Lamido Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lamido Indonesia
Jenis situs
Situs web
Perdagangan
eCommerce
BahasaIndonesia
PemilikRocket Internet
PenciptaLAMIDO
Situs webwww.lamido.co.id
KomersialYa
StatusTutup

Lamido Indonesia[1] merupakan situs e-commerce berbasis C2C[2] di Indonesia. Lamido[3] adalah platform bagi pengguna untuk melakukan transaki Jual - Beli online untuk berbagai jenis barang atau produk mulai dari Handphone, Tablet, Aksesori Gadget, Komputer, Laptop, Fashion dll. Pengunjung situs Lamido Indonesia tidak hanya bisa berbelanja online tapi juga bisa berjualan barang - barang baru maupun bekas dengan stok yang banyak maupun satuan. Lamido Indonesia memang bukan situs C2C pertama yang merambah pasar e-commerce Indonesia. Sudah ada beberapa nama besar seperti Tokopedia dan Bukalapak yang sudah terlebih dahulu merambah pasar ini.

Lamido indonesia mulai meramaikan pasar e-commerce Indonesia sejak September 2013 dan merupakan bagian dari Lazada Indonesia[4] yang juga merupakan situs raksasa belanja online Indonesia, bersama Zalora dan Foodpanda[5] merupakan bagian dari perusahaan Inkubator Internet terbesar Rocket Internet[6] yang sukses membesut berbagai perusahaan online tidak hanya di daratan eropa tapi juga di seluruh dunia. Rocket Internet berpusat di Berlin, Jerman memiliki berbagai perusahaan online yang tersebar di seluruh dunia di antaranya Zalando, Jumia, Lamoda, dll[7].

Lamido dibentuk pada bulan September 2013 lalu, layanan market place berbasis C2C ini diharapkan dapat bersaing dengan Tokopedia dan Bukalapak. Selain di Indonesia, Lamido juga dibuka di beberapa negara lain di Asia tenggara seperti Filipina, Vietnam dan Malaysia. Lamido sendiri sebenarnya telah berhasil meraih 25,000 merchant di seluruh Indonesia. Fokus awal Lamido adalah menjadi platform online bagi merchant berskala kecil dan menengah di Indonesia.

Fokus Utama[sunting | sunting sumber]

Dalam wawancaranya bersama TechinAsia.com[8] Giacomo Ficari, Managing Director Lamido, dan Tom Damek, CEO Lamido Indonesia menyebutkan bahwa fokus utama Lamido saat ini adalah untuk memberikan user experience terbaik bagi pengguna situs dan untuk menyediakan produk terbaik dari vendor tepercaya dengan harga terbaik. Pada wawancara berbeda Giacomo Ficari menambahkan kalau Lamido akan berfokus pada vendor kecil dan menengah yang tidak memiliki platform khusus untuk menjual produk mereka[9] .

Layanan Lamido[sunting | sunting sumber]

Cash on Delivery[sunting | sunting sumber]

Jenis transaksi paling umum di Indonesia, dengan ini pembeli melakukan kontak dengan penjual untuk menyetujui kalau barang akan dikirim ke alamat yang sudah ditentukan dengan jasa kurir yang sudah bekerja-sama dengan Lamido. pihak Lamido sendiri akan melakukan tracking pengiriman jika diperlukan untuk memantau apakah barang yang dikirim akan sampai ke pembeli tepat pada waktunya.

Cash on Local Pickup[sunting | sunting sumber]

Adalah sistem transaksi di mana penjual dan pembeli menentukan meeting point dan saling bertatap muka langsung. hal ini dilakukan guna menghindari risiko penipuan karena beberapa orang lebih memilih melihat barang terlebih dahulu sebelum membeli.

Lamido SafePay[sunting | sunting sumber]

Lamido SafePay merupakan rekening bersama antara pihak pembeli, penjual dan pihak Lamido sendiri. Pilihan ini merupakan pilihan paling aman karena setiap langkah transaksi akan dimoderasi oleh pihak lamido, yang berarti bebas dari penipuan online atau sejenisnya.

Jenis Produk[sunting | sunting sumber]

Lamido Indonesia memiliki beragam jenis kategori produk seperti Handphone, Tablet, Aksesori Gadget, Komputer, Laptop, Printer/Scanner, Media Penyimpanan Data, Fashion Wanita, Fashion Pria, Aksesori Fashion, Peralatan Elektronik, Audio & Video, Perlengkapan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Sampai dengan Buku atau Alat Musik dll[10].

Lamido Indonesia Tutup[sunting | sunting sumber]

Layanan Lamido Indonesia resmi ditutup

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]