Mikhail Lermontov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mikhail Yuryevich Lermontov
Mikhail lermontov.jpg
Mikhail Lermontov pada tahun 1837 - Lukisan oleh Pyotr Zabolotsky
Lahir Oktober 15 [K.J.: Oktober 3] 1814
Moskow, Kekaisaran Rusia
Meninggal Juli 27 [K.J.: Juli 15] 1841 (umur 26)
Pyatigorsk, Kekaisaran Rusia
Pekerjaan Penyajr, novelis, penulis drama, pelukis



Tanda tangan

Mikhail Yuryevich Lermontov 15 Oktober [K.J.: 3 Oktober] 1814 – 27 Juli [K.J.: 15 Juli] 1841) adalah penyair genius Rusia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lermontov lahir di Moskow. Ayahnya seorang pegawai pensiun, ibunya pula anak seorang janda yang kaya (nenek Lermontov). Masa kanak-kanak dihabiskan di ladang neneknya di Tarkhani (daerah Penza). Ketika Lermontov genap usia tiga tahun ibunya meninggal dunia dan dia dipelihara oleh neneknya. Pada tahun 1830, dia mulai pelajarannya di Universitas Moskow, tetapi karena salah paham dengan para dosen meninggalkan Universitas dan masuk Sekolah Ketentaraan di St. Petersburg. Pada tahun 1834 sesudah tamat sekolah itu, dia berdinas di salah satu resimen di pinggir kota.

Pada tahun 1837, sesudah mendapat berita tentang meninggalnya Pushkin ia menulis sajak "Na Smert’ Poeta" (Matinya Seorang Penyair) di mana Pushkin disebut sebagai “abdi tebusan dari maruahnya”. Karena puisi itu, Lermontov pada tahun tersebut juga dibuang ke Kaukasia ke tentara berperang. Kehidupan di sana dicerminkan dalam sajak panjang "Demon" (1838) dan novel "Geroy Nashego Vremeni" (Pahlawan Zaman Kita)[1]. Pada tahun 1830-an dia menyumbangkan karyanya ke majalah “Otechestvennie Zapiski”.

Karena duel (pertarungan pistol) dengan anak lelaki Duta Prancis maka Lermontov dibuang ke Kaukasia untuk kali kedua. Dia berani berperang tetapi tsar Nikolai I mencoret namanya dari daftar penganugrahan. Pada tahun 1841, dia berduel lagi di kota Pyatigorsk dan ditembak mati.

Kegiatan kreatif[sunting | sunting sumber]

Lermontov mulai menulis ketika masih kanak-kanak. Karya pertamanya, puisi "Haji Abrek" diterbitkan pada tahun 1835. Puisi Lermontov pada tahun 1828-34 merupakan semacam catatan harian poetis (puisi liris): misalnya "Parus" (Layar); pada tahun 1834-41 puisinya bergaya lebih realistis: "Rodina" (Tanah Air), "Prorok" (Nabi). Dia tak sempat melihat penerbitan sebagian besar puisinya. Hanya satu kumpulan pernah diterbitkan semasa kehidupannya (1840).

Peringatan[sunting | sunting sumber]

Patung penyair Rusia Lermontov di Kuala Lumpur (pematung Grigory Pototsky), 2015

Terjemahan ke bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Mikhail Lermontov. Pahlawan Zaman Kita. Penerjemah Koesalah Soebagyo Toer. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.goodreads.com/book/show/7798680-pahlawan-zaman-kita?rating=1
  2. ^ http://www.malaysiakini.com/news/290581
  3. ^ Victor A. Pogadaev. Penyair Rusia menetap di Malaysia. - Dewan Sastera. Kuala Lumpir: DBP. 2015, Bil. 5, Jilid 45, p. 4. ISSN 0126-5059

Pautan luar[sunting | sunting sumber]