Edgar Allan Poe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Edgar Allan Poe
1848 "Ultima Thule" Daguerreotype dari Poe
1848 "Ultima Thule" Daguerreotype dari Poe
LahirEdgar Poe
(1809-01-19)19 Januari 1809
Boston, Massachusetts, Amerika Serikat
Meninggal7 Oktober 1849(1849-10-07) (umur 40)
Baltimore, Maryland, Amerika Serikat
PekerjaanPenyair, cerpenis, kritikus
KebangsaanAmerikan
Aliran sastraFiksi horor, fiksi kriminal, fiksi detektif
AngkatanRomantisme
PasanganVirginia Eliza Clemm Poe

Tanda tangan

Edgar Allan Poe (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 19 Januari 1809 – meninggal di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, 7 Oktober 1849 pada umur 40 tahun) adalah penyair, cerpenis, editor, kritikus dan salah satu pemimpin Gerakan Romantik Amerika. Dikenal karena karya-karya macabre-nya, Poe merupakan salah satu praktisi awal penulisan cerita pendek di Amerika dan perintis karya fiksi detektif dan kriminal. Ia juga mendapat pengakuan atas kontribusinya pada genre cerita fiksi ilmiah.[1]

Ia merupakan penulis terkenal pertama dari Amerika Serikat yang mendapat pemasukan hanya dari menulis. Karena itu, kondisi finansial dan kariernya pun menghadapi banyak hambatan. Poe meninggal pada usia 40 tahun karena sebab-sebab yang kurang jelas, terutama diduga karena alkohol, obat bius, kolera, rabies dan hal-hal lain.

Dia dilahirkan dengan nama Edgar Poe di Boston, Massachusets. Ia merupakan anak kedia dari aktor David dan Eliza Poe.[2] Ayahnya meninggalkan keluarga tersebut pada tahun 1810, dan ibunya pun meninggal setahun kemudian.

Poe kemudian diambil oleh John dan Frances Allan yang berasal dari Richmond, Virginia. Mereka tidak pernah mengadopsi Poe secara resmi, tapi tetap merawatnya dengan baik hingga dewasa. Ketegangan muncul antara John Allan dan Edgar Poe terkait hutang yang muncul karena judi dan biaya sekolah Poe. Edgar Poe kemudian masuk ke University of Virginia, namun harus keluar setahun kemudian karena tidak mempunyai biaya. Edgar Poe pun berdebat dengan John Allan tentang dana sekolahnya, dan memutuskan untuk mendaftar ke Angkatan Darat pada tahun 1827.

Saat itulah karier menulis Poe dimulai, setelah ia menerbitkan koleksi cerpen anonim berjudul Tamerlane and Other Poems (1827), dengan nama pengarang 'seorang Boston'. Edgar Poe dan John Allan kemudian berdamai untuk sementara setelah kematian Frances Allan pada tahun 1829. Poe kemudian gagal untuk maenjadi perwira kadet, dan menyatakan keinginan yang kuat untuk menjadi penulis dan sastrawan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stableford 2003, hlm. 18–19
  2. ^ Semtner, Christopher P. (2012). Edgar Allan Poe's Richmond : the Raven in the River City. Charleston [SC]: History Press. hlm. 15. ISBN 9781609496074. OCLC 779472206.