Francia Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kerajaan Francia Tengah
Francia media
843–855
Pembagian Kerajaan Franka, Francia Tengah ditandai dengan warna hijau
Ibu kota Aachen
Agama Kekristenan
Bentuk Pemerintahan Monarki
Raja
 -  843–855 Lothair I (pertama dan terakhir)
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Perjanjian Verdun 843
 -  Perjanjian Prüm 855
Pendahulu
Pengganti
Kerajaan Franka
Kerajaan Italia (Kekaisaran Romawi Suci)
Kerajaan Arles
Lotharingia

Francia Tengah (bahasa Latin: Francia media) adalah sebuah kerajaan Franka yang didirikan pada tahun 843 berdasarkan ketentuan Perjanjian Verdun. Kerajaan ini didirikan setelah terjadinya perang saudara antara cucu-cucu Karel yang Agung yang dipicu oleh pembagian Kerajaan Franka. Francia Tengah merupakan wilayah yang diberikan kepada Lothair I, anak sulung dan penerus Kaisar Ludwig yang Saleh. Di wilayah kerajaan ini terdapat kota kekaisaran Aachen (tempat kediaman Karel yang Ageng) serta kota Pavia, tetapi Francia Tengah tidak memiliki kesatuan geografis atau etnis yang dapat membuatnya bertahan seperti Francia Barat dan Timur.

Francia Tengah terletak di antara kerajaan Francia Barat dan Timur, dan mencakup wilayah Franka yang terletak di antara Sungai Rhein dan Scheldt, wilayah pesisir Frisia, bekas Kerajaan Burgund (kecuali bagian barat, belakangan dikenal dengan nama Bourgogne) dan Provence, serta sebagian wilayah Italia utara.

Pada tahun 855, menjelang kematiannya di Biara Prüm, Kaisar Lothair I membagi wilayah Francia Tengah untuk anak-anaknya. Wilayah di Italia utara (yang menjangkau Roma dan Spoleto di selatan) diberikan kepada anak laki-laki tertua Ludwig II. Wilayah ini kemudian menjadi Kerajaan Italia. Sementara itu, sebagian besar wilayah di sebelah utara Pegunungan Alpen (Negara-Negara Dataran Rendah, Rheinland barat, Swiss barat dan wilayah perbatasan Perancis dan Jerman saat ini) diwariskan kepada Lothair II dan diberi nama Lotharingia. Wilayah terakhir, yaitu Kerajaan Burgund dan Provence, diberikan kepada Karl, yang kemudian berkembang menjadi Kerajaan Arles.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • John M. Riddle: A History of the Middle Ages: 300–1500. Rowman & Littlefield Publishers, 2008. ISBN 978-0742554092.
  • Timothy Reuter (ed.): The New Cambridge Medieval History, Volume 3: c. 900–c. 1024. Cambridge: Cambridge University Press, 2005. ISBN 9780521364478.
  • Engreen, Fred E. (1945). "Pope John the Eighth and the Arabs". Speculum 20 (3): 318–30. doi:10.2307/2854614.