Casimiro de Abreu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Casimiro de Abreu
Casimiro de Abreu.jpg
Lahir Casimiro José Marques de Abreu
4 Januari 1839
Casimiro de Abreu, Rio de Janeiro, Kekaisaran Brasil
Meninggal 18 Oktober 1860 (umur 21)
Nova Friburgo, Rio de Janeiro, Kekaisaran Brasil
Sebab meninggal Tuberkulosis
Kebangsaan Brasil
Pekerjaan Penyair, pengarang drama, novelis
Dikenal karena puisi
Karya terkenal As Primaveras
Orang tua José Joaquim Marques de Abreu
Luísa Joaquina das Neves

Casimiro José Marques de Abreu (4 Januari 1839 – 18 Oktober 1860) adalah seorang penyair, novelis dan pengarang drama Brasil, pakar dari gerakan "Ultra-Romantisisme". Ia terkenal karena puisi "Meus oito anos" ("Usia delapan tahunku").

Ia adalah pelincung dari ketua ke-6 Akademi Sastra Brasil.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Casimiro de Abreu lahir pada 4 Januari 1839, di kota Barra de São João (berganti nama menjadi "Casimiro de Abreu" untuk menghormatinya pada 1925), dari petani Portugis kaya José Joaquim Marques de Abreu dan Luísa Joaquina das Neves. Ia baru meraih pendidikan dasar di Instituto Freeze, Nova Friburgo, dimana ia bertemu dan berteman dengan Pedro Luís Pereira de Sousa. Mengikuti ajakan ayahnya, ia berpindah ke Rio de Janeiro pada 1852 untuk mendedikasikan dirinya pada bidang komersial, sebuah aktivitas yang ia benci.

Bersama dengan ayahnya, ia pergi ke Portugal pada 1853. Disana, ia memulai karier sastranya, menulis untuk beberapa surat kabar (seperti O Progresso dan Ilustração Luso-Brasileira) dan berkolaborasi dengan Alexandre Herculano dan Luís Augusto Rebelo da Silva, dan lain-lain. Ketika ia singgah di Portugal, ia menulis karya pertamanya: permainan teater Camões e o Jau (dipengaruhi oleh puisi Almeida Garrett Camões), novel Carolina, yang diterbitkan dalam bentuk feuilleton, dan bab pertama dari sebuah novel yang tidak pernah ia selesaikan: Camila.

Pada 1857, ia kembali ke Rio, dimana ia menjadi kolaborator untuk surat kabar A Marmota, O Espelho, Revista Popular dan Correio Mercantil. Ketika bekerja untuk Correio Mercantil, ia bertemu dengan Manuel Antônio de Almeida dan Machado de Assis.

Pada 1859, ia menerbitkan karya paling terkenalnya, buku puisi As Primaveras (Waktu musim semi). Penerbitannya dibiayai oleh ayahnya, meskipun ia tidak setuju dengan pekerjaan sastra Casimiro.

Mengidap tuberkulosis, Casimiro berpindah ke Nova Friburgo dalam rangka penyembuhan, namun ia meninggal pada usia 21 tahun pada 18 Oktober 1860.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Camões e o Jau (1856)
  • Carolina (1856)
  • Camila (novel yang tak selesai — 1856)
  • A Virgem Loura: Páginas do Coração (1857)
  • As Primaveras (1859)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]