Bank Resona Perdania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PT. Bank Resona Perdania
Jasa keuangan/publik
Didirikan Jakarta, Indonesia (1958)
Markas Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Tokoh
Atsushi Tahara
Presiden Direktur
Situs web www.perdania.co.id

Bank Resona Perdania adalah lembaga keuangan yang berjenis Jasa Keuangan Perbankan.Bank ini berpusat di Jakarta. Bank ini berdiri pada 1958.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari komitmen untuk mendukung terciptanya kerjasama ekonomi yang lebih baik antara Jepang dengan Indonesia, maka didirikanlah Bank Perdania pada tahun 1958. Perjalanan Bank Perdania dalam proses pematangan usaha ditempuh melalui berbagai hal, hingga akhirnya berhasil mendirikan dua kantor cabang di Surabaya dan Bandung. Kantor cabang tersebut menjadi momentum bagi Bank Perdania dalam melewati kancah bisnis perbankan di negeri ini.

Pengalaman dan proses pembelajaran secara terus menerus telah mendorong Bank Perdania untuk terus maju kedepan. Bank Perdania kemudian mengubah namanya berturut-turut menjadi Daiwa Perdania Bank pada tahun 1994, Bank Daiwa Perdania pada tahun 1999, dan Bank Resona Perdania (“Bank”) pada tahun 2003.

Berbekal sejarah panjang yang telah dilalui dalam kontribusi mempererat kerjasama bisnis internasional Jepang dan Indonesia, kami telah melayani dan turut menopang perkembangan perekonomian nasional selama 55 tahun.

Fokus utama Bank adalah perusahaan-perusahaan Jepang, perusahaan joint venture Jepang-Indonesia, dan perusahaan-perusahaan lokal. Layanan Bank mencakup berbagai jenis produk dan layanan perbankan corporate seperti deposito, kredit, ekspor, impor, remittance, bank garansi, serta jasa sewa guna usaha melalui perusahaan anak PT Resona Indonesia Finance.

Bank senantiasa menyiapkan program-program yang bermanfaat dan sesuai dengan perkembangan dunia perbankan nasional dan internasional, dengan turut mengembangkan infrastruktur yang mumpuni, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan jaringan kantor yang terintegrasi. Sebagai bagian dari strategi yang tengah kami susun, pada awal tahun 2014 Bank memindahkan Kantor Pusatnya dari Jl. Jend. Sudirman Kav. 40-41, Jakarta Pusat ke Menara Mulia di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 9-11, Jakarta Selatan.

Hal ini merupakan tonggak penting yang menandai komitmen Bank untuk terus berkontribusi dengan memberikan pelayanan prima khususnya bagi nasabah Bank Resona Perdania. Perpindahan ini menyertai usaha Bank dalam meningkatkan pertumbuhan secara berkelanjutan (sustainable) melalui penyempurnaan penerapan prudent banking dan Good Corporate Governance (GCG).

Keinginan tersebut bukan sesuatu yang mustahil karena Bank didukung oleh pemegang saham internasional yang memiliki pengalaman dan reputasi baik di negaranya masing-masing, yaitu:

Resona Bank Ltd., Jepang

Resona Bank Ltd., didirikan pada tahun 1918 dan saat ini berkantor pusat di Tokyo. Resona Bank Ltd. merupakan unit usaha Resona Holdings, Inc., dengan usaha meliputi perbankan dan lembaga keuangan di Jepang. Resona Bank Ltd. menawarkan berbagai produk serta layanan perbankan bagi usaha kecil, menengah, dan konsumen perorangan.

The Bank of East Asia Ltd., Hong Kong

The Bank of East Asia Ltd., didirikan di Hong Kong pada tahun 1918 dan merupakan bank lokal independen  ketiga terbesar di Hong Kong

Arti Nama “Resona Perdania”

Tentang “Resona Perdania” Resona berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Resonus’ yang memiliki arti bergaung atau bergema. Resona mencerminkan niat untuk mengembangkan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara Bank dengan nasabah. Sedangkan Perdania merupakan singkatan dari ‘Perdagangan’, ‘Perindustrian’ dan ‘Pertanian’. Perdania menggambarkan visi Bank untuk menjadi fasilitator pertumbuhan ekonomi Jepang dan Indonesia.

Menjangkau Pasar dengan 3 USP (Unique Selling Point) Dengan pengalaman selama 55 tahun melewati berbagai dinamika pasar, Bank Resona Perdania tumbuh dengan mengandalkan tiga keunggulan kompetitif sebagai berikut:

  1. Pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai pasar lokal.
  2. Fokus pada perusahaan-perusahaan Jepang dan lokal.
  3. Manajemen Independen yang memungkinkan pengambilan keputusan secara fleksibel dan cepat.

Pemegang Saham[sunting | sunting sumber]

  • Resona Bank Ltd 43,42%
  • East Asia Indonesia Holding Ltd 30,00%
  • Vision Well 19,92%
  • Jafco Co,Ltd 5,08%
  • Lain lain 1,58%

Pranala luar[sunting | sunting sumber]