Adam Mickiewicz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adam Mickiewicz
LahirAdam Bernard Mickiewicz
(1798-12-24)24 Desember 1798
Zaosie, Kegubernuran Lituania, Kekaisaran Rusia
Meninggal26 November 1855(1855-11-26) (umur 56)
Istanbul, Kesultanan Utsmaniyah
MakamKatedral Wawel, Kraków
PekerjaanPenyair, dramawan, esais, profesor sastra
BahasaPolandia
GenreRomantisisme
Karya terkenalPan Tadeusz
Dziady
PasanganCelina Szymanowska (1834–55; enam anak; kematiannya)
Tanda tangan

Adam Bernard Mickiewicz ([mit​͡sˈkʲɛvit​͡ʂ] ( dengarkan); 24 Desember 1798 – 26 November 1855). adalah seorang penyair, dramawan, esais, publicist, penerjemah, profesor sastra Slavia, dan aktivis politik Polandia.[1][2] Ia dianggap sebagai penyair nasional di Polandia, Lituania, dan Belarus.

Termasuk seorang tokoh utama dalam Romantisisme Polandia, ia merupakan salah satu dari "Tiga Penyair" (Trzej Wieszcze) Polandia[3] dan secara luas dianggap sebagai penyair besar Polandia.[4][5][6] Dia juga dianggap sebagai salah satu penyair Slavia[7] dan Eropa[8] yang besar dan telah dijuluki sebagai "penyair Slavia".[9] Seorang dramawan Romantis,[10] ia telah dibandingkan di Polandia dan Eropa dengan Byron dan Goethe.[9][10]

Ia dikenal terutama untuk drama puitis Dziady (Forefathers' Eve) dan puisi epik nasional Pan Tadeusz. Karya lain yang berpengaruh yaitu Konrad Wallenrod dan Grażyna. Semua ini menjadi inspirasi bagi pemberontakan melawan tiga kekuatan imperial yang telah membagi-bagi Persemakmuran Polandia-Lituania.

Mickiewicz lahir di wilayah yang dipartisi Rusia dari mantan Keharyapatihan Lithuania, yang telah menjadi bagian dari Persemakmuran Polandia-Lituania, dan aktif dalam perjuangan untuk memenangkan kemerdekaan bagi daerah rumahnya. Sebagai konsekuensinya, ia menghabiskan lima tahun diasingkan ke Rusia tengah, pada tahun 1829 ia berhasil meninggalkan Kekaisaran Rusia, dan seperti banyak rekannya, menghabiskan sisa hidup di luar negeri. Pertama, dia menetap di Roma, kemudian di Paris, di mana selama kurang lebih tiga tahun ia mengajar sastra Slavia di Collège de France. Dia meninggal di Istanbul di Kesultanan Utsmaniyah, di mana ia pergi untuk membantu mengatur pasukan Polandia dan Yahudi untuk melawan Rusia dalam Perang Krimea.

Pada tahun 1890, jenazahnya dipulangkan dari Montmorency, Val-d'Oise, di Prancis, ke Katedral Wawel di Kraków, Polandia.

Catatan[sunting | sunting sumber]

a ^ Czesław Miłosz and Kazimierz Wyka each note that Adam Mickiewicz's exact birthplace cannot be ascertained due to conflicting records and missing documentation.[11][12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Drabble, Margaret, ed. (1985). The Oxford Companion to English Literature. Oxford: Oxford University Press. hlm. 646. ISBN 0-19-866130-4. 
  2. ^ britannica.com. "Adam Mickiewicz". Diakses tanggal 26 January 2012. 
  3. ^ "Poland's Famous Poets". Polish-dictionary.com. Diakses tanggal 2014-08-20. 
  4. ^ S. Treugutt: Mickiewicz – domowy i daleki. in: A. Mickiewicz: Dzieła I. Warszawa 1998, p. 7
  5. ^ E. Zarych: Posłowie. in: A. Mickiewicz: Ballady i romanse. Kraków 2001, p. 76
  6. ^ Roman Koropeckyj (29 September 2010). "Adam Mickiewicz as a Polish National Icon". Dalam Marcel Cornis-Pope; John Neubauer. History of the Literary Cultures of East-Eastern Europe. John Benjamins Publishing Company. hlm. 39–. ISBN 978-90-272-3458-2. Diakses tanggal 23 February 2011. 
  7. ^ Krystyna Pomorska; Henryk Baran (1992). Jakobsonian poetics and Slavic narrative: from Pushkin to Solzhenitsyn. Duke University Press. hlm. 239–. ISBN 978-0-8223-1233-8. Diakses tanggal 23 February 2011. 
  8. ^ Andrzej Wójcik; Marek Englender (1980). Budowniczowie gwiazd. Krajowa Agencja Wydawn. hlm. 19–10. Diakses tanggal 17 March 2013. 
  9. ^ a b Zofia Mitosek (1999). Adam Mickiewicz w oczach Francuzów [Adam Mickiewicz to French Eyes]. Wydawnictwo Naukowe PWN. hlm. 12. ISBN 978-83-01-12639-1. Diakses tanggal 17 March 2013. 
  10. ^ a b T. Macios, Posłowie (Afterword) to Adam Mickiewicz, Dziady, Kraków, 2004, pp. 239–40.
  11. ^ Czesław Miłosz (1983). The History of Polish Literature. University of California Press. hlm. 208. ISBN 978-0-520-04477-7. Diakses tanggal 16 March 2013. 
  12. ^ Kazimierz Wyka, "Mickiewicz, Adam Bernard", Polski Słownik Biograficzny, vol. XX, 1975, p. 694.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Jackiewicz1999" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Surwiło1993" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mickiewitch" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "popsa" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "znadwiliiwilno" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Koropeckyi2008-pref" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Koropeckyj2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Krzyzanowski" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "MickiewiczAmerica1944" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Musee Adam Mickiewicz" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muzeum Adama Mickiewicza w Nowogródku" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Olszewska2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Peterkiewicz1970" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Westminster Review" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wachtel2006" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wulff1992" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yad Vashem Studies" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze209" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze210" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze212" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze213" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze214" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze214217" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze218" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze220" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze221" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze222" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze223" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze224225" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze226" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze227" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze228" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze229" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze230" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cze231" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "antologija" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "brotherhood" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "communicating" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "contemporaries" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "encyclopaedia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "frankists" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "jachimecki" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "jachimecki2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katolickiego" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mickiewicza" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "movement" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "niniwa2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "prospects" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb695" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb696" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb697" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb698" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb699" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb700" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb701" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb702" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb703" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb704" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "psb705" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "rzeczypospolitej" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "vytautas" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "william" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "www" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Adam Mickiewicz: the national poet of Poland" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Alvis2005" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Classe2000" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Encyclopedia of the romantic era, 1760-1850, Volume 2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kridl1951" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Murray2004" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "O'Connor2006" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Cambridge History of Russia: Imperial Russia, 1689-1917" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "United Nations in Belarus - Culture" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Warsaw and surroundings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "corwin" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "venc" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Adam Mickiewicz Templat:Tiga Penyair