Pierre Révoil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pierre Révoil (1797). Potret oleh Jean-Michel Grobon

Pierre Henri Révoil (lahir di Lyon, 12 Juni 1776 – meninggal di Paris, 19 Maret 1842 pada umur 65 tahun) adalah seorang pelukis Prancis dalam gaya troubadour.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayahnya adalah pembuat pakaian berbulu. Meskipun ia dibutuhkan di rumah, keluarganya mengizinkannya untuk menerima pendidikan yang layak. Dia pertama kali belajar seni di École centrale di Lyon, di bawah arahan Donat Nonnotte. Pada 1793, kemiskinan yang meningkat memaksa keluarganya untuk mengirimnya bekerja dengan produsen wallpaper patriotik. Dua tahun kemudian, ia berhasil menemukan tempat di studio Jacques-Louis David di École des Beaux-arts.[1]

Awalnya, ia menemukan dirinya terpesona oleh lukisan vas Yunani dan menemukan beberapa ketenaran untuk adegan Revolusi. Dia juga membuat banyak lukisan religius skala besar, tetapi segera memfokuskan hampir secara eksklusif pada adegan sejarah dari Abad Pertengahan, yang kemudian disebut sebagai "Gaya Troubadour".

Henry IV dan Anak-anaknya
(sebelum 1825)

Pada tahun 1802, ketika Napoleon, meletakkan batu fondasi untuk Place Bellecour, Révoil merayakannya dengan gambar alegoris besar, "Napoleon Membangun Kembali Kota Lyon", yang menjadi dasar untuk sebuah lukisan yang dipamerkan di Salon pada tahun 1804.[1] Tiga tahun kemudian, ia diangkat sebagai Profesor di cole des beaux-arts di palais Saint-Pierre (sekarang Museum Seni Rupa Lyon).

Pada tahun 1811 ia telah mengumpulkan banyak koleksi baju besi abad pertengahan, peti, vas, hiasan dinding, lukisan dan manuskrip. Museum pribadi ini digunakan sebagai alat pengajaran bagi murid-muridnya di cole. Pada saat ini, itu juga cukup terkenal dan dijelaskan secara rinci untuk Magasin encyclopédique [fr] oleh Aubin-Louis Millin de Grandmaison. Dia juga menulis chanson bergaya Abad Pertengahan, beberapa di antaranya menjadi populer di wilayah Lyon.

The Convalescence of Bayard (1817)

Ketika Kekaisaran Pertama jatuh, dia mendukung Pemulihan dan menghancurkan lukisannya tentang Napoleon. Tahun berikutnya, ia menikahi putri sepupunya yang berusia delapan belas tahun dan pindah ke Provence pada tahun 1818. Ia kembali ke Lyon pada tahun 1823 dan menjabat sebagai Direktur cole hingga tahun 1830. Beberapa muridnya yang paling terkenal ada Claude Bonnefond, Hippolyte Flandrin dan Victor Orsel. Pada tahun 1828, ia menyumbangkan koleksinya ke Louvre[2] dan baru saja selesai memindahkannya ke Paris ketika Revolusi Juli pecah. Ini mengakhiri karirnya dan dia pergi ke Provence lagi, tidak pernah kembali ke Lyon. Bertahun-tahun kemudian, sendirian dan tanpa uang sepeser pun, dia pindah ke sebuah loteng di Rue de Seine di Paris, di mana dia meninggal.

Kakak perempuannya adalah penyair Louise Colet dan putranya, Henri Révoil, adalah seorang arsitek terkenal yang merestorasi banyak gereja dan bangunan umum lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Marie-Claude Chaudonneret, La Peinture Troubadour, deux artistes lyonnais, Pierre Révoil (1776–1842), Fleury-Richard (1777–1852), Arthéna, Paris, 1980.
  • Louis Courajod, La Collection Révoil du Musée du Louvre, Caen, Le Blanc Hardel, 1886.
  • Michel Philibert Genod, Mémoires de l’académie impériale des sciences, belles-lettres et arts de Lyon, Paris, Lyon, Durand, Brun, 1863.
  • Charles Gabet (1793–1860), Dictionnaire des artistes de l'École française du XIXe siècle, de peinture, sculpture, architecture, gravure, dessin, litographie et composition musicale , Paris, 1831, 710.p.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]