Friedrich I, Kaisar Romawi Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Friedrich Barbarossa.

Friedrich I Barbarossa[1] (112210 Juni 1190) adalah seorang Raja Jerman yang dipilih di Frankfurt pada tanggal 4 Maret 1152 dan dimahkotai di Aachen pada tanggal 9 Maret, dimahkotai sebagai Raja Italia di Pavia tahun 1154, dan dimahkotai sebagai Kaisar Kekaisaran Romawi Suci oleh Paus Adrianus IV tanggal 18 Juni 1155. Ia dimahkotai sebagai Raja Burgundi di Arles pada tanggal 30 Juni 1178.

Sebelum ia menjadi raja, ia adalah seorang Adipati Swabia (1147–1152, sebagai Friedrich III).

Templat:Kehidupan

Frederick III menjadi seorang Duke (Adipati) Swabia ketika umurnya beranjak dewasa. Dia berasal dari Swabia, akan tetapi banyak yang memusuhinya. Bahkan Swabia, negrinya sendiri, memusuhinya, karena dia berniat mengambil seluruh Relick (Relik) yang ada di seluruh Gaul. Sebelum berperang dia dipilih sebagai panglima di Frankfurt. Dan setelah dia menaklukan Swabia, negrinya sendiri, dia dimahkotai di Aachen, dan kemudian menjadi Duke (Adipati) Swabia, Frederick III.

Holy Roman

Karena Swabia memusuhinya, kerena itu dia mendirikan negrinya sendiri. Sasaran pertamanya adalah Relick Swabia dari Swabia, karena Swabia adalah negri terkuat di Gaul, dengan begitu jika dia menaklukan Swabia, negri lain di Gaul akan tunduk dan lemah, mudah ditaklukan. Bersama dengan Swabia dia juga menyerang Bohemia, negri terlemah di gaul. Setelah itu dia dimahkotai di Aachen, dan menjadi cikal bakal Duke Swabia, belum lama namun kemudian dia menjadi Duke (Adipati). Sebelum itu dia dipilih sebagai panglima dan pemimpin di Franksfurt. Sejak saat itu ia dikenal dengan sebutan Barbarossa yang berarti Janggut Merah.

Sasaran keduanya adalah negri ungu, negri Burgundy (Burgundia), dengan ibu kota ungu, Burgunida, dari Franks. Setelah itu dia diangkat sebagai raja Burgundy di Arles.

Sasaran Ketiganya adalah negri makanan, negri yang mempunyai persediaan makanan, negri dengan makanan terbanyak, di seluruh Gaul, Saxony, negri, cikal bakal Inggris, dan Bavaria, negri kakao.

Terakhir dia menaklukan Austria

Konon dia menaklukan menggunakan bantuan Mongols (Mongolia) berupa Cavalry Archer, Siege Onager, dan Mangudai (Manghud)

Henry the Lion

Setelah berburu Relick, Frederick menaklukan Poland (Polandia). Di samping itu dia ditemani oleh Henry the Lion, atau Henry si singa. Karena persediaan makanan cukup sedikit, Saxony dan Bavaria membantunya. Namun ditengah peperangan Henry the Lion berkhianat. Dia mengatakan

"Frederick Barbarossa III, aku katakan kepadamu, bahwa, sebelum engkau dekat dengan ku, sekarang engkau akan berhadapan dengan Singa, singa yang sesungguhnya".

Musuh bukan satu lagi, tetapi sudah menjadi dua. Namun, mereka tetap bermusuhan satu sama lain. Contohnya Frederick III Barbarossa memusuhi Henry the Lion dan juga Poland. Begitu pula dengan Henry dan Poland.

Frederick III Barbarossa tidak mempunyai desa dan Town Center di sana, karena bukan wilayahnya, ini membuat semakin sukar ditaklukan, tetapi berkat Henry, Barbarossa mendapat Town Center

Setelah Henry dikalahkan, akhirnya Henry, tangannya dibelenggu dengan rantai dan dibawa ke hadapan Frederick. Dia minta ampun atas pengkhianatannya. Dan akhirnya dia dimaafkan.

Kemudian, berikutnya, Poland dapat ditaklukan.

Pope and AntiPope

Pope (Paus) adalah pemuka agama Pilgrims atau Katholik dan Nasrani dan merupakan pangkat Bishop atau Knight (Ksatria). Antara Paus di Milan, Teuton dengan Frederick, berselisih dan mengalami perselisihan.

Perselisihan mereka membuat mereka berniat bersaing dalam menguasai Cathedral(Katedral) di Milan. Sebenarnya Pope mempunyai hutang kepada Frederick.

Dalam perselisihan ini terlibat beberapa daerah di sekitar Sungai Po dan Danau Como di Teuton. Contoh

Crema/Cremona (Briton) Milan (Teuton) Carcano (Teuton) Franks

Dan beberapa pihak terlibat. Contoh

River Guard (Franks), tetlibat karena merupakan daerah Franks Frederick III Barbarossa Pope Adrianus IV Crema Carcano Milan

Kepihakan

Pihak Pope

Pope Adrianus IV Pemimpin River Guards Penjaga Crema Penyedia Kebutuhan/Pembantu (Engineers)

Pihak Frederick III Barbarossa

Frederick III Barbarossa Carcano

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Otto dari Freising, The deeds of Frederick Barbarossa tr. Charles Christopher Mierow with Richard Emery. New York: Columbia University Press, 1953. Reprinted: Toronto: University of Toronto Press, 1994.
  • Ibn al-Athir
  • Romuald of Salerno. Rerum Italicarum scriptores.
  • Otto of St Blasien.
  • The "Bergamo Master". Carmen de gestis Frederici I imperatoris in Lombardia.
  • Haverkamp, Alfred. Friedrich Barbarossa, 1992
  • Opll, Ferdinand. Friedrich Barbarossa, 1998
  • Reston, James. Warriors of God, 2001

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ berarti janggut merah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Succession box three to one

Didahului oleh:
Friedrich II
Adipati Swabia
1147–1152
Diteruskan oleh:
Friedrich IV
Didahului oleh:
Beatrice I
Graf Burgundi
1156–1190
Diteruskan oleh:
Otto I