Bank Resona Perdania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Bank Resona Perdania
Perseroan terbatas
IndustriJasa keuangan
DidirikanJakarta, Indonesia (1958)
Kantor
pusat
Jakarta Mori Tower, Lantai 30, 31, dan 32, Jl. Jend. Sudirman Kav. 40-41, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10210
Tokoh
kunci
Ichiro Hiramatsu (Presiden Direktur)
Situs webwww.perdania.co.id

Bank Resona Perdania adalah lembaga keuangan yang berjenis Jasa Keuangan Perbankan. Bank ini berpusat di Jakarta. Bank ini berdiri pada 1958. Pemegang Saham Pengendali Bank adalah Resona Bank Ltd., Jepang (didirikan pada tahun 1918 dan saat ini berkantor pusat di Tokyo), The Bank of Yokohama, Ltd (didirikan pada tahun 1920 dan berkantor pusat di Yokohama).

Resona berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Resonus’ yang memiliki arti bergaung atau bergema. Resona mencerminkan niat untuk mengembangkan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara Bank dengan nasabah. Sedangkan Perdania merupakan singkatan dari ‘Perdagangan’, ‘Perindustrian’ dan ‘Pertanian’. Perdania menggambarkan visi Bank untuk menjadi fasilitator pertumbuhan ekonomi Jepang dan Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari komitmen untuk mendukung terciptanya kerjasama ekonomi yang lebih baik antara Jepang dengan Indonesia, maka didirikanlah Bank Perdania pada tahun 1958. Perjalanan Bank Perdania dalam proses pematangan usaha ditempuh melalui berbagai hal, hingga akhirnya berhasil mendirikan dua kantor cabang di Surabaya dan Bandung. Kantor cabang tersebut menjadi momentum bagi Bank Perdania dalam melewati kancahbisnis perbankan di negeri ini.

Pengalaman dan proses pembelajaran secara terus menerus telah mendorong Bank Perdania untuk terus maju kedepan. Bank Perdania kemudian mengubah namanya berturut-turut menjadi Daiwa Perdania Bank pada tahun 1994, Bank Daiwa Perdania pada tahun 1999, dan Bank Resona Perdania (“Bank”) pada tahun 2003. Berbekal sejarah panjang yang telah dilalui dalam kontribusi mempererat kerjasama bisnis internasional Jepang dan Indonesia, kami telah melayani dan turut menopang perkembangan perekonomian nasional selama lebih dari 60 tahun.

Fokus utama Bank adalah perusahaan-perusahaan Jepang, perusahaan joint venture Jepang-Indonesia, dan perusahaan-perusahaan lokal. Layanan Bank mencakup berbagai jenis produk dan layanan perbankan corporate seperti deposito, kredit, ekspor, impor, remittance, bank garansi, serta jasa sewa guna usaha melalui perusahaan anak PT Resona Indonesia Finance.

Bank senantiasa menyiapkan program-program yang bermanfaat dan sesuai dengan perkembangan dunia perbankan nasional dan internasional, denganturut mengembangkan infrastruktur yang mumpuni, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan jaringan kantor yang terintegrasi.

Tentang “Resona Perdania” Menjangkau Pasar dengan 3 USP (Unique Selling Point) Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun melewati berbagai dinamika pasar, Bank Resona Perdania tumbuh dengan mengandalkan tiga keunggulan kompetitif sebagai berikut:

  1. Pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai pasar lokal.
  2. Fokus pada perusahaan-perusahaan Jepang dan lokal.
  3. Manajemen Independen yang memungkinkan pengambilan keputusan secara fleksibel dan cepat.

Pemegang Saham[sunting | sunting sumber]

  • Resona Bank Ltd 48,44%
  • The Bank of Yokohama, Ltd. 30,00%
  • Daido Life Insurance Company 14,90%
  • Jafco Group Co. Ltd. 5,08%
  • Lain lain 1,58%

Pranala luar[sunting | sunting sumber]