Erna Witoelar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Erna Witoelar
Berkas:Erna Witoelar.jpg
Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah Indonesia ke-22
Masa jabatan
23 Agustus 2000 – 9 Agustus 2001
PresidenAbdurahman Wahid
PendahuluRozik Boedioro Soetjipto
PenggantiSoenarno
Informasi pribadi
Lahir6 Februari 1947 (umur 72)
Bendera Indonesia Danau Tempe, Sulawesi Selatan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PasanganRachmat Witoelar
Orang tuaAndi Walinono dan Rahmatiah Sonda Daeng Badji

Andi Erna Anastasjia Walinono atau lebih dikenal dengan nama Ir. Erna Witoelar (lahir di Danau Tempe, Sulawesi Selatan, 6 Februari 1947; umur 72 tahun) adalah Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah pada Kabinet Persatuan Nasional. Ia adalah kakak ipar Wimar Witoelar, istri dari Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu dan adik kandung dari Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Pendidikan dan Karier[sunting | sunting sumber]

Erna Witoelar meraih S2 pada tahun 1974 dari Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung dan gelar S3 Ekologi Manusia dari Universitas Indonesia. Ia pernah menjadi Duta Besar Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Tujuan Pembangunan Milenium di Asia-Pasifik[1], sebagai komisioner dari Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Pemberdayaan Hukum bagi kaum Miskin (UN Commission on Legal Empowerment of the Poor)[2], Komisi Bumi (the Earth Charter Commission), dan Komisi bagi Negara- Negara Berkembang dan Perubahan Global (Commission on Developing Countries and Global Changes)[3].

Erna Witoelar juga menjadi Dewan di beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia seperti di Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB), dan Dana Mitra Lingkungan (DML). Ia saat ini juga memimpin Konsorsium Filantrofi Asia Pasifik (APPC), Yayasan Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD), dan ketua bersama dari Asia Pacific Water Forum (APWF). Ia adalah salah satu pendiri dan pernah menjadi Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Presiden Konsumen Internasional dan Yayasan Konsumen Indonesia (YLKI)[4], serta turut mendirikan Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan[5]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Rachmadi Bambang Sumadijo
(sebagai Menteri Pekerjaan Umum)
Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah Indonesia
1999-2001
Diteruskan oleh:
Soenarno
(sebagai Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]