Jean Sibelius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jean Sibelius
Jean Sibelius (1865-1957), potret dari 1894
Lahir8 Desember 1865
Hämeenlinna, Rusia, Grand Duchy Finlandia
DibaptisJohan Julius Christian Sibelius
Meninggal20 September 1957
Karyalihat daftar

Jean Sibelius (8 Desember 1865 – 20 September 1957) adalah seorang komponis Finlandia yang mengarang musik klasik, dan merupakan salah seorang komponis yang paling populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Musik dan kecerdasannya telah memainkan peranan penting dalam membentuk identitas nasional Finlandia.

Sibelius dilahirkan dalam keluarga berbahasa Swedia di Hämeenlinna di Rusia Grand Duchy Finlandia. Ia diberi nama Johan Julius Christian Sibelius, dan dikenal sebagai Janne di antara keluarganya, tetapi pada masa ia menjadi mahasiswa, ia mulai menggunakan nama Jean, sebuah bentuk Prancis dari namanya.

Inti dari musik Sibelius adalah koleksi tujuh Simfoninya. Seperti Beethoven, Sibelius menggunakan masing-masing dari karyanya untuk mengungkapkan sebuah gagasan musik dan/atau untuk melanjutkan pengembangan gaya pribadinya. Semua simfoninya ini tetap populer, dan sering kali dicantumkan dalam konser-konser dan direkam sejak pertama kali ditampilkan.

Di antara komposisi Sibelius yang paling populer adalah Finlandia, Waltz Triste, Concerto biola, Suite Karelia dan Suite Lemminkäinen (khususnya Angsa dari Tuonela, salah satu dari empat gerakannya).

Karya-karya terpilih[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah karya-karyanya yang disusun secara kronologis; tanggal yang diberikan di sini adalah tanggal komposisi dan bukan tanggal penerbitan atau penampilan pertamanya.

Karya-karya untuk orkestra[sunting | sunting sumber]

Karya-karya lain[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]