Pippin yang Pendek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pippin yang Pendek
Raja Franka, Mayordomo Neustria dan Austrasia
Patung Pippin yang pendek di Wurzburg
Masa kekuasaan 752–768
Pendahulu Childerich III
Pengganti Charlemagne
Carloman I
Istri Bertrada dari Laon
Anak Charlemagne
Carloman I
Gisela
Lainnya
Dinasti Kekaisaran Karoling
Ayah Charles Martel
Ibu Rotrude dari Trier


Pippin (meninggal 24 September 768), disebut yang Pendek (Pépin le Bref) atau yang Lebih Muda (Pippin der Jüngere), terkadang yang Hebat,[1] merupakan Raja Franka pertama (751–68) dari Kekaisaran Karoling. Pada tahun 741 ia dan saudaranya Carloman I menjadi ahli waris kepemimpinan ayahanda mereka, Charles Martel, sebagai mayordomo dan pemimpin de facto kerajaan selama masa peralihan pemerintahan (737–43). Setelah pengunduran diri Carloman (747), Pippin mendapat izin Paus Zakarias untuk menggulingkan pemimpin Merovingia yang terakhir, Childeric III, dan mengambil takhtanya pada tahun (751). Ia dinamakan sama seperti kakeknya, Pippin dari Herstal, sebagai pergantian nama untuk kakeknya, Pippin dari Landen, keduanya adalah mayordomo. Pippin yang Pendek terkadang dinamakan Pippin III.

Pippin meninggal pada tahun 768 dan digantikan oleh putranya Charlemagne dan Carloman, yang tidak diragukan lagi merupakan salah satu penguasa terkuat dan sukses di zamannya, pemerintahan Pippin ini sebagian besar dibayangi oleh putranya yang lebih terkenal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pierre Riché, The Carolingians: A Family Who Forged Europe (Philadelphia, 1993), 65. Meskipun jarang, namanya juga dieja "Peppin".


Pippin yang Pendek
Lahir: 714 Wafat: 768
Didahului oleh:
Charles Martel
Mayordomo Neustria
741–751
Digabungkan ke dalam mahkota
Didahului oleh:
Carloman I
Mayordomo Austrasia
747–751
Didahului oleh:
Childeric III
Raja Franka
752–768
Diteruskan oleh:
Charlemagne dan
Carloman I