Chanson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Chanson (dalam bahasa Prancis berarti "lagu" ) adalah istilah yang digunakan untuk lagu dengan lirik berbahasa Prancis, terutama lagu klasik, termasuk lagu-lagu Eropa yang dibawakan dalam kabaret, atau berbagai jenis lagu yang dibawakan dengan gaya yang mirip. Penyanyi spesialis chanson disebut chansonnier, sedangkan koleksi lagu-lagu chanson dari akhir Abad Pertengahan dan zaman Renaisans juga disebut chansonnier.

Dalam pemakaian istilah yang lebih khusus, istilah "chanson" digunakan untuk lagu Prancis yang polifonik dari akhir Abad Pertengahan dan zaman Renaisans. Bentuk awal chanson berupa formes fixes, ballad, rondeau, atau virelai.

Bentuk awal chanson[sunting | sunting sumber]

Komponis Guillaume de Machaut asal abad ke-14 terkenal sebagai perintis chanson yang menciptakan karya berupa formes fixes dalam suara satu, suara dua, dan suara tiga. Komposer chanson generasi berikutnya (c. 1420-1470) diwakili Guillaume Dufay dan Gilles Binchois. Keduanya dikenal dengan lagu-lagu Chanson Burgundian (karena pencipta lagunya berasal dari Burgundy). Chanson ciptaan mereka dikenal sederhana dalam gaya, dan biasanya ditulis untuk tiga suara.

Johannes Ockeghem dan Josquin Desprez mewakiliki komponis chanson asal abad ke-15 dan awal abad ke-16. Chanson yang ditulis oleh mereka berdua tidak lagi terbatas pada formes fixes dan mulai memperkenalkan gaya bermusik yang diambil dari motet dan musik liturgi. Pada abad pertengahan, Claudin de Sermisy dan Clément Janequin dikenal sebagai komponis Parisian yang tidak lagi menggunakan formes fixes. Pierre Attaingnant adalah penerbit yang banyak diterbitkan karya komponis Parisian.

Komponis dari generasi berikutnya, seperti Orlando de Lassus menerima pengaruh dari musik madrigal asal Italia. Sementara itu, variasi chanson juga lahir dalam bentuk instrumental, dan kemudian disebut sebagai canzone yang merupakan cikal bakal musik sonata.

Buku berisi kumpulan lagu chanson yang pertama pada tahun 1501 oleh penerbit Ottaviano Petrucci. Buku kumpulan lagu chanson tersebut berjudul Harmonice Musices Odhecaton dan berisi 96 buah lagu chanson.

Chanson abad modern[sunting | sunting sumber]

Lagu chanson untuk penyanyi tunggal berkembang di akhir abad ke-16, dan kemungkinan berasal dari lagu-lagu chanson karya komponis Parisian. Sepanjang abad ke-17 berkembang berbagai genre chanson seperti air de cour, chanson pour boire berikut pengiring berupa alat musik lute dan kibor. Pencipta lagu chanson yang terkenal pada masa itu di antaranya: Antoine Boesset, Denis Gaultier, Michel Lambert, dan Michel-Richard de Lalande.

Musik Prancis abad ke-18 didominasi oleh nyanyian Opera, sedangkan lagu-lagu yang dibawakan secara tunggal mengalami pencerahan pada abad ke-19 akibat pengaruh melodi dari salon music, dan Lieder asal Jerman. Komponis Louis Niedermayer yang dipengaruhi Schubert merupakan salah satu tokoh yang terkenal dalam pembaruan chanson, diikuti Eduard Lalo, Felicien David, dan komponis lainnya. Komponis chanson abad ke-19 yang terkenal misalnya: Ernest Chausson, Emmanuel Chabrier, Gabriel Fauré, dan Claude Debussy. Pada abad ke-20, lagu pop chanson sering dibawakan penyanyi pop Prancis seperti Georges Brassens, Jacques Brel, Édith Piaf, Serge Gainsbourg, Camille Dalmais, dan Olivia Ruiz.