lelang. Mayoritas barang yang dijual di Taobao merupakan barang baru dengan harga tetap, sementara penjualan barang dengan sistem lelang terjadi dalam presentase kecil disini. Pada Taoabo, pembeli juga dapat mengakses latar belakang penjual yang tersedia, termasuk rating, komentar, dan komplain.

Agen Taobao =[sunting | sunting sumber]

Agen Taobao membant orang asing untuk membeli produk dari Taobao.com. Hal mengumpulkan sebagian besar pembeli online di Cina untuk berbagai macam produknya, jutaan kategori, dan harga Absolute Advantage. Atas dasar itu, ia menyediakan layanan agen belanja, yang akan menguntungkan semua pelanggan asing dari membeli di Taobao.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Taobao.com Site Info". Alexa Internet. Diakses tanggal 2014-02-02. 
  2. ^ "淘宝网=eBay+乐天+亚马逊 (Taobao=eBay+Rakuten+Amazon)" (dalam bahasa Chinese). 国际金融报. 9 Jul 2009. Diakses tanggal 14 May 2011. (Tionghoa)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]