Negara-Negara Dataran Rendah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Negara-Negara Dataran Rendah ketika dilihat dari angkasa.

Negara-Negara Dataran Rendah (bahasa Belanda: de Lage Landen, bahasa Perancis: les Pays-Bas) adalah sebuah wilayah pesisir di Eropa barat yang terdiri dari Belanda, Belgia, dan wilayah delta sungai Rhine, Meuse, Scheldt, dan Ems dengan ketinggian tepat atau di bawah permukaan laut.[1][2] Region ini terbentang dari Gravelines dan Dunkirk di Perancis di titik barat daya, wilayah Delfzijl Belanda dan Frisia Timur Jerman di titik timur laut, dan Luksemburg dan Thionville Perancis di titik tenggara.

Kebanyakan Negara-Negara Dataran Rendah adalah wilayah pesisir yang berbatasan dengan Laut Utara atau Selat Inggris. Negara-negara yang tidak memiliki akses ke laut telah membuat ikatan politik atau ekonomi dengan wilayah yang memiliki akses.

Bahasa-bahasa Jermanik seperti bahasa Belanda dan bahasa Luksemburg adalah bahasa yang paling dominan di wilayah ini, meskipun bahasa-bahasa Romans juga berpengaruh. Bahasa kedua di wilayah ini meliputi bahasa Perancis (Luksemburg, Brabant di sekitaran Nivelles), wilayah-wilayah Belgia yang memakai bahasa Romans (seperti Keuskupan Liège), Romansa Flander (seperti Cambrai, Lille, Tournai), dan Namur (Walloon).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Low Countries". Encyclopedia Britannica. Encyclopædia Britannica, Inc. Diakses tanggal 26 Januari 2014. 
  2. ^ "Low Countries - definition of Low Countries by the Free Online Dictionary, Thesaurus and Encyclopedia.". Farlex, Inc. Diakses tanggal 26 Januari 2014. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]