Manuel Antônio de Almeida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Manuel Antônio de Almeida
Foto Almeida
Foto Almeida
Lahir(1831-11-17)17 November 1831
Kota Rio de Janeiro, Rio de Janeiro, Brasil
Meninggal28 November 1861(1861-11-28) (umur 30)
Dekat Macaé, Rio de Janeiro, Brasil
Nama penaUm Brasileiro
Pekerjaannovelis, pengobat, guru, kritikus sastra
KebangsaanBrasil Brasil
Aliran sastraRomantisisme
Karya terkenalMemoir seorang Sersan Polisi

Manuel Antônio de Almeida (17 November 1831 — 28 November 1861) adalah seorang guru, pengobat, dan penulis satir Brasil. Ia dikenal karena buku Memoir Sersan Polisi, yang menulis di bawah nama pena Um Brasileiro (Inggris: Seorang Brasil). Ia adalah pelindung dari kursi ke-28 Akademi Sastra Brasil.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Almeida lahir di Rio de Janeiro, dari pasangan letnan Antônio de Almeida dan Josefina Maria de Almeida. Beberapa hal diketahui mengenai tahun-tahun pembelajaran dasarnya — meskipun ia masuk kursus Pengobatan pada 1849, lulus pada 1855. Kesulitan keuangan menginspirasikannya mendedikasika dirinya pada bidang sastra dan jurnalisme. magnum opus buatannya, Memoir Sersan Polisi (atau, dalam bahasa Portugis, Memórias de um Sargento de Milícias), awalnya diterbitkan dalam bentuk feuilleton pada tahun 1852-1853, dalam jurnal Correio Mercantil.

Pada 1858, ia menjadi administrator Tipografia Nacional, dimana ia bertemu Machado de Assis. Berusaha masuk dalam karier politik, ia datang ke Campos dos Goytacazes, menggunakan kapal Hermes, dalam rangka penelitian politiknya. Namun kapal tersebut kapal di dekat lepas pesisir Macaé, dan ia tewas dalam bencana tersebut.

Karya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]