Laut Karang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Laut Karang

Laut Karang adalah laut tepi Pasifik Selatan di lepas pantai timur laut Australia, dan diklasifikasikan sebagai bioregion Australia interim. Laut Karang menyusuri 2.000 kilometer (1.200 mi) pantai timur laut Australia.

Laut Karang dibatasi di barat oleh pantai timur Queensland, sehingga mencakup Karang Penghalang Besar, di timur oleh Vanuatu (dahulu New Hebrides) dan oleh Kaledonia Baru, dan di timur laut kira-kira oleh ujung selatan Kepulauan Solomon. Di barat laut, laut ini sampai ke pantai selatan Pulau Papua bagian timur, sehingga mencakup Teluk Papua. Laut ini bergabung dengan Laut Tasman di selatan, dengan Laut Solomon di utara dan dengan Samudera Pasifik di timur. Di sebelah barat, dibatasi oleh pantai Queensland, dan di barat laut, terhubung dengan Laut Arafura melalui Selat Torres.[1]

Laut ini ditandai oleh iklimnya yang hangat dan stabil[butuh rujukan], dengan hujan dan siklon tropis yang sering terjadi. Laut ini berisi banyak pulau dan terumbu karang, serta sistem terumbu karang terbesar di dunia, Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef, GBR), yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1981. Semua proyek eksplorasi minyak dihentikan di GBR pada tahun 1975, dan perikanan dibatasi di banyak daerah. Terumbu karang dan pulau-pulau di Laut Karang sangat kaya akan burung dan kehidupan air dan merupakan tujuan wisata yang populer, baik nasional maupun internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coral Sea, Encyclopædia Britannica on-line

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Coral Sea di Wikimedia Commons