Thomas De Quincey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Thomas De Quincey adalah seorang penulis berkebangsaan Inggris yang dilahirkan di Manchester, 15 Agustus 1785.[1] Ia anak kelima dari 8 bersaudara. Masa muda De Quincey banyak dihabiskan di Greenhay sebuah kawasan permukiman tidak jauh dari kota Manchester. Pada masa kecilnya ia adalah seseorang yang dikenal pemalu, sensitif, serta hobi membaca buku cerita misteri. Pada tahun 1800 setelah mengunjungi daerah Eton dan menghabiskan musim panas bersama sahabatnya Lord Westport di Irlandia, ia melanjutkan pendidikan di Manchester Grammar School hingga akhirnya ia meneruskan pendidikan di Brasenose College Oxford. Karya pertama yang dia hasilkan ketika sudah aktif bekerja adalah sebagai editor dari Westmorland Gazette pada tahun 1818-1819. Pencapaian tersebut diperolehnya setelah beberapa kegagalan sebelumnya. Setelah itu ia menulis kembali karya berikutnya yang fenomenal yaitu The Confessions of an Opium Eater, being an extract from The Life of a Scholar. Karya tersebut diterbitkan di London Magazine pada September 1821.

Sejak tahun 1821-1825 De Quincey menetap di kota London, lalu pindah ke Westmorland. Tahun 1830 ia menetap di Edinburgh, Skotlandia tepatnya di sebuah desa bernama Lasswade hingga akhir hayatnya. Sebagian besar karyanya bercerita tentang sisi eksentrik dirinya dan kesepian yang dirasakannya. Selama hampir 20 tahun di Edinburg penghasilan yang ia peroleh digunakan untuk membiayai kehidupan pribadinya serta keluarga besarnya. Semasa hidupnya, kurang lebih 150 karya telah dihasilkan Quincey. Karya-karyanya sangat variatif mulai dari tulisan pendek seperti On The Knocking at The Gate inn Macbeth (tahun 1823) hingga artikel yang cukup panjang seperti Klosterheim (dihasilkan tahun 1823).

Secara umum, karya De Quincey banyak mengeksploitasi kehidupan pribadinya sendiri dan berbagai impian yang merupakan dampak dari kebiasaan dia mengkonsumsi opium. dari sekian banyak sastrawan Inggris, De Quincey dikenal sebagai sastrawan bergaya prosa. Ia wafat di Edinburgh pada tanggal 8 Desember 1859.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A.Cornish, George (1968). Encyclopedia Americana. New York: Americana Corporation. hlm. 707–708.