Kabupaten Sidoarjo: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
JayaGood (bicara | kontrib)
Baris 163: Baris 163:
== Transportasi ==
== Transportasi ==
[[Bandara Internasional Juanda]] dan [[Terminal Bus Purabaya]] yang dianggap sebagai "milik" Surabaya, berada di wilayah kabupaten ini. Terminal Purabaya merupakan gerbang utama Surabaya dari arah selatan, dan salah satu terminal bus terbesar di [[Asia Tenggara]]. Kereta komuter Surabaya [[Gubeng-Sidoarjo-Porong]] menghubungkan kawasan Sidoarjo dengan Surabaya. Sidoarjo juga segera memiliki sistem transportasi massal BRT (''Bus Rapid Transit'') yaitu [[Trans Sidoarjo]] yang menjadi kebanggaan warga Sidoarjo. Sistem ini menggunakan ''shelter'' tetapi tanpa jalur khusus seperti halnya [[Transjakarta]]. Rute bus Trans Sidoarjo adalah [[Terminal Porong]]-[[Terminal Purabaya]].
[[Bandara Internasional Juanda]] dan [[Terminal Bus Purabaya]] yang dianggap sebagai "milik" Surabaya, berada di wilayah kabupaten ini. Terminal Purabaya merupakan gerbang utama Surabaya dari arah selatan, dan salah satu terminal bus terbesar di [[Asia Tenggara]]. Kereta komuter Surabaya [[Gubeng-Sidoarjo-Porong]] menghubungkan kawasan Sidoarjo dengan Surabaya. Sidoarjo juga segera memiliki sistem transportasi massal BRT (''Bus Rapid Transit'') yaitu [[Trans Sidoarjo]] yang menjadi kebanggaan warga Sidoarjo. Sistem ini menggunakan ''shelter'' tetapi tanpa jalur khusus seperti halnya [[Transjakarta]]. Rute bus Trans Sidoarjo adalah [[Terminal Porong]]-[[Terminal Purabaya]].

'''''Angkutan Umum'''''
# [[Angkot]] C24 Sidoarjo-Pandaan
# [[Angkot]] C25 Sidoarjo-Rejoso
# [[Angkot]] C25A Sidoarjo-Lippo Sidoarjo
# [[Angkot]] C26 Sidoarjo-Bangil
# [[Angkot]] T23 Larangan-Pasar Larangan-Pagerwojo
# [[Angkot]] T24 Larangan-Pasar Larangan-Perumnas Gading Fajar 2
# [[Angkot]] T28 Pasar Jati-Balongbendo
# [[Angkot]] T28A Larangan-Delta Surya-Tanggulangin
# [[Angkot]] T28B Pasar Porong-Matahari Lippo Sidoarjo
# [[Angkot]] T30 Sidoarjo-Pasar Sloso
# [[Angkot]] I30 Larangan-Delta Surya-Pasar Larangan-Pulau Madura
# [[Angkot]] T33 Larangan-Pasar Larangan-Delta Surya-Perumnas Gading Fajar 1/2/3
# [[Angkot]] T36 Larangan-Sidoarjo-Delta Surya-Pasar Larangan-Perumnas Gading Fajar 2/3/4
# [[Angkot]] T37 Sidoarjo-Tambaksumur
# [[Bus kota|BIS KOTA#Jaya Utama]] '''lyn''' AC55 Larangan-Semut via Tol Sidoarjo-Joyoboyo-Pasar Tunjungan-Semut Kali
# [[Bus kota|BIS KOTA#Jaya Utama]] '''lyn''' AC56 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura
# [[Bus kota|BIS KOTA#Jaya Utama]] '''lyn''' AC84 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura-A. Yani
# [[Bus kota|BIS KOTA#Jaya Utama]] '''lyn''' AC96A Larangan-Masjid Al-Akbar via Lippo-Tol Sidoarjo-Tol Sumolang-Jambangan
# [[Bus kota|BIS KOTA#Indonesia]] '''lyn''' AC141 Larangan-Osowilangon via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Tugu Pahlawan
# [[Bus kota|BIS KOTA#Indonesia]] '''lyn''' P126 Perumnas Gading Fajar 2-Joyoboyo via Tol Sidoarjo-Banyu Urip
# [[Bus kota|BIS KOTA#Indonesia]] '''lyn''' P128 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Banyu Urip-Pasar Burung-DTC
# [[Bus kota|BIS KOTA#Indonesia]] '''lyn''' AC128 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Banyu Urip-Pasar Burung-DTC
# [[Bus kota|BIS KOTA#Indonesia]] '''lyn''' AC160 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-PGS-Semarang-Pasar Turi
# [[Bus kota|BIS KOTA#Restu]] '''lyn''' P179 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Joyoboyo-Taman Surya-DTC
# [[Bus kota|BIS KOTA#Restu]] '''lyn''' P67 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura
# [[KATB]] 13 patas ke Bratang via Tol Sidoarjo-Koridor 2


== Olahraga ==
== Olahraga ==

Revisi per 17 Oktober 2015 08.00

Kabupaten Sidoarjo
ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ
Daerah tingkat II
Lambang Kabupaten Sidoarjo
Motto: 
Sidoarjo Bersih Hatinya
Peta
Peta
Kabupaten Sidoarjo ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ di Jawa
Kabupaten Sidoarjo ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ
Kabupaten Sidoarjo
ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ
Peta
Kabupaten Sidoarjo ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ di Indonesia
Kabupaten Sidoarjo ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ
Kabupaten Sidoarjo
ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ
Kabupaten Sidoarjo
ꦑꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ (Indonesia)
Koordinat: 7°27′11″S 112°43′02″E / 7.45303°S 112.71733°E / -7.45303; 112.71733
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
Tanggal berdiri31 Januari 1859
Dasar hukum-
Ibu kotaSidoarjo
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 18
  • Kelurahan: 353
Pemerintahan
 • BupatiH. Saiful Ilah, S.H., M.Hum.
 • Wakil BupatiH. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.
Luas
 • Total719,63 km2 (27,785 sq mi)
Populasi
 ((2010))
 • Total1.945.252
 • Kepadatan27/km2 (70/sq mi)
Demografi
 • BahasaJawa, Indonesia, Madura
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode BPS
3515
Kode area telepon[[Daftar kode telepon di Indonesia|031]]
Kode Kemendagri35.15
DAURp1.104.580.340.000.-
Flora resmi-
Fauna resmiTrenggiling
Situs webwww.sidoarjokab.go.id


Kabupaten Sidoarjo (Hanacaraka: ꦯꦶꦢꦲꦂꦗ) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Sejarah

Sidoarjo dulu dikenal sebagai pusat Kerajaan Janggala. Pada masa kolonialisme Hindia Belanda, daerah Sidoarjo bernama Sidokare, yang merupakan bagian dari Kabupaten Surabaya. Daerah Sidokare dipimpin oleh seorang patih bernama R. Ng. Djojohardjo, bertempat tinggal di kampung Pucang Anom yang dibantu oleh seorang wedana yaitu Bagus Ranuwiryo yang berdiam di kampung Pangabahan. Pada 1859, berdasarkan Keputusan Pemerintah Hindia Belanda No. 9/1859 tanggal 31 Januari 1859 Staatsblad No. 6, daerah Kabupaten Surabaya dibagi menjadi dua bagian yaitu Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokare. Sidokare dipimpin R. Notopuro (kemudian bergelar R.T.P. Tjokronegoro) yang berasal dari Kasepuhan. Ia adalah putra dari R.A.P. Tjokronegoro, Bupati Surabaya. Pada tanggal 28 Mei 1859, nama Kabupaten Sidokare yang memiliki konotasi kurang bagus diubah namanya menjadi Kabupaten Sidoarjo. Setelah R. Notopuro wafat tahun 1862, maka kakak almarhum pada tahun 1863 diangkat sebagai bupati, yaitu Bupati R.T.A.A. Tjokronegoro II yang merupakan pindahan dari Lamongan. Pada tahun 1883 Bupati Tjokronegoro pensiun, sebagai gantinya diangkat R.P. Sumodiredjo pindahan dari Tulungagung tetapi hanya 3 bulan saja menjabat sebagai Bupati karena wafat pada tahun itu juga, dan R.A.A.T. Tjondronegoro I diangkat sebagai gantinya. Pada masa Pedudukan Jepang (8 Maret 1942 - 15 Agustus 1945), daerah delta Sungai Brantas termasuk Sidoarjo juga berada di bawah kekuasaan Pemerintahan Militer Jepang (yaitu oleh Kaigun, tentara Laut Jepang). Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah pada Sekutu. Permulaan bulan Maret 1946 Belanda mulai aktif dalam usaha-usahanya untuk menduduki kembali daerah ini. Ketika Belanda menduduki Gedangan, pemerintah Indonesia memindahkan pusat pemerintahan Sidoarjo ke Porong. Daerah Dungus (Kecamatan Sukodono) menjadi daerah rebutan dengan Belanda. Tanggal 24 Desember 1946, Belanda mulai menyerang kota Sidoarjo dengan serangan dari jurusan Tulangan. Sidoarjo jatuh ke tangan Belanda hari itu juga. Pusat pemerintahan Sidoarjo lalu dipindahkan lagi ke daerah Jombang. Pemerintahan pendudukan Belanda (dikenal dengan nama Recomba) berusaha membentuk kembali pemerintahan seperti pada masa kolonial dulu. Pada November 1948, dibentuklah Negara Jawa Timur salah satu negara bagian dalam Republik Indonesia Serikat. Sidoarjo berada di bawah pemerintahan Recomba hingga tahun 1949. Tanggal 27 Desember 1949, sebagai hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar, Belanda menyerahkan kembali Negara Jawa Timur kepada Republik Indonesia, sehingga daerah delta Brantas dengan sendirinya menjadi daerah Republik Indonesia.

Geografi

Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu penyangga Ibukota Propinsi Jawa Timur merupakan daerah yang mengalami perkembangan pesat. Keberhasilan ini dicapai karena berbagai potensi yang ada di wilayahnya seperti industri dan perdagangan, pariwisata, serta usaha kecil dan menengah dapat dikemas dengan baik dan terarah. Dengan adanya berbagai potensi daerah serta dukungan sumber daya manusia yang memadai, maka dalam perkembangannya Kabupaten Sidoarjo mampu menjadi salah satu daerah strategis bagi pengembangan perekonomian regional. Kabupaten Sidoarjo terletak antara 112 5’ dan 112 9’ Bujur Timur dan antara 7 3’ dan 7 5’ Lintang Selatan.

Perbatasan

Utara Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik
Timur Selat Madura
Selatan Kabupaten Pasuruan
Barat Kabupaten Mojokerto

Topografi

Dataran Delta dengan ketinggian antar 0 s/d 25 m, ketinggian 0-3m dengan luas 19.006 Ha, meliputi 29,99%, merupakan daerah pertambakkan yang berada di wilayah bagian timur Wilayah Bagian Tengah yang berair tawar dengan ketinggian 3-10 meter dari permukaan laut merupakan daerah pemukiman, perdagangan dan pemerintahan. Meliputi 40,81 %. Wilayah Bagian Barat dengan ketinggian 10-25 meter dari permukaan laut merupakan daerah pertanian. Meliputi 29,20%

Hidrogeologi

Daerah air tanah, payau, dan air asin mencapai luas 16.312.69 Ha. Kedalaman air tanah rata-rata 0-5 m dari permukaan tanah.

Hidrologi

Kabupaten Sidoarjo terletak di antara dua aliran sungai yaitu Kali Surabaya dan Kali Porong yang merupakan cabang dari Kali Brantas yang berhulu di kabupaten Malang.

Klimatologi

Beriklim topis dengan dua musim, musim kemarau pada bulan Juni sampai Bulan Oktober dan musim hujan pada bulan Nopember sampai bulan Mei.

Struktur Tanah

Alluvial kelabu seluas 6.236,37 Ha Assosiasi Alluvial kelabu dan Alluvial Coklat seluas 4.970,23 Ha Alluvial Hidromart seluas 29.346,95 Ha Gromosal kelabu Tua Seluas 870,70 Ha

Arti Lambang

Lambang Daerah Kabupaten Sidoarjo terdiri dari 5 bagian :

  1. Sebuah segilima beraturan yang sisi-sisinya berbentuk kurung kurawal melambangkan : Falsafah Pancasila yang juga mengandung arti bahwa rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo telah mentrapkan ajaran Pancasila dengan tertib dan pasti,
  2. Sebuah bintang bersudut lima melambangkan : KeTuahanan Yang Maha Esa yang menggambarkan kehidupan ber-KeTuhanan / beragama dari rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo
  3. Setangkai padi, depalan belas butir dan sebatang tebu lima ruas dengan bentuk bulat melambangkan : Hasil bumi yang paling penting dalam daerah Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan bentuk yang membulat dari padi dan tebu tersebut menggambarkan kebulatan tekad untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur. 18 (delapan belas) butir padi menunjukkan banyaknya Kecamatan dalam daerah Kabupaten Sidoarjo.
  4. Ikan bandeng dan ikan udang membentuk hurus " S " melambangkan : Hasil tambak dalam daerah Kabupaten Sidoarjo. Bentuk hurus " S " dari ikan bandeng dan ikan udang tersebut menunjukkan huruf pertama dari Sidoarjo

Arti Warna

  1. Warna Biru Laut pada lambang berarti air yang menggambarkan bahwa Daerah Kabupaten Sidoarjo yang terkenal dengan nama : "DELTA BRANTAS" dikelilingi air yaitu sungai dan laut. Warna biru laut yang terlepas dalam lingkaran padi dan tebu berarti air yang menggambarkan bahwa daerah Kabupaten Sidoarjo adalah daerah tambak yang banyak menghasilkan ikan bandeng dan ikan udang.
  2. Warna dasar Hijau menggambarkan kesuburan daerah Kabupaten Sidoarjo (Delta Brantas)
  3. Warna Kuning pada bintang, padi, tebu dan pita menggambarkan kesejahteraan rakyat Kabupaten Sidoarjo
  4. Warna Hitam pada tebu, ikan bandeng, ikan udang dan tulisa Kabupaten Sidoarjo menggambarkan keteguhan Iman rakyat daerah Kabupaten Sidoarjo.

5 Warna Abu-abu ikan bandeng dan ikan udang adalah warna pelengkap.

Slogan

(Pertanian Maju, Andalan Industri, Bersih, Rapi, Serasi, Hijau, Sehat, Indah dan Nyaman) Artinya Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah pertanian yang subur sebagai lumbung pangan, mempertahankan pertanian yang maju agar bisa swasembada pangan dengan cara identifikasi pertanian dan menggunakan mekanisasi teknologi tepat guna, di samping itu mendorong perkembangan industri yang semakin meningkat, maka kedua hal ini harus berkembang secara serasi. Selain itu masyarakat Kabupaten Sidoarjo berbudaya hidup dengan lingkungan yang bersih, rapi, serasi, hijau, sehat, indah dan nyaman.

Pemerintahan

Kepala Daerah

Perwakilan

DPRD Kabupaten Sidoarjo hasil Pemilu 2014 tersusun dari 10 partai politik, dengan perincian sebagai berikut:

Partai Kursi
Lambang PKB PKB 13
Lambang PDI-P PDI-P 8
Lambang PAN PAN 7
Lambang Partai Gerindra Partai Gerindra 7
Lambang Partai Demokrat Partai Demokrat 5
Lambang Partai Golkar Partai Golkar 4
Lambang PKS PKS 3
Lambang Partai NasDem Partai NasDem 1
Lambang PPP PPP 1
Lambang PBB PBB 1
Total 50

Pembagian administratif

Kabupaten Sidoarjo terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kota kecamatan lain yang cukup besar di Kabupaten Sidoarjo diantaranya Taman, Krian, Wonoayu, Candi, Porong, Gedangan, Tarik, Sidoarjo dan Waru. Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo adalah:

Perekonomian

Perikanan, industri dan jasa merupakan sektor perekonomian utama Sidoarjo. Selat Madura di sebelah Timur merupakan daerah penghasil perikanan, diantaranya Ikan, Udang, dan Kepiting. Logo Kabupaten menunjukkan bahwa Udang dan Bandeng merupakan komoditi perikanan yang utama kota ini. Sidoarjo dikenal pula dengan sebutan "Kota Petis". Sektor industri di Sidoarjo berkembang cukup pesat karena lokasi yang berdekatan dengan pusat bisnis Jawa Timur (Surabaya), dekat dengan Pelabuhan Tanjung Perak maupun Bandara Juanda, memiliki sumber daya manusia yang produktif serta kondisi sosial politik dan keamanan yang relatif stabil menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Sidoarjo. Sektor industri kecil juga berkembang cukup baik, diantaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro - Waru dan Tebel - Gedangan, sentra industri kerupuk di Telasih - Tulangan.

Transportasi

Bandara Internasional Juanda dan Terminal Bus Purabaya yang dianggap sebagai "milik" Surabaya, berada di wilayah kabupaten ini. Terminal Purabaya merupakan gerbang utama Surabaya dari arah selatan, dan salah satu terminal bus terbesar di Asia Tenggara. Kereta komuter Surabaya Gubeng-Sidoarjo-Porong menghubungkan kawasan Sidoarjo dengan Surabaya. Sidoarjo juga segera memiliki sistem transportasi massal BRT (Bus Rapid Transit) yaitu Trans Sidoarjo yang menjadi kebanggaan warga Sidoarjo. Sistem ini menggunakan shelter tetapi tanpa jalur khusus seperti halnya Transjakarta. Rute bus Trans Sidoarjo adalah Terminal Porong-Terminal Purabaya.

                                                         Angkutan Umum
# Angkot C24 Sidoarjo-Pandaan
# Angkot C25 Sidoarjo-Rejoso
# Angkot C25A Sidoarjo-Lippo Sidoarjo
# Angkot C26 Sidoarjo-Bangil
# Angkot T23 Larangan-Pasar Larangan-Pagerwojo
# Angkot T24 Larangan-Pasar Larangan-Perumnas Gading Fajar 2
# Angkot T28 Pasar Jati-Balongbendo
# Angkot T28A Larangan-Delta Surya-Tanggulangin
# Angkot T28B Pasar Porong-Matahari Lippo Sidoarjo
# Angkot T30 Sidoarjo-Pasar Sloso
# Angkot I30 Larangan-Delta Surya-Pasar Larangan-Pulau Madura
# Angkot T33 Larangan-Pasar Larangan-Delta Surya-Perumnas Gading Fajar 1/2/3
# Angkot T36 Larangan-Sidoarjo-Delta Surya-Pasar Larangan-Perumnas Gading Fajar 2/3/4
# Angkot T37 Sidoarjo-Tambaksumur
# BIS KOTA#Jaya Utama lyn AC55 Larangan-Semut via Tol Sidoarjo-Joyoboyo-Pasar Tunjungan-Semut Kali
# BIS KOTA#Jaya Utama lyn AC56 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura
# BIS KOTA#Jaya Utama lyn AC84 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura-A. Yani
# BIS KOTA#Jaya Utama lyn AC96A Larangan-Masjid Al-Akbar via Lippo-Tol Sidoarjo-Tol Sumolang-Jambangan
# BIS KOTA#Indonesia lyn AC141 Larangan-Osowilangon via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Tugu Pahlawan
# BIS KOTA#Indonesia lyn P126 Perumnas Gading Fajar 2-Joyoboyo via Tol Sidoarjo-Banyu Urip
# BIS KOTA#Indonesia lyn P128 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Banyu Urip-Pasar Burung-DTC
# BIS KOTA#Indonesia lyn AC128 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Banyu Urip-Pasar Burung-DTC
# BIS KOTA#Indonesia lyn AC160 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-PGS-Semarang-Pasar Turi
# BIS KOTA#Restu lyn P179 Larangan-Purabaya via Tol Sidoarjo-Joyoboyo-Taman Surya-DTC
# BIS KOTA#Restu lyn P67 Larangan-Golf Lingkar Dalam via Tol Sidoarjo-Pasar Loak-Pattimura
# KATB 13 patas ke Bratang via Tol Sidoarjo-Koridor 2

Olahraga

Di Sidoarjo terdapat beberapa klub sepakbola terkenal yaitu Deltras FC dengan suporter setia bernama Delta Mania dan klub sepakbola lainnya di Sidoarjo bernama Persida Sidoarjo.

Sepak Bola

  1. Deltras FC atau Delta Raya Sidoarjo merupakan sebuah klub sepak bola profesional yang bermarkas di kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Klub yang memiliki julukan sebagai The Lobster ini pada tahun 1989 saat didirikan bernama Gelora Dewata '89 dengan home base Bali. Gelora Dewata didirikan oleh pengusaha HM. Mislan. Gelora Dewata pindah ke Sidoarjo pada musim kompetisi 2001 setelah menjalani beberapa pertandingan awal Divisi Utama LI 2001, dengan menggunakan nama Gelora Putra Delta.
  2. Persida Sidoarjo adalah Persatuan sepak bola Indonesia Sidoarjo disingkat Persida adalah sebuah klub sepak bola Amatir di Indonesia yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur. Yang sekarang bermain di Divisi Utama Liga Indonesia. Persida menggunakan Stadion Jenggolo sebagai markas kebanggaan Persida. Persida mendapat julukan Trenggiling Jawa

Kuliner Khas

Pariwisata

Referensi

Pranala luar