Tembak-menembak orang-pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari First-person shooter)
Tangkapan layar dari Half-Life.

Tembak-menembak orang pertama atau tembak-tembak sudut pertama (Inggris: first-person shooter, FPS) adalah genre permainan video yang berpusat pada senjata dan pertarungan berdasar senjata lainnya dalam perspektif orang pertama; artinya, pemain mengalami laga melalui sudut pandang protagonis. Genre ini memiliki ciri-ciri yang sama dengan permainan tembak lainnya yang membuatnya juga dapat dikatakan termasuk permainan laga. Sejak awal genre ini, grafik 3D dan 3D semu canggih telah menantang pengembangan dari peranti keras, dan permainan banyak pemain telah menjadi bagian inti permainan ini.

Genre tembak sudut pertama telah ditelusuri sejauh ini sejak Wolfenstein 3D, yang telah dikreditkan dengan menciptakan arketipe dasar genre ini yang menjadi dasar judul-judul berikutnya. Salah satu judul tersebut, dan menjadi nenek moyang dari popularitasnya di arustama yang lebih luas dari genre tersebut, adalah Doom, salah satu permainan paling berpengaruh dalam genre ini; selama beberapa tahun, istilah Doom clone digunakan untuk menunjuk genre ini karena pengaruh Doom.[1] Corridor shooter (baku tembak lorong) adalah nama umum lain untuk genre ini di tahun-tahun awalnya, karena keterbatasan pemrosesan perangkat keras era tersebut berarti bahwa sebagian besar aksi dalam permainan harus dilakukan di area tertutup, seperti di ruang sempit seperti koridor dan terowongan.[2]

Definisi[sunting | sunting sumber]

POP adalah jenis permainan penembak,[3] menampilkan sudut pandang orang pertama yang dengannya pemain melihat tindakan melalui mata karakter pemain. Mereka berbeda dari penembak orang ketiga karena, dalam penembak orang ketiga, pemain dapat melihat (biasanya dari belakang) karakter yang mereka kendalikan. Elemen desain utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api.[4]

Gim POP juga sering dikategorikan berbeda dari penembak senapan ringan, genre serupa dengan perspektif orang-pertama yang menggunakan senjata ringan periferal, berbeda dengan penembak orang pertama yang menggunakan perangkat input konvensional untuk pergerakan.[5] Perbedaan lainnya adalah bahwa penembak orang pertama light-gun seperti Virtua Cop sering menampilkan gerakan "on-rails" (scripted), sedangkan penembak orang pertama seperti Doom memberi pemain lebih banyak kebebasan untuk berkeliaran.

POP dapat dianggap sebagai genre yang berbeda itu sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya subgenre dari genre permainan aksi yang lebih luas.[6] Setelah Doom dirilis pada tahun 1993, permainan dalam gaya ini biasanya disebut "Doom clones";[7][8] seiring waktu, istilah ini sebagian besar telah digantikan oleh "penembak orang pertama".[8] Wolfenstein 3D, dirilis pada tahun 1992, tahun sebelum Doom, telah dikreditkan dengan memperkenalkan genre, tetapi kritikus telah mengidentifikasi permainan serupa meskipun kurang maju yang dikembangkan sejauh tahun 1973.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schneider, Steven (2016-05-04). "The 5 Best 'Doom' Clones Ever Released". Tech Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-26. Diakses tanggal 2018-01-26. 
  2. ^ "Preview: Quake". Sega Saturn Magazine. No. 22. Emap International Limited. August 1997. hlm. 38. Diakses tanggal November 25, 2018. 
  3. ^ Rollings, Andrew; Ernest Adams (2006). Fundamentals of Game Design. Prentice Hall. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-17. 
  4. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama geektrivia
  5. ^ Casamassina, Matt, Controller Concepts: Gun Games Diarsipkan 2011-07-13 di Wayback Machine., IGN, Sept 26, 2005, Accessed Feb 27, 2009
  6. ^ Rollings, Andrew; Ernest Adams (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. New Riders Publishing. hlm. 290–296. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-31. Diakses tanggal 2020-11-03. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama clones
  8. ^ a b Doom Diarsipkan 2008-06-09 di Wayback Machine., Encyclopædia Britannica, Accessed February 25, 2009